Search

Tahukah Kamu apa itu Intensifying Adverb? Kenali Serba-Serbi Intensifying dan Contohnya!

Apakah kamu sering menggunakan kalimat ‘very’ atau ‘very much’ setiap saat ketika menerangkan sesuatu dalam bahasa Inggris? Ternyata ada banyak cara berbeda untuk mengungkapkannya dalam bahasa inggris dengan menggunakan intensifying verb. Namun apakah kamu tahu, apa itu intensifying verb?

Nah, kamu tidak perlu khawatir jika belum mengerti tentang penggunaan intensifying adverb ini. Artikel ini akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan vocabulary atau kosa kata dan membantumu untuk berinteraksi layaknya seorang yang fasih berbahasa Inggris. Terkadang kita ingin mengintensifkan kata sifat atau kata kerja. Seringkali, orang-orang yang belum paham masih menggunakan kata ‘very’ untuk melakukannya.

Apa Itu Intensifying Verb?

Bagi kamu yang sedang mengambil sertifikasi, kursus, atau pelatihan bahasa Inggris pasti tidak asing dengan istilah ini. Apa itu intensifying verb? Ya, istilah ini merupakan kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan suatu tingkatan di dalam kalimat. Penggunaan intensifying adverb ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu adverb of degree dan distinguishing adverb.

Adverb sendiri merupakan kata keterangan yang ditujukan untuk menjelaskan kata sifat (adjective), kata kerja (verb), dan kalimat (sentence). Adverb berdasarkan maknanya dibagi lagi menjadi empat, yaitu adverb of place and direction, adverb of manner, adverb of time, dan intensifying adverb. Nah, kali ini kita akan membahas semua yang berkaitan dengan apa itu intensifying verb beserta contoh kalimatnya.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa hal yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Adverb of Degree

Penggunaan adverb of degree difungsikan untuk kalimat yang menyatakan sebuah tingkatan. Sederhananya, degree adverbs adalah modifikasi kata dari ‘very’ dan ‘extremely’ atau dalam bahasa Indonesia artinya sangat. Penggunaan kata keterangan ini meliputi almost (hampir), barely (nyaris), entirely (seluruhnya), highly (sangat), quite (cukup), slightly (sedikit), totally (sangat), dan utterly (sama sekali).

Keterangan tingkatan merupakan bagian dari apa itu intensifying verb dan juga memungkinan kamu untuk menulis dengan sangat spesifik sesuai dengan tujuan. Dalam contoh berikut, kata keterangan ini dicetak miring untuk memudahkan identifikasi.

  •         Penggunaan kata sifat (adjective) yang dimodifikasi, seperti:

I felt incredibly happy after winning tickets to New Zealand.

(Aku merasa teramat senang setelah memenangkan tiket ke New Zealand.)

  •         Penggunaan kata kerja (verb) yang dimodifikasi, seperti:

He has almost finished his homework.

(Dia (laki-laki) hampir menyelesaikan PR.)

  •         Penggunaan kata keterangan (adverb) yang dimodifikasi, seperti:

Cars in front of me were walking too slowly.

(Mobil di depan ku berjalan terlalu lambat.)

Distinguishing Adverb

Pengertian dari distinguishing adverb atau adverb of emphasis adalah kata keterangan yang menjadi kalimat penegas sesuatu yang sudah dijelaskan sebelumnya. Posisi penempatan adverb ini sama seperti adverb of degree, yaitu sebelum kata yang ingin ditegaskan. Sebagai contoh, exactly (sungguh), definitely (tentunya), obviously (jelas sekali), naturally (secara natural), dan lain sebagainya.

Keterangan penekanan cocok untuk ditempatkan di setiap bagian dari bahasa dan komunikasi. Berikut beberapa contoh kalimat yang bisa diaplikasikan.

  •         He was not exactly good-looking, but definitely a kind-hearted and attractive man.

(Dia memang tidak terlalu tampan, tapi yang pasti dia pria yang baik hati dan menarik.)

  •         I was flat broke and the rent was due. Clearly, I needed to find a job.

(Saya bangkrut dan uang sewa sudah jatuh tempo. Jelas, saya perlu mencari pekerjaan.)

  •         What he did was obviously wrong, but I don’t think he warranted quite such severe punishment.

(Apa yang dia lakukan jelas salah, tapi menurut saya dia tidak pantas di hukum seberat itu.)

Collocation yang Umum Dipakai

Collocation atau kolokasi, terdiri dari dua atau lebih kata yang biasa digunakan bersama dalam bahasa Inggris. Memikirkan kolokasi berupa kata-kata yang biasanya berjalan bersamaan, ada beberapa jenis kolokasi dalam bahasa Inggris. Kolokasi yang kuat adalah kombinasi kata yang diharapkan muncul bersamaan, seperti kombinasi antara ‘make’ dan ‘do’, bila disusun dalam sebuah kalimat menjadi:

‘You make a cup of tea, but you do your homework.’ (Kamu membuat secangkir teh, sambil mengerjakan pekerjaan rumah.)

Penggunaan kolokasi sangar umum dalam pengaturan bisnis ketika kata benda tertentu secara rutin digabungkan dengan kata kerja atau kata sifat tertentu. Seperti contoh, untuk membuat kontrak, menetapkan harga, melakukan negosiasi, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contoh kalimat kolokasi yang umum dipakai dalam bahasa Inggris:

  •         to make breakfast

I need to make breakfast every morning. (Aku harus membuat sarapan setiap pagi.)

  •         to do assignments

Tanisha does her assignments at the office. (Tanisha mengerjakan tugasnya di kantor.)

  •         to give someone advice

Johnny gives advice for a successful first date. (Johnny memberikan saran agar kencan pertama sukses.)

Beberapa kolokasi yang paling umum melibatkan kolokasi kata kerja + kata benda yang digunakan dalam situasi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis kolokasi kata kerja yang kamu perlukan ketika ingin terus belajar bahasa Inggris.

  •         To come prepared

Please make sure to come prepared for our vacation tomorrow. (Tolong pastikan untuk menyiapkan liburan kita besok.)

  •         To make progress

It is difficult to make progress in your career, if you leave a trail of damaged relationships behind you. (Sulit untuk membuat kemajuan dalam karir mu, jika kamu meninggalkan jejak hubungan yang rusak di belakang.)

  •         To save time

You’ll save time, if you take the train instead of driving a car. (Kamu akan menghemat waktu, jika kamu naik kereta daripada mengendarai mobil.)

Selain itu, kolokasi juga sering digunakan dalam pengaturan bisnis dan pekerjaan. Ada beberapa bentuk termasuk dengan kata sifat, kata benda, dan kata kerja lainnya yang digabungkan dengan kata kunci untuk membentuk ekspresi bisnis. Berikut contoh yang telah kami rangkum menjadi sebuah kalimat.

  •         To deposit a check

We had like to deposit this check for 1 Billion Rupiah. (Kami ingin melakukan penyimpanan uang sebesar 1 Miliar rupiah.)

  •         To open an account

I’d like to open an account in this bank. (Saya ingin membuka rekening di bank ini.)

  •         To write up the contract

Can we write up our contract, today? (Bisakah kita menulis kontrak kita hari ini?)

Penggunaan kolokasi juga sering digunakan sebagai ungkapan singkat untuk menggambarkan bagaimana perasaan seseorang tentang suatu situasi.

Dalam hal ini, kolokasi dapat digunakan dalam bentuk kata sifat, atau juga sebagai ungkapan empati dengan menggunakan intensifier dan kata kerja. Sebagai contoh pada kalimat ‘I’d like to positively encourage you to help save our planet earth.’ Artinya adalah Saya ingin secara positif mendorong kamu untuk membantu menyelamatkan planet Bumi kita.

Nah, itulah serba-serbi terkait apa itu intensifying verb, beberapa bagian dari kata keterangan itu hingga penggunaan collocation verb. Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa memahaminya? Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan mudah dipahami, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga lainya

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top