web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Confusing Words Series: All Right atau Alright? 5/5 (4)

all right atau alright

All Right atau Alright??

Mana nih yang paling benar menurutmu? Benar semua atau salah semua?

Sebagai seorang pembelajar bahasa Inggris, menemukan kata yang mirip-mirip pasti bukan hal yang asing untukmu. Kadang ada yang bunyinya mirip (macam homophone), kadang pula ada yang tulisannya mirip.

Meski demikian, arti kata-kata tersebut kebanyakan beda lho! Salah satu kata yang mirip adalah all right dan alright?, lantas apakah arti keduanya sama? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya, LCers!

All Right

All right, menurut Cambridge Dictionary, memiliki arti “semua baik-baik saja”. Kata all right adalah salah satu kata paling fleksibel dalam aturan bahasa Inggris. All right bisa menjadi adverb sebuah kalimat, adjective, dan bahkan discourse marker.

All right bisa digunakan untuk menggantikan kata “fine”, “good”, dan “okay”, apa pun fungsinya dalam sebuah kalimat. Contoh penggunaan all right secara lengkap bisa kamu pahami melalui contoh-contoh di bawah ini.

Example:

Sebagai adverb

  • Are you doing all right on your final examination? (Apakah kamu melaksanakan ujian akhirmu dengan baik?)
  • Our project is done all right (Proyek kita terselesaikan dengan sangat baik)
  • The school theatre show has been held all right last night (Pentas teater sekolah berjalan dengan lancar semalam)

Sebagai adjective

  • You look pale, are you all right? (Kamu kelihatan pucat, apakah kamu baik-baik saja?)
  • Be all right there, don’t miss us until you finish the exchange study (Baik-baik ya di sana, jangan kangen ke kami sampai kamu menyelesaikan pertukaran pelajarnya)
  • The passengers are all right, nobody injured from the accident (Seluruh penumpang baik-baik saja, tidak ada yang terluka dari kecelakaan itu)

Sebagai discourse marker

  • All right, what do you want to tell me? (Baiklah, apa yang ingin kamu ceritakan padaku?)
  • We’ll go to the cinema by 6, all right? (Kita akan pergi ke bioskop jam 6, gimana?)
  • All right, let’s start the show now! (Baiklah, ayo mulai acaranya sekarang!)

Alright

Nah, yang selanjutnya akan kita pelajari bersama-sama adalah kata alright, apakah artinya sama dengan all right? Jika keduanya punya perbedaan, apa perbedaannya?

Oke, sini Kampung Inggris LC kasih tahu: all right dan alright punya arti yang sama. Meski keduanya tampak sedikit berbeda susunan hurufnya, all right dan alright artinya sama-sama “baik-baik saja”.

Meski demikian, faktanya alright bukanlah bentuk yang baku. Sebagian besar native speakers memang menerima penggunaannya, tapi dalam segi tatanan bahasa Inggris penulisannya yang benar tetaplah all right.

Menurut Cambridge Dictionary, alright merupakan salah satu kata yang termasuk dalam “nonstandard variant”. Artinya, kata alright boleh digunakan, tapi dalam kondisi informal saja. Sedangkan saat kondisi formal, alright benar-benar dilarang digunakan. Supaya lebih paham, coba kamu bandingkan penggunaan alright dan all right dalam contoh di bawah ini.

Example:

  • From the experiment, we can conclude that the hypotheses are alright.
  • From the experiment, we can conclude that the hypotheses are all right.

Di dalam dua contoh di atas, contoh pertama menggunakan kata alright alih-alih all right. Hasilnya, pengertian dari contoh pertama jadi salah. Apa maksudnya “the hypotheses are alright”? Hipotesisnya baik-baik saja? It doesn’t make sense, bruh, jadi kalimat yang benar tetaplah contoh kedua, yaitu kalimat yang menggunakan all right.

 

Itulah pembahasan mengenai perbedaan all right atau alright?, jadi jangan salah pakai lagi ya! Kamu boleh-boleh aja menggunakan alright dalam kehidupan sehari-hari. Tapi sebisa mungkin, hindari penulisan kata alright, sebaliknya gunakan kata all right saja.

Kalau kamu masih kebingungan juga, semakin seringlah berlatih! Jika butuh partner atau tutor buat belajar bahasa Inggris nih, kamu bisa langsung datang ke Kampung Inggris LC. Di sini, kamu nggak perlu bingung-bingung lagi saat kamu kesulitan mempraktikkan materi bahasa Inggris yang telah kamu pelajari.

Belum sempat ke Kampung Inggris Pare?  Ya udah deh, belajar otodidak aja dulu, nih materi keren lainnya yang bisa kamu baca: Has Been, Have Been, dan Had Been

Kampung Inggris Search :

    allrighrt artinya apa?, Alrighf

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini