fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Jenis-Jenis Vocabulary Dengan Mudah 5/5 (3)

Vocabulary adalah istilah dalam Bahasa Inggris untuk menyebut kosakata. Apakah kamu tertarik untuk belajar vocabulary? Belajar vocabulary merupakan suatu hal yang cukup mudah. Ketika kamu belajar vocabulary, maka kamu akan meningkatkan kosakatan vocabulary dalam Bahasa Inggris. Jadi, hal tersebut akan memudahkan kamu dalam belajar vocabulary. Lalu, apa sebenarnya vocabulary? Berikut hal- hal yang perlu kamu ketahui tentang vocabulary.

Vocabulary adalah

Pengertian Vocabulary Adalah

Apakah kamu tahu apa sebenarnya vocabulary? Yup! Vocabulary adalah jenis- jenis kata yaitu kata benda, sifat, maupun kata kerja yang mana kata tersebut digunakan dalam penggunaan bahasa. Ketika kamu menemukan kata- kata yang kurang kamu pahami, maka hal tersebut menandakan bahwa vocabulary kamu kurang. Vocabulary sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti;

1. Semua Kata dalam Sebuah Bahasa

Vocabulary tidak hanya berkaitan dengan kata- kata yang ada di sebuah kamus, namun ada beberapa kata baru yang mana kata tersebut akan secara otomatis ditambahkan dalam Bahasa Inggris. Ketika kamu menemukan kata baru, namun kamu belum mengerti arti dari kata tersebut, maka kamu dapat mencarinya melalui kamus.

2.  Semua Kata dalam Suatu Konteks

Kamu dapat menggunakan kata ini untuk menunjukkan suatu konteks. Ini berarti, kamu dapat menggunakan kata “vocabulary” yang memiliki arti tertentu. Misalnya adalah kata berikut:

  • If my sister wants to continue her study, she need to improve her vocabulary.
  • My father is a doctor in the Soetomo Hospital so that he needs medical
  • We come to the library to borrow some books relating to

Mengapa Vocabulary Penting?

Ketika kamu mempelajari Bahasa Inggris, maka secara tidak langsung kamu harus mempelajari tentang vocabulary. Hal ini dikarenakan vocabulary adalah salah satu hal yang sangat penting digunakan saat melakukan proses komunikasi. Dibandingkan kamu harus menggunakan bahasa tubuh ketika berkomunikasi dengan orang luar atau foreigner, lebih baik jika kamu mengembangkan vocabulary kamu.

Selain itu, ketika kamu ingin melanjutkan pendidikan kamu, pasti kamu harus melakukan tes kecakapan dalam Bahasa Inggris. Yang mana, salah satu tes tersebut adalah kamu harus mendengarkan percakapan dari orang asing. Ketika kamu mendengar percakapan tersebut, secara tidak langsung kamu harus memahami kosakata apa yang digunakan dalam percakapan yang kamu dengarkan.

Tips Belajar Vocabulary

Jika kamu ingin belajar vocabulary, maka kamu harus mengetahui beberapa tips yang harus kamu lakukan. Vocabulary adalah hal yang penting. Itulah mengapa kamu harus mengetahui tips belajar vocabulary dengan mudah.

1. Menghindari Menghafal Vocabulary Terlalu Banyak

Ketika kamu belajar Bahasa Inggris, pasti kamu akan berusaha untuk mendapatkan cara termudah untuk menghafal, maka usahakan untuk tidak menghafal terlalu banyak secara langsung.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa kamu menghafal paling tidak 10 kata setiap minggu. Lalu, pastikan untuk mengulang-ulang kata tersebut di hari berikutnya dengan tambahan 10 vocabulary yang lain.

Tips belajar tersebut bisa kamu coba praktikkan untuk menambah kosakata dengan lebih efektif.

2. Menghafal Vocabulary yang Menurutmu Penting

Hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah memastikan bahwa kamu menghafal daftar- daftar kosakata yang menurutmu penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari. Misalnya, jika kamu menyukai hal- hal yang berhubungan dengan dunia kesehatan, maka kamu dapat menghafal kata- kata yang berkaitan dengan dunia kesehatan saja, seperti stomach ache, dentist, hospital, dan beberapa vocabulary lainnya.

3. Melakukan Pengulangan atau Repetisi

Untuk memudahkan dalam menghafal kosakata dalam bahasa Inggris dengan lebih cepat, pastikan kamu melakukan repetisi atau pengulangan. Teknik ini dianggap sebagai cara paling mudah dan sering digunakan oleh banyak orang saat akan memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, ketika kamu melakukan repetisi atau pengulangan, secara otomatis kamu akan mudah mengingatnya.

4. Menghafal Vocabulary dengan Membuat Kalimat

Vocabulary adalah hal yang sangat penting khususnya buat kamu yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berbicara Bahasa Inggris. Ketika kamu memperkaya kosakata dalam bahasa Inggris, kamu akan lebih mudah dalam memahami kalimat maupun percakapan dalam tersebut. Kamu dapat menghafalkannya dengan membuatnya sebagai kalimat atau langsung dipraktikkan.

Misalnya, kamu menemukan kata baru yaitu “eat”.

Kamu dapat membuat kata tersebut dalam sebuah kalimat untuk memudahkan proses belajar dan menghafal kata.

Pada vocab “eat” dapat dibuat kalimat seperti ini, “I eat a fruit”.

Kata tersebut memiliki arti “Saya makan buah”.

Dengan langsung membuatkan kalimat, secara otomatis kamu akan bisa memahami penggunaan kata tersebut dalam konteks tertentu.

Jenis- Jenis Vocabulary

Setidaknya, ada 6 jenis vocabulary yang harus kamu ketahui. Jenis- jenisnya berhubungan dengan penggunaan part of speech. Jenis kosakata yang harus kamu ketahui antara lain adalah word classes, word families, word formation, multi- word unit, collocations, dan juga homonyms.

1.  Word Classes

Word classes merupakan sebuah bahasa atau penggunaan kata yang berhubungan dengan morfologi. Akan tetapi, biasanya jenis ini sering disebut sebagai parts of speech yang mana bisa berbentuk kata benda, kata kerja, kata ganti, kata keterangan, kata sifat, preposisi dan conjunction atau kata sambung. Kamu dapat mempelajari word classes ini di buku grammar kamu.

2.  Word Families

Word families merupakan kata yang menjelaskan suatu imbuhan. Kata tersebut digunakan untuk membuat suatu kalimat misalnya pada beberapa kata berikut.

  1. play – plays – played : kata- kata tersebut merupakan infected
  2. Play – replay – playful : kata- kata tersebut merupakan bagian dari

3. Word Formation

Word formation merupakan jenis formasi kata yang ada pada Bahasa Inggris dan kata- kata tersebut merupakan kata gabungan atau compound, blending, clipping, dan conversion.

– compound : typewriter, content writer, script writer, etc

– blending : information and entertainment = infotainment

– conversion : when I do my task, I always google the information I need.

4. Multi- Word Units

Multi-word units merupakan jenis dari kosakata bahasa Inggris yang memiliki bentuk sebagai frasa kerja maupun sebagai idiom. Contohnya adalah; look after, look for, throw awy, put on, put off, etc. Meskipun begitu, kamu tidak bisa mengartikan kata tersebut sebagai kata yang berbeda- beda pada satu kata karena kata diatas memiliki satu makna.

5. Collocations

Collocation merupakan suatu jenis kosakata Bahasa Inggris yang diartikan sebagai dua kata atau lebih yang selalu memiliki arti bersama sama atau saling terikat. Jadi, ketika kamu menggunakan kata ini, kamu tidak bisa memisahkannya.

6. Homonyms

Homonim merupakan suatu kata yang memiliki huruf beda, namun memiliki pengucapan yang sama. Contohnya adalah kata “well”. Well dapat kamu artikan sebagai sumur namun dapat kamu artikan sebagai baik.

Kampung Inggris Search :

    belajar jenis-jenis vocabulary, vocabulary bahasa inggris, vocabulary belajar cepat bahasa inggris

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?