fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Jenis Modal dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

2 min read

modals dalam bahasa inggris

Modal dalam bahasa inggris kerap kali digunakan dalam beberapa kesempatan. Terdapat sejumlah modal yang perlu diketahui. Setiap modal digunakan untuk menyatakan hal yang berbeda. Karenanya, ada baiknya kalian mengetahui semua  modal yang ada dalam bahasa asing yang satu ini. Mengetahui semua jenis modal dan penggunaannya dapat membantu kalian untuk mendalami bahasa ini. Lantas, apa saja jenis modal yang ada? Bagaimana penggunaannya dalam kalimat? Simaklah ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam terkait modal

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian Umum Modal dalam Bahasa Inggris

Modal umumnya diletakkan sebelum kata kerja utama atau main verb. Hal ini dilakukan untuk memodifikasi makna yang terdapat di kata kerja tersebut. Secara lebih lengkapnya, modal dalam bahasa inggris disebut juga modals auxiliary verbs. Meski begitu, be, do, dan have dikecualikan dari bentuk modal yang sedang dibahas ini.

Seperti namanya, modal berfungsi sebagai kata kerja bantu dalam sebuah kalimat. Lebih spesifik lagi, modal dapat digunakan untuk mengekspresikan ability (kemampuan) atau willingness (kemauan), possibility(kemungkinan), dan necessary (kebutuhan). Sebagai informasi tambahan, modal tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah kalimat.

Beberapa modal yang perlu kalian ketahui yakni: will, would, shall, may, might, can, could, must, have to, ought to, dan should. Untuk mengetahui penggunaannya, berikut diberikan untuk kalian.

Jenis-Jenis Modal dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

  • Will – Shall – Would

Yang pertama, modal ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Modal ini dapat digunakan juga untuk menyatakan kemauan atau prediksi. Ketiganya memiliki arti akan. Berikut adalah penjabaran dari masing-masing modal ini.

a. Will

Will dapat digunakan untuk menyatakan sebuah rencana. Namun, rencana ini bukanlah sesuatu hal yang sudah direncakanan sebelumnya. Untuk menyatakan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya, kalian bisa menggunakan be(am/is/are) + v-ing. Untuk will, berikut penggunaannya.

Example:          

I will go to a supermarket later.

Will you go to my graduation day?

Penggunaannya yang lain yakni:

I will help you with Math.

I will not come to your house if it rains tonight.

b. Shall

Pengen Konsutasi PR ?

Shall sebenarnya sama saja dengan will. Namun, shall hanya digunakan untuk subject dan we saja. Dalam kalimat tanya, shall dapat digunakan untuk memberikan saran.Would

c. Would adalah bentuk lampau dari will/shall. Terkadang would juga dapat digunakan untuk memberikan permohonan yang sopan.

  • May – might

Kedua modal ini dapat digunakan untuk menyatakan kemungkinan dan meminta atau member izin. Berikut adalah contoh penggunaannya. Kalian dapat menggunakan may dan might dengan cara yang sama.

Example:

I may go to the cinema this evening.

Andre might not come to the party.

May I go to the toilet, ma’am?

  • Can – Could

Can dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang terjadi di masa kini (present). Sedangkan could digunakan untuk menyatakan kejadian yang terjadi di masa lampau (past)Could juga dapat digunakan untuk membuat permohonan yang sopan. Berikut adalah contoh penggunaan keduanya.

Example:

I can read a book in just few hours.

She could tell me that day.

Could you please tell mr. Sudiro to contact me as soon as possible?

  • Must – have to

Keduda modal ini dapat digunakan untuk menyatakan keharusan. Meski begitu terdapat perbedaan yang harus kalian ketahui tentang penggunaan keduanya.

1. Gunakan must /have to untuk menyatakan sesuatu yang mengandung unsur opini dari yang kalian utarakan. Berikut adalah pengunaannya.

Example: Black Panther is amazing. You must see it. (or you have to see it)

2. Gunakan have to untuk menyatakan sesuatu yang tidak mengandung opini.

Example: Laura won’t be at work today. She has to go to the doctor.

Seperti yang dapat dilihat di kalimat yang ada, kalimat tersebut merupakan sebuah fakta dan bukanlah opini kalian semata. Karenanya, kalian dapat menggunakan have to. Untuk diketahui lebih lanjut, pastinya kalian harus mengetahui jika subjek I, we you, they dapat menggunakan have to dan subjek he, she, it menggunakan has to. Sedangkan untuk menyatakan kejadian di masa lampau, gunakanlah had to.

  • Should – ought to

Kedua modal ini digunakan untuk menyatakan hal yang sama, yakni saran. Untuk mengetahui penggunaan dari keduanya, berikut beberapa contoh kalimat.

Example:

Jane looks so pale. I think she should go to see a doctor.

Katty is lazy. She shouldn’t watch TV so much.

There are many good films lately. You ought to go and see it.

Mei thinks I ought to buy new clothes.

Demikianlah apa yang dapat dibagikan untuk kalian dan semoga pemahaman kalian dapat lebih bagus lagi terkait penggunaan modal dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat !!!

Materi lain yang bisa kamu baca: Mengenal Modal Verb Melalui Fungsi dan Kegunaannya.

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments