fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Aplikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Listening 4.8/5 (5)

 

aplikasi listening

Kursus Bahasa Inggris<

Dalam belajar bahasa Inggris, banyak siswa yang mengeluhkan sulitnya menguasai kemampuan listening atau mendengarkan. Tak hanya siswa sekolah saja, terkadang orang dewasa yang harus mengambil tes penguasaan bahasa Inggris pun mengalami kesulitan ketika harus berhadapan dengan listening. Alasannya pun bisa bermacam-macam. Lalu, bagaimana agar belajar listening menjadi lebih mudah?

Di era yang serba digital ini, segala aktivitas menjadi terbantu dengan adanya smartphone. Kamu pun bisa memanfaatkan kecanggihan smartphone-mu untuk membantumu belajar listening. Caranya mudah, yaitu dengan mendownload aplikasi untuk meningkatkan kemampuan listening yang bahkan bisa kamu dapatkan secara gratis, hanya dengan memanfaatkan koneksi internet saja. Apa saja contoh aplikasi untuk meningkatkan kemampuan listening yang bisa kamu download? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas dulu tentang beberapa kesulitan yang sering dialami pembelajar bahasa Inggris ketika belajar listening.

Kendala dalam belajar listening

Berikut ini alasan dan penyebab paling umum mengapa banyak orang berangggapan bahwa belajar listening itu susah. Padahal, setelah mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya, belajar listening ternyata cukup menyenangkan dan tidak sesusah yang kamu bayangkan.

1. Hilangnya konsentrasi

Hilangnya fokus atau konsentrasi seringkali menyebabkan kegagalan dalam mengerjakan soal listening. Seperti kita tahu, listening merupakan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi penuh, karena kamu harus menyimak apa yang dikatakan oleh speaker dan menangkap informasi penting di dalamnya hanya dalam sekali mendengarkan. Soal tes listening biasanya hanya akan diputar satu kali saja, sehingga apabila kamu sampai kehilangan konsentrasi, maka hilanglah pula kesempatanmu untuk dapat menjawab soal dengan benar.

2. Tidak familiar dengan logat/aksen bahasa Inggris asli

Masalah kedua merupakan kendala yang paling umum dihadapi pembelajar bahasa Inggris terutama untuk yang masih level elementary atau intermediate. Kurangnya paparan terhadap bahasa Inggris menyebabkan pembelajar merasa tidak familiar dengan aksen bahasa Inggris, sehingga cukup kesulitan untuk memahaminya.

3. Menerapkan strategi belajar yang salah

Ternyata, penerapan strategi belajar yang kurang tepat dan efektif juga bisa menjadi faktor penghambat penguasaan kemampuan listening kamu. Bagi pemula, terkadang mereka belajar kosakata dan berusaha mengartikan kalimat atau ujaran dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia secara kata-per-kata. Padahal, tentu saja itu tidak tepat. Kita hendaknya memahami apa yang sedang dikatakan pembicara dalam bahasa Inggris secara satu kesatuan (utuh satu kalimat), baru diinterpretasikan.

4. Minim penguasaan kosakata dan pelafalannya

Minimnya pengetahuan tentang kosakata dalam bahasa Inggris dan juga minimnya pengetahuan tentang bagaimana melafalkannya tentu akan menjadi faktor penghambat ketika kamu berusaha menangkap apa yang dikatakan oleh pembicara dalam bahasa Inggris.

Aplikasi untuk meningkatkan kemampuan listening

Pengen Konsutasi PR ?

Semua kesulitan tersebut dapat sedikit terbantu dengan adanya paparan bahasa Inggris yang maksimal. Seringnya kamu berlatih bahasa Inggris akan membuatmu semakin terbiasa dengan bahasa ini, sehingga akan lebih mudah pula memahaminya. Namun, bagaimana cara mudah agar kamu bisa berlatih dan mengakses sumber belajar listening tanpa harus repot? Caranya dengan memanfaatkan aplikasi untuk meningkatkan kemampuan listening seperti yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Learn English Video and Audio

Aplikasi yang satu ini membiasakan orang untuk mendengarkan audio dan juga tayangan berbentuk video dalam bahasa Inggris. Ungkapan yang ada di dalam kedua sumber belajar tersebut biasanya sudah diseleksi dan berupa ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Kamu hanya perlu sering-sering mendengarkan audio dan video yang disediakan dalam aplikasi ini, agar semakin terbiasa dengan aksen maupun ungkapan dalam bahasa Inggris.

2. Learn with Aco

Sebenarnya di dalam aplikasi ini ada latihan yang lengkap untuk semua skill, yaitu listening, speaking, reading dan writing. Namun, kamu bisa memilih menu skill apa yang ingin kamu pelajari. Untuk listening, kamu akan dilatih untuk mendengarkan kalimat dan juga melafalkannya agar tahu bagaimana pelafalan yang benar.

3. English Listening and Speaking

Skill yang ditekankan dalam aplikasi ini adalah skill listening dan speaking, dimana kamu akan dilatih untuk mendengarkan ungkapan, kemudian diharapkan untuk langsung menirukannya sesuai contoh. Di dalamnya, semua [ercakapan juga sudah diatur sesuai dengan level kesulitan yang diinginkan.

Itulah tadi beberapa contoh aplikasi untuk meningkatkan kemampuan listening kamu, yang juga bisa mengatasi kendala yang umumnya dialami oleh pembelajar bahasa Inggris, terutama dalam penguasaan listening.

Pelajari materi bahasa inggris lainnya yuk guys, salah satunya adalah Penjelasan Tentang Relative Clause.

Kampung Inggris Search :

    aplikasi gratis untuk latihan listening, aplikasi lisetning bahasa inggris, aplikasi u dictionary untuk pc, YG BISA MENGARTIKAN LITENING BAHASA INGGRIS

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?