Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Since Vs From, Preposition yang Serupa, Tapi Tak Sama 1/5 (1)

Pernah bingung memikirkan konsep since vs from? Secara harafiah, baik since maupun from sama-sama berarti dari, tetapi bukan berarti kamu bisa menggunakannya kapan dan di mana saja. Ada tata cara yang perlu dipahami supaya konteks kalimat tak berubah.

Lalu, bagaimana sebaiknya kamu memakai since dan from?

since vs from

Since dan from sebagai preposition bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, preposition adalah kelompok kata yang dipasangkan dengan noun maupun pronoun untuk membentuk frasa. Keberadaan kata-kata ini pula yang nantinya menerangkan verb, noun, dan adjective. Sementara objek dari preposition sendiri bisa berupa noun, pronoun, geround, hingga noun clause.

Ada delapan jenis prepostion yang dipakai dalam Bahasa Inggris, termasuk since dan from. Nah, sebelum menggali lebih dalam seputar since vs from, sebaiknya kamu kenali dulu aturan pemakaian preposition berikut ini:

  • Preposition umumnya tak diikuti verb. Kalaupun kamu pengin memakai verb, maka kalimat yang disusun harus berupa gerund;
  • Saat memakai interrogative pronoun (what, whom, who, which, where), preposition ditaruh di awal atau akhir kalimat;
  • Jika kamu menggunakan relative pronoun seperti that, letakkan preposition di akhir kalimat;
  • Preposition pada bentuk infinitive (to + verb) harus disimpan setelah infinitive;
  • Dalam sejumlah kalimat, preposition dipasangkan dengan verb. Sementara dalam beberapa kasus, preposition disimpan di depan kalimat, terutama untuk kalimat tanya;
  • Kamu bisa memakai preposition untuk menunjukkan waktu, arah, lokasi, posisi, maupun jenis hubungan abstrak lainnya.

Membedakan since dan from serta pemakaiannya dalam kalimat

Sekarang, mari bahas lebih dalam seputar since vs from. Kita bedah dulu dari since, mencakup fungsi, pola, dan tenses-nya.

Since

Apa kamu pernah memperhatikan frekuensi pemakaian antara since dengan from? Jika diperiksa secara mendalam, since tak terlalu sering dipakai seperti from, padahal dua-duanya berarti dari. Kok bisa begitu? Hal ini disebabkan since diaplikasikan untuk keterangan yang lebih spesifik, yaitu waktu dalam perfect tense.

Nah, agar kamu memahami cara kerja since vs from, coba tengok beberapa contoh pemakaian kata since berikut ini:

  • I’ve worked here since 2012. (Saya sudah bekerja di sini sejak 2012.)
  • She’s lived with her parents since two years ago. (Dia menetap bersama orangtuanya sejak dua tahun lalu.)
  • My brother has left since he graduated from high school. (Kakak saya sudah pergi sejak dia lulus sekolah menengah atas.)

Konteks maupun penggunaan since akan rancu saat kamu melepas keterangan waktu. Misalnya, she’s lived with her parents since two years. Dalam kalimat tersebut, tak dijelaskan secara pasti kapan two years atau dua tahun yang dimaksud. Apakah dua tahun lalu atau justru beberapa tahun sebelumnya.

Since Sebagai Preposisi Waktu

Menyoal pola, since—seperti yang kamu perhatikan dari contoh kalimat di atas—selalu didampingi titik waktu tertentu. Entah dalam bentuk hari, bulan, maupun tahun. Pada since vs from, kata since sebagai preposisi waktu bisa kamu tempatkan di awal kalimat maupun pertengahan selama ada keterangan waktu yang mendampingi. Sebagai contoh:

  • Since yesterday, my mother has slept to recover. (Sejak kemarin, ibu saya tidur untuk memulihkan diri.)
  • He’s studied hard to pass the test since last night. (Dia belajar dengan tekun sejak semalam agar lulus ujian.)

 

Sebagian besar tenses pada penggunaan since memakai perfect tense. Dalam perbandingan since vs from, berikut contoh-contoh kalimat yang bisa dipelajari.

  • His father has known my father since they were in college. (Ayahnya sudah kenal dengan ayah saya sejak mereka duduk si bangku kuliah.) Jenis tenses yang dipakai adalah present perfect tense;
  • Her date has been waiting since an hour ago. (Pasangan kencannya sudah menunggu sejak satu jam lalu.). Jenis tenses yang dipakai adalah present perfect continuous tense;
  • They had worked at the café since 2008. (Mereka bekerja di kafe tersebut sejak 2008.) Jenis tenses yang dipakai adalah past perfect tense.

From

Setelah mengulas since dan pemakaiannya, kita lanjutkan pembahasan from dalam since vs from. Jenis preposition yang satu ini, seperti yang sudah disebutkan, dapat diartikan sebagai dari maupun sejak. Hanya saja, from lebih sering diaplikasikan dengan tenses seperti present dan past. Berbeda dari since yang menggunakan perfect tense.

Pemakaian from dalam kalimat umumnya memakai pola from… to dan from… till/until. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa pelajari penerapan from dalam tiga jenis kalimat.

Starting point: pada jenis kalimat ini, from akan menjelaskan kapan sesuatu akan dimulai (waktu) maupun level tertentu seperti pada angka dan harga. Ada pula yang menggunakan from dalam since vs from untuk menunjukkan perihal jarak.

  • Tickets for the festivals are on sale from Friday. (Penjualan tiket dibuka dari hari Jumat.)
  • Prices start from IDR500.000 per month. (Harga dipasang dari Rp500.000 per bulan.)
  • The train station is nearby and we’re only 10 minutes from this point. (Stasiun kereta api tak jauh lagi dari sini dan jaraknya hanya 10 menit dari titik kita berdiri sekarang.)

Origin:

Untuk jenis kalimat ini, from merujuk pada tempat/lokasi kamu atau sesuatu memulai sesuatu atau berasal/domisili. Selain itu, kamu bisa menggunakan from untuk menjelaskan dari bahan atau bagaimana sesuatu terbuat. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan since dalam konsep since vs from.

  • Monica comes from Tangerang. (Monica berasal dari Tangerang.)
  • My mother gets the fresh fruits and vegetables from the new shop. (Ibu saya mendapatkan buah dan sayur segar dari toko baru.)
  • Cheese for vegetarian are made from almond. (Keju untuk vegetarian terbikin dari almond.)

From… to dan from… till/until:

Keduanya punya fungsi yang sama, yakni menunjukkan range dari hal-hal yang berbeda maupun batas waktu. Jenis kalimat yang satu ini pasti sering kamu temui. Namun, masih ada yang menyamakannya dengan since, sehingga menimbulkan perdebatan since vs from. Di bawah ini ada beberapa contoh yang diharapkan bisa membantumu buat membedakannya.

  • Ridwan Kamil was the Mayor of Bandung from 2013 to 2018. (Ridwan Kamil pernah menjadi Wali Kota Bandung dari 2013 hingga 2018.)
  • There are four Sinclair children, ranging in age from eight to fifteen. (Ada empat anak dari keluarga Sinclair yang diketahui dengan rentang usia dari delapan hingga sepuluh tahun.)
  • The café is open from 8 AM until 10 PM on Saturday. (Kafe tersebut buka dari pukul 8 pagi sampai 10 malam setiap hari Sabtu.)

Melihat dari pemaparan di atas, kamu sudah tak bingung lagi, kan, saat akan memakai since dan from? Jangan lupa mengimbangi pembelajaran di atas dengan praktik secara berkala. Jadi, kamu tak cepat lupa atau tertukar atau terus memperdebatkan since vs from.

Baca juga Preposition of Time: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini