fbpx

Tanda Baca dalam Bahasa Inggris, Macam, dan Penggunaannya

4 min read

tanda baca dalam bahasa inggris

 

tanda baca dalam bahasa inggris

Kursus Bahasa Inggris

Pagi sobat LCers! Kali ini, mari mempelajari tanda baca dalam bahasa Inggris. Baik itu di Inggris maupun Indonesia, penggunaan tanda baca tetaplah penting dalam tatanan kalimat. Keberadaan tanda baca bisa memperjelas makna dari sebuah kalimat. Tanpa tanda baca yang tepat, tulisan akan tampak tidak rapi dan memusingkan pembaca.

Sejauh ini, ada 13 tanda baca dalam bahasa Inggris yang umum digunakan. Selengkapnya mengenai tanda baca dan penggunaannya dijelaskan sebagai berikut.

13 Macam Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, tanda baca juga disebut sebagai punctuation mark. Sebenarnya, jumlah punctuation mark adalah tidak terbatas. Meski demikian, hanya ada 13 punctuation mark yang paling sering digunakan dalam tulisan, ini penjelasan lengkapnya.

1.Full Stop (.)

Full stop adalah istilah British dari “titik”, sedangkan American-nya adalah “period”. Tanda baca full stop digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat lengkap. Setelah sebuah kalimat diakhiri dengan tanda titik, biasanya kalimat selanjutnya akan membahas hal berbeda.

Example:

We were going to the beach when you came last night. But we immediately returned home when you called us. (kalimat pertama menerangkan aktivitas “we”, kalimat kedua menerangkan kejadian setelahnya)

2.Comma (,)

Tanda koma digunakan untuk memisahkan dua kalimat/kata yang berkaitan. Berbeda dengan titik, biasanya kalimat/kata setelah tanda koma berhubungan kuat dengan kalimat/kata sebelumnya. Koma juga digunakan untuk memisahkan kalimat dengan nama obyek.

Pengen Konsutasi PR ?

Example:

  • It’s nice to meet you, Sir.
  • She wants to eat ice cream, spaghetti, and pizza right now.
  • I’m doing the dishes, and will sweep the floor afterward.

3.Question Mark (?)

Question mark adalah tanda yang digunakan untuk mengakhiri semua kalimat tanya. Bukan hanya itu, biasanya question mark juga digunakan untuk mengakhiri pernyataan retoris. Ya, dalam bahasa Indonesia, question mark disebut tanda tanya.

Example:

  • What do you want to eat at home, Andy?
  • The girl seemingly doesn’t need everybody else, right?

4.Exclamation Point (!)

Tanda baca exclamation point biasanya digunakan untuk mengakhiri kalimat himbauan, peringatan, dan seruan. Meski saat diucapkan tidak terlalu tampak, penggunaannya tetap penting dalam struktur kalimat bahasa Inggris. Dalam aturan British, exclamation point disebut juga exclamation mark.

Example:

  • Don’t touch the glass, please!
  • Be careful!
  • Give it to me right now!

5.Semicolon (;)

Dalam bahasa Indonesia, tanda titik koma (semicolon) barangkali jarang digunakan. Akan tetapi penggunaan tanda baca ini dalam bahasa Inggris lebih umum. Sekilas, fungsi semicolon tampak nyaris mirip dengan full stop. Bedanya, semicolon digunakan untuk memisahkan dua kalimat beda konteks tapi berkaitan erat.

Example:

Bella Swan wailed in pain; her body became weak and suddenly brittle.

6.Colon (:)

Penggunaan colon dalam bahasa Inggris biasanya untuk menyebutkan kata-kata yang sifat/karakteristiknya setara. Daripada menyebutkan poin per poin, lebih baik menyebutkannya langsung dalam satu kalimat menggunakan titik dua (colon).

Example:

  • I was planning to write five topics: grammar, punctuation marks, academic writing, and vocabulary tips.
  • There’s only one person in this class could make a mess this big: Harold.
  • She doesn’t want to accept him anymore: she’s already taken with someone else.

7.Apostrophe (‘)

Tanda baca dalam bahasa Inggris yang selanjutnya akan dibahas adalah apostrophe. Tanda baca yang disebut “petik satu” ini tidak terlalu berguna dalam bahasa Indonesia. Akan tetapi perannya sangat krusial dalam bahasa Inggris.

Ada dua fungsi utama tanda baca apostrophe dalam bahasa Inggris: untuk menyingkat kata dan menunjukkan kepemilikan. Contoh dari kedua fungsi apostrophe tersebut adalah sebagai berikut.

Example:

  • Menyingkat kata
  1. Is not/are not: isn’t/aren’t
  2. Have not/Has not/had not: haven’t/hasn’t/hadn’t
  3. I am: I’m
  4. She will: she’ll
  5. He would: He’d
  6. You have: you’ve
  7. We are: we’re
  8. He is: He’s
  9. .
  • Menunjukkan kepemilikan

Ada dua cara menunjukkan kepemilikan menggunakan tanda baca apostrophe, ini keterangannya.

  1. Singular (tunggal): It’s Levi’s dog (tanda apostrophe disertai s)
  2. Plural (jamak): This is the refugees’ meal for a week (tanda apostrophe ditaruh setelah huruf s jamak)

8.Quotation Mark (‘/“)

Quotation mark adalah tanda baca yang digunakan untuk mengutip suatu kalimat yang diucapkan orang lain tanpa mengubah struktur kalimat. Sebenarnya ada dua jenis quotation mark, yakni yang single dan yang double. Akan tetapi karena single quotation mark tampak seperti apostrophe, maka double quotation mark lebih umum digunakan.

Example:

“We have to leave you now, sorry.” say Sarah yesterday, refused to look me in the eyes.

9.Ellipsis

Tanda baca ellipsis jarang digunakan di dunia nyata, akan tetapi banyak digunakan di dalam tulisan, terutama tulisan fiksi. Tanda baca ellipsis berupa titik-titik yang ditulis tiga kali setelah satu kalimat. Kegunaan utama ellipsis adalah untuk memberikan jeda di antara dua kalimat. Keberadaan jeda ini diharapkan bisa memperdalam kesan yang ditimbulkan kalimat setelahnya.

Example:

She’s gone…she wouldn’t come back again here with us.

10.Hyphen

Tanda baca hyphen adalah tanda baca berupa “-“ yang digunakan untuk menyambung dua kata, membentuk kata baru dengan pengertian berbeda. Sebagai contoh, kata “well” dan “known” masing-masing memiliki arti “baik” dan “diketahui”. Akan tetapi setelah disatukan menjadi “well-known”, artinya menjadi “terkenal”. Contoh lainnya bisa dilihat sebagai berikut.

Example:

  • Eren worked as a part-time in a pastry shop near his college.
  • This is the step-by-step tips to have an ideal body.

11.En Dash & Em Dash (– & —)

En dash dan em dash biasanya banyak digunakan untuk menulis karya, baik itu ilmiah mau pun sastra. En dash adalah tanda strip yang lebih panjang daripada hyphen, dan dilambangkan dengan “–“. Biasanya en dash digunakan untuk menerangkan jarak.

Sementara itu, em dash adalah tanda strip yang lebih panjang dari en dash, ditandai dengan tiga strip atau “—“. Em dash biasa digunakan untuk menambah sebuah keterangan di tengah dua kalimat yang tersambung.

Contoh penggunaan en dash dan em dash adalah sebagai berikut.

Example:

  • The clinic is opened at 06.00 am – 09.00 pm. (en dash)
  • The clinic – which is owned by Doctor Annabeth Helena – serves the patients for 15 hours. (em dash)

12.Parentheses ()

Dalam bahasa Indonesia, parentheses disebut tanda kurung. Tanda baca satu ini digunakan untuk memberi keterangan tambahan dari sebuah kata atau kalimat. Selain itu, biasanya tanda kurung digunakan untuk menjelaskan sebutan lain dari suatu istilah, misalnya: lidah buaya (aloe vera), dan semacamnya.

Example:

  • Sherlock Holmes (a fiction character made by Sir Arthur Conan Doyle) was a detective.
  • Secondly, put the egg into the cake dodge (we recommend you to add the yolk first).

13.Slash (/)

Lastly, tanda baca dalam bahasa Inggris yang akan dijelaskan sekarang adalah slash, atau umumnya dikenal sebagai garis miring. Tanda slash dalam bahasa Inggris biasa digunakan sebagai pengganti kata “atau” dan “per”. Selain itu, tanda ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan waktu dan satuan fisika.

Example:

  • When you return home, please ask Dony/Andy to accompany you.
  • 12/08/2019.
  • She drove the car at 40km/hour speed.

 

Demikianlah informasi lengkap mengenai tanda baca dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Jika ingin belajar tentang punctuation mark lebih jelas, yuk tanya-tanya ke para teacher di Kampung Inggris LC. Segera datang ke Kampung Inggris sekarang juga dan jadilah member kami! Kalau belum sempat, kamu bisa tanya-tanya dulu kok melalui chat kakak-kakak admin di bawah ini.

Terus semangat belajarnya, LCers!

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments