Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Mengenal Modal Verb Melalui Fungsi dan Kegunaannya

modal verb

Kalau kamu belajar Bahasa Inggris tentunya kamu sudah tidak asing dengan can, should, must, could dan kawan-kawannya. Berbeda dari kebanyakan kata kerja yang bisa berubah bentuknya, kata-kata tersebut tidak bisa berubah bentuk dan sering disebut dengan modal verb atau modal saja. Kata-kata ini tentu sudah cukup familier, bukan? Bahkan kalian mungkin sudah sering membuat kalimat dengan menggunakan modal. Selain bentuknya tidak bisa berubah seperti verb biasa, karakteristik lain modal adalah selalu diikuti dengan kata kerja infinitive tanpa menggunakan tambahan ‘to’. Masih bingung apa fungsi modal serta penempatannya dalam kalimat? Yuk langsung kita bahas langsung!

Apa itu modal verb?

Modal sebenarnya adalah kata kerja bantu yang memiliki fungsi sebagai kata kerja utama ketika digunakan. Tak hanya itu, modal dipakai untuk menunjukkan ijin, kemungkinan, dan keperluan pada kalimat yang dibuat. Meski sama-sama kata kerja namun perilaku dari modal berbeda dengan kata kerja biasa. Modal jenisnya ada bemacam-macam dan masing-masing jenis memiliki fungsi yang berbeda. Nah, sebelum membahas mengenai masing-masing fungsinya akan lebih baik jika kamu mengetahui tidak golongan modal itu sendiri. Modal dibagi menjadi tiga jenis, yaitu past modal, present modal, dan perfect modal. Baik past modal maupun present modal hanya bisa diikuti oleh bentuk infinitive tanpa tambahan to. Sementara itu, modal perfect biasanya akan diikuti kata kerja bentuk ketiga.

Jenis-jenis modal verb

Ada beberapa jenis modal yang harus kamu ketahui karena bentuk-bentuk modal tersebut sangat sering dipakai sehingga dengan mempelajarinya kamu diharapkan bisa menempatkannya dengan baik dalam sebuah kalimat.

  • Can

Can merupakan jenis modal yang pertama  dan masuk dalam golongan modal present. Can ini mempunyai dua fungsi, yaitu untuk mengungkapkan kemampuan atau ketidakmampuan serta untuk meminta ijin. Untuk menyatakan kemampuan contohnya di dalam kalimat bisa seperti “You can try to do the test” atau untuk ketidakmampuan “You cannot try to do the test”. Penggunaan can untuk menyatakan kemampuan bisa diganti dengan ‘to be able’ atau ‘to be capable of’ yang memiliki arti sama. Contoh penggunaan can untuk meminta ijin dalam sebuah kalimat seperti “can I borrow your pencil?”.

  • Could

Jenis modal verb yang selanjutnya adalah could. Dalam segi arti, can dan could memiliki makna yang sama. Yang membedakan keduanya adalah golongan modalnya. Could masuk ke dalam kategori past modal. Contoh kalimat ungkapan yang menyatakan kemampuan dengan could seperti “Budi could drive faster than Toni two weeks ago”. Sedangkan dalam kalimat untuk meminta ijin, could bisa digunakan seperti ini “Could I borrow your car to pick my sister?”.

  • May

May juga merupakan salah satu jenis modal yang termasuk ke dalam golongan modal present. Fungsi dari may adalah untuk meminta ijin secara sopan atau formal serta menyatakan kemungkinan untuk masa sekarang dan masa depan. Untuk mengungkapan kemungkinkan, kalimatnya bisa seperti “Hilma may go to the party tonight but she has to arrive in her dorm before late”.

  • Might

Bentuk past dari may adalah might. Might ini digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang tidak terlalu pasti kejadiannya.  Selain dipakai untuk menyatakan kemungkinan dan meminta ijin secara formal, might juga bisa dipakai untuk menyatakan hipotesis yang tidak terbukti. Contoh untuk mengungkapkan kemungkinan seperti dalam kalimat “Tita might be sad because she missed the movie yesterday”. Sedangkan fungsi might untuk mengungkapkan hipotesis yang tidak terbukti di masa lampau seperti “The doctor might have warned you not to eat raw egg because of the bacteria.” Nah, untuk meminta ijin dengan sopan atau formal, kalimatnya bisa seperti ini “Might I go to Bandung with my friends?”.

  • Will

Jenis modal lainnya adalah Will yang berfungsi untuk menyatakan kemauan, ajakan, dan undangan. Will yang termasuk ke dalam modal present ini juga bisa dipakai untuk menyatakan keputusan spontan, memprediksi suatu kejadian, maupun menyatakan permintaan yang lebih halus. Beberapa contohnya seperti untuk menyatakan kemauan pada kalimat “I will help you study if you do not understand”. Ketika membuat keputusan spontan kamu juga bisa menggunakan will seperti “I think I will cut my hair for fresher look”.

Itu hanya beberapa contoh jenis modal dan penggunaanya dalam kalimat sehingga kamu akan lebih paham tentang masing-masing fungsi modal verb. Jangan pernah berhenti belajar ya guys.

Pengertian, fungsi plus contoh Gerunds and Infinitives bisa kamu baca DI SINI.

  • 36
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *