Immerse Yourself in English
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Immerse Yourself in English

Immerse Yourself in English

Yuk, coba lihat kamus Bahasa inggris. Apa arti dari Immerse? Immerse means involve deeply, atau mendalami sesuatu. Jika di ibaratkan, immerse yourself in English seperti “tenggelam kan” dirimu dalam Bahasa Inggris. Sama halnya tenggelam di dalam air, yang ada di sekeliling kita hanyalah air. Bahkan mungkin air itu masuk ke dalam tubuh kita. Nah, simpelnya, menenggelamkan diri dalam Bahasa Inggris yaitu dengan membuat atmosfer kita dikelilingi oleh Bahasa inggris.

WHY?

Kenapa harus mendalami Bahasa inggris hingga sepeti itu? Well, mari kita bahas lebih detil. Pernah kan Anda melihat anak-anak kecil di Jerman yang sudah jago berbahasa Jerman? Pernahkah Anda melihat anak usia 3 tahun fasih berbasa China di China? Namun mengapa anak-anak itu tidak bisa berbahasa lain? Ini karena ‘mother tongue’ atau Bahasa Ibu. Yaitu bahasa digunakan secara asli (native) di suatu negara, Bahasa yang pertama kali dipahami seorang anak ketika mulai tumbuh dan berkembang. Kenapa dikatakan Bahasa ibu? Karena Ibu (keluarga) adalah lingkungan utama seorang anak dalam berinteraksi, sehingga Bahasa apapun yang digunakan Ibu atau keluarga anak tersebut, akan menjadi Bahasa yang biasa bagi anak-anak. Dari terbiasa dengan suatu Bahasa, maka secara otomatis anak akan berbicara Bahasa yang sama. Anak-anak di Indonesia terbiasa dengan lingkungan berbahasa Indonesia, atau bahkan Bahasa lokal, maka ketika mereka belajar berbicara, anak-anak akan langsung mampu berbicara Bahasa Indonesia.

Apa arti dari semua ini? Kesimpulannya, lingkungan menjadi poin sangat penting dalam mempelajari suatu Bahasa. Belajar Bahasa inggris di negara yang Bahasa utamanya adalah Bahasa inggris akan lebih memudahkan kita untuk berbicara Bahasa internasional tersebut. Karena kita akan “dipaksa” menggunakan Bahasa inggris. Mau bagaimana lagi? Karena Bahasa adalah alat komunikasi. Otomatis, ketika kita mencoba membeli makanan, berdiskusi dengan teman sekelas, ngobrol dengan tetangga, semua harus dilakukan dengan Bahasa inggris. Namun sulit jika kita harus belajar Bahasa Inggris di negara seperti USA, UK, Kanada, dan lainnya. Karena pasti sangat mahal. Nah, alternatif nya adalah dengan membuat atmosfer itu di sekitar kita. Dengan begitu, kemampuan diri dalam menyerap Bahasa inggris akan lebih baik.

HOW?

Nah, sudah menemukan alasan why you should immerse yourself in English Kan? Sekarang mari cari tau bagaimana kita belajar Bahasa inggris dengan membuat atmosfer seperti yang telah dibicarakan sebelumnya. Namanya juga menenggelamkan diri dalam Bahasa Inggris, artinya we have to speak, listen, even think English! Jadikan Bahasa inggris selalu ada di sekitar kita. Well, mungkin tidak bisa 1×24 Jam, tapi cobalah beberapa tips berikut:

1. Mulai dari Kamar Pribadi

Mungkin, tempat yang paling mudah di modifikasi adalah rumah atau kamar pribadi. Anda bisa menuliskan hal-hal berbau Bahasa inggris, atau bahkan untuk beberapa waktu, Anda bisa mengganti tulisan-tulisan berbahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris. Misalnya, Anda menempelkan sticky note penyemangat berisi quotes dalam Bahasa inggris, atau menempelkan sticky note Bahasa inggris sesuai dengan benda yang ditempel note tersebut; Misal, tempelkan refrigerator di kulkas, couch di sofa untuk bersantai, rubbish box di tempat sampah, dan lainnya. Dari kamar kos Anda, bagi mahasiswa yang ngekos, bisa membuat peraturan restricted area, jadikan kamar Anda English only -untuk beberapa lama-, hingga Anda terbiasa. Pastikan yang Anda bicarakan dengan teman atau bahakan Anda sendiri, harus dalam Bahasa Inggris. Try This!

2. Think English!

Pernah merasa Aanda berbicara dengan diri sendiri di kepala? Cobalah untuk berbicara dalam Bahasa inggris. Atau misalnya, ketika Anda berada di tempat umum dan mendengar orang lain berbicara, Anda bisa memperkaya diri Anda dengan coba mentranslate apa yang mereka bicarakan ke dalam Bahasa Inggris. Ini bisa jadi Tips untuk mereview kemampuan English Anda.

3. Keep in Touch

Tetaplah berinteraksi dengan Bahasa inggris, sesuai dengan waktu dan kesempatan Anda. Tips dari kami, cobalah untuk mendownload aplikasi-aplikasi gratis di android yang isinya tentang Bahasa inggris, misalnya saja podcast, atau grammar quiz, artikel untuk dibaca, dan lainnya. Dengan bantuan media yang ada saat ini, kita jadi lebih mudah keep in touch with English. Intinya, pastikan setidaknya setiap hari, Anda membuat target waktu minimal untuk berinteraksi dengan Bahasa inggris. Entah itu dengan membaca, mendengar, atau menonton.

Nah, itu dia tips dan alasan mengapa sih, Bahasa inggris itu penting untuk dipelajari secara mendalam. Penting untuk diingat ya, bahwa Bahasa apapun jika lama tidak terpakai atau kita gunakan untuk berkomunikasi, maka biasanya akan menjadi lupa. Apalagi jika itu bukan Bahasa asli yang kita gunakan sehari-hari. Selamat mencoba, dan semoga sukses!

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *