Search

25 Contoh Idiom tentang Nama Hewan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Agar kamu bisa berbicara bahasa Inggris layaknya native speaker, kamu bisa coba pelajari berbagai idiom dalam bahasa Inggris. Ada salah satu idiom yang menarik dipelajari dan sering digunakan yaitu idiom tentang nama hewan

Kumpulan Idiom Tentang Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini ada beberapa contoh idiom seputar hewan yang populer untuk kamu pelajari agar kamu bisa lebih fasih berbahasa Inggris:

Kursus Bahasa Inggris

1. The world is your oyster

Maksudnya adalah ada banyak kesempatan menjanjikan di depan kamu. Membuka tiram bukan hal yang mudah. Mencari suatu kesempatan itu layaknya seperti membuka tiram tersebut.

2. Chicken-hearted

Seseorang yang pengecut atau mudah sekali takut. Seperti yang kita tahu, ayam adalah salah satu hewan yang sangat penakut. Kamu bisa mencari tahunya dengan mendekati ayam, biasanya ayam akan mudah kabur ketika kita dekati.

3. Hold your horses

Maksudnya adalah untuk pelan-pelan saja dalam melakukan sesuatu atau menyarankan untuk tidak terburu-buru. Jika kamu menemukan seseorang yang terlalu terburu-buru, maka kamu bisa gunakan idiom ini.

4. Dark horse

Terkadang mereka yang tidak terlalu populer, bisa menjadi pemenang dalam suatu kompetisi, itulah yang dimaksud dengan dark horse. Dengan kata lain, inilah kesuksesan yang tidak disangka-sangka.

5. Lone wolf

Seseorang yang kesehariannya sering sendiri seperti bekerja sendiri. Idiom ini mengenai kebebasan dan kehidupan yang tidak selalu membutuhkan pihak lain agar suatu hal bisa diselesaikan. Beberapa orang mungkin bisa bekerja lebih baik dengan kerja sendiri.

6. Donkey work

Keledai sebenarnya kuat, biasanya hewan ini diandalkan untuk tugas-tugas yang berat. Donkey work berarti tugas yang berat tapi bisa juga membosankan sehingga orang-orang biasanya menghindari tugas tersebut. Meski tidak populer, tugas tersebut tetap penting untuk dilakukan.

7. Monkey business

Monkey business berarti hal yang tidak diperbolehkan. Idiom ini bisa kamu gunakan sebagai penyampaian lebih halus untuk menyebutkan tindakan yang licik.

8. Eager beaver

Pengen Konsutasi PR ?

Berang-berang biasanya sering membuat bendungan sehingga mereka termasuk pekerja keras. Jadi idiom tentang nama hewan ini menjelaskan seseorang yang gemar bekerja. Mereka sangat berkenan untuk mengerahkan kekuatannya untuk menjalankan tugas.

9. Eagle-eyed

Jika seseorang disebut eagle eyed, artinya mereka bisa memperhatikan dengan baik detail-detail yang terkadang tidak bisa dipahami orang lain. Idiom ini juga bisa menjelaskan seseorang bisa tahu sesuatu meski dari jauh dan memuji kemampuan seseorang dalam mengobservasi.

10. Kangaroo court

Maksudnya adalah proses yang tidak adil. Istilah ini bisa digunakan untuk peradilan yang tidak berjalan semestinya.

11. Cold turkey

Maksud dari idiom ini yaitu berhenti secara tiba-tiba dari suatu hal yang sudah menjadi kebiasaan. Misalnya saja merokok, cold turkey berarti bisa langsung berhenti merokok tanpa proses panjang.

12. Bird’s-eye view

Berarti melihat sesuatu dari posisi yang lebih luas/ tinggi. Dengan melihat seperti itu, maka bisa diketahui gambaran yang lebih baik atau secara menyeluruh.

13. Night owl

Untuk mereka yang suka begadang, idiom ini sangat cocok karena berarti mereka yang lebih aktif justru saat waktu-waktu malam.

14. Guinea pig 

Kalau kamu familiar dengan istilah kelinci percobaan, maka idiom tentang nama hewan satu ini kurang lebih seperti itu. Kalau ada yang disebut sebagai guinea pig, maka berarti mereka digunakan sebagai objek tes tertentu atau bisa disebut sebagai sukarela juga.

15. Pet peeve 

Suatu hal mungkin bisa sangat mengganggu kenyamanan hidup kamu. Pet peeve menjelaskan tentang hal tersebut tapi lebih ke pribadi. Pet peeve untuk tiap orang bisa saja berbeda-beda. Misal saja contohnya tidak menutup pintu kamar setelah membukanya.

16. Puppy love 

Idiom ini menjelaskan perasaan kasih sayang tapi cenderung sementara. Puppy love umumnya terjadi saat kita masih sekolah. Puppy love bisa menggambarkan kisah kasih di sekolah yang berbeda dengan percintaan orang dewasa.

17. Wolf in sheep’s clothing 

Maksudnya yaitu seseorang yang tampaknya terlihat biasa-biasa saja tetapi berbahaya. Idiom ini bisa digunakan untuk memberi nasehat agar berhati-hati terhadap orang seperti itu atau jangan mudah percaya.

18. Sitting duck

Bebek sering menjadi icon target pada permainan-permainan tertentu. Jika bebek itu duduk, maka akan lebih mudah diincar. Idiom ini bisa dipakai misal jika kamu memarkir motor di sembarang tempat, maka bisa menjadi incaran empuk untuk pencuri motor.

19. To chicken out

Maksudnya adalah tidak meneruskan suatu aktivitas karena merasa takut. Misalnya saja ketika kita ingin naik wahana yang menegangkan seperti Hysteria di Dufan, tapi takut karena sangat tinggi sehingga tidak jadi menaikinya.

20. In the doghouse

Maksudnya yaitu sedang dalam masalah karena perbuatan yang kita lakukan.

21. Fishy

Fishy bisa diartikan sebagai mencurigakan. Misalnya melihat orang yang berkali-kali memantau kita, maka bisa disebut fishy.

22. Crocodile tears

Maksudnya adalah pura-pura menangis agar bisa mendapatkan yang diinginkan.

23. Catnap

Catnap berarti tidur saat siang hari yang biasanya tidak terlalu lama.

24. Holy Cow

Berarti ekspresi yang terkejut akan suatu hal yang umumnya tidak biasa

25. Cash Cow

Maksudnya suatu bisnis/ produk yang menjadi sumber pendapatan paling utama atau paling besar. 

Itulah beberapa idiom tentang nama hewan, semoga bermanfaat.

Panduan Belajar di Kampung Inggris

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria