fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Konsep Paralelisme Dalam Bahasa Inggris 5/5 (2)

 

Paralelisme

Konsep Pararelisme dalam Reading text bahasa inggris, sebuah konsep yang harus kamu pahami saat hendak menulis kalimat dalam bahasa inggris. Seperti yang kita tahu, kejelasan kalimat menjadi faktor yang sangat berpengaruh untuk menyampaikan maksud kita dengan jelas. Dalam hal ini, konsep paralelisme menjadi satu dari sekian hal yang harus kita perhatikan. Kenapa? Karena akan membuat keteraturan akan kalimat yang kamu buat nanti. Nah, untuk membantu kamu mengetahui tentang konsep paralelisme dalam teks yang berbahasa inggris, kami akan membagikan beberapa penjelasannya di bawah.

Konsep Paralelisme

Sekali lagi, konsep paralelisme bahasa inggris adalah konsep yang menunjukkan suatu kesejajaran atau keselarasan antara dua atau lebih kata, frasa, serta klausa sesuai dengan aturan umum dalam bahasa inggris. Jika kita memahami konsep paralelisme, pastinya kalimat yang kita buat akan memiliki sebuah struktur kalimat yang jelas dan baik. Selain itu, terjadinya kerancuan dalam suatu kalimat akan lebih bisa diminimalisir. Dalam hal ini, kita harus menyadari bahwa apa yang kita tulis kadang masih menimbulkan kerancuan. Benar sekali, apalagi tulisan kita ditujukan atau bisa dilihat orang banyak, pastinya kerancuan tersebut akan membuat pesan yang disampaikan menjadi tidak tepat. Langsung saja, untuk memberikan beberapa contoh tentang konsep paralelisme yang baik dan benar, kamu bisa melihat contoh-contoh yang kami bagikan di bawah ini.

  1. Hanipudin very likes going jogging, swimming, and goes hiking.

  2. Hanipudin very likes going jogging, swimming, and hiking.

Dari kedua kalimat yang kami bagikan, kamu bisa melihat adanya perbedaan yang sangat jelas. Benar sekali, untuk kalimat (a), ada kata “goes” yang seharusnya tidak perlu ditambahkan. Di sini, kalimat yang (a) juga bisa dianggap sangat tidak efektif karena menambahkan kata yang bisa diwakili oleh “going”. Dalam hal ini, jika ditelisik lebih dalam, maka ada kesalahan penulisan yang berhubungan dengan kaidah penulisan bahasa inggris dengan benar. Nah, untuk kalimat yang sudah mengikuti aturan konsep paralelisme, pastinya contoh kalimat yang benar (b).

  1. Tsunade played dota, ate bakso, and went to the gym.

  2. Tsunade played dota, eat bakso, and went to the gym.

Apa yang membedakan antara kalimat (a) dan kalimat (b)? Adalah kata kerja makan bakso yang digunakan. Untuk kalimat yang (b), bisa dilihat bahwa ada ketidak-seimbangan penggunaan kata kerja. Yang seharusnya menggunakan bentuk lampau (past tense), malah menggunakan bentuk saat ini (present tense). Nah, jelas sekali dalam contoh di atas bahwa grammar sangat mempengaruhi. Berbeda dengan kalimat (a) yang konsisten menggunakan kata kerja dalam bentuk lampau yaitu “played”, “ate”, dan “went”.

Selain itu ada juga konsep paralelisme bahasa inggris yang menggunakan frasa. Di sini, kami akan memberikan contoh yang bisa kita pelajari.

As we know, T’Challa – The King of Wakanda or known as Black Panther is richer than Tony Stark who runs Stark Industriesstronger than Captain America, and able to run faster than the real Black Panther itself.

Untuk contoh di atas, paralelisme dalam bentuk frasa telah kami perjelas dengan bentuk italic (tulisan miring). Dalam hal ini, frasa pertama menjadi patokan untuk frasa kedua dan ketiga. Kata penentunya adalah “is richer”, yang menunjukkan bahwa T’Challa memiliki kelebihan. Jadi, frasa kedua dan ketiga harus konsisten mengikuti seperti apa bentuk frasa yang pertama. Namun, ada satu hal yang harus kamu ketahui, jangan sampai kamu melupakan “grammar” karena hal ini akan merusak tujuan dari konsep paralelisme.

Kami memiliki satu contoh lagi yang menunjukkan perbedaan mana yang benar mana yang salah.

  1. Sule’s coworkers at the Media Indo included reporter Mang Jamal, photographer Andi Odang, and Engkong Jaelani was the editor.

  2. Sule’s coworkers at the Media Indo included reporter Mang Jamal, photographer Andi Odang, and editor Engkong Jaelani.

Setelah mengetahui Konsep Pararelisme dalam Reading text bahasa inggris, mungkin kamu bisa memilih mana yang benar. Yup, kalimat (b) adalah jawaban yang benar karena konsisten mengikuti struktur kalimat sebelumnya dan sesuai dengan kaidah penulisan.

Sekian pembahasan mengenai konsep pararelisme dalam reading text bahasa inggris yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat ya !!!!

Yuk belajar mengenai pemakaian whose dalam adjective clause DI SINI !!!

Kampung Inggris Search :

    contoh paragraph paralelisme dalam bahasa inggris, paralelisme dalam bahasa inggris, contoh kalimat paralelisme dalam bahasa inggris

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini