Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

“Permit vs. Permission”: Perbedaan, Contoh dan Penjelasan No ratings yet.

permit vs permission

Kata permit dan permission memiliki kemiripan dari sisi makna. Penggunaan yang tepat dalam menyusun sebuah kalimat dalam bahasa Inggris membutuhkan kejelian dan pengertian yang tepat dari kedua kata tersebut. Mengetahui perbedaan kata permit dan permission dapat menjadi dasar untuk memilih penggunaan kata yang tepat saat menyusun sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Untuk memulai mengenal perbedaan antara kata permit dan permission; ada baiknya bagi kalian untuk mengetahui definisi masing – masing kata berdasarkan kamus bahasa Inggris yang terpercaya.

Berdasar kamus Merrian Webster; kata permit merupakan kata benda ( noun ) yang didefinisikan sebagai ‘a written warrant or license granted by one having authority’. Definisi tersebut dapat dimaknai sebagai jaminan atau ijin tertulis yang diberikan oleh pihak yang memiliki kewenangan.

Berdasarkan definisi tersebut; kata permit merujuk pada kata benda berupa dokumen atau bukti tertulis. Bukti tertulis tersebut dibuat oleh pihak yang memiliki kewenangan atau dapat disimpulkan bahwa permit merupakan ijin resmi yang dibuat oleh pemegang kewenangan untuk tujuan tertentu.

  • Penggunaan kata permit dalam kalimat

Kata permit dapat dikombinasikan dengan kata lain untuk menghasilkan frasa seperti pada frasa work permit yang berarti surat ijin kerja.

Contoh :

A foreign footballer must have a work permit to join a professional football club in Indonesia.

Kalimat tersebut dapat diartikan “ Seorang pemain sepakbola asing harus memiliki surat ijin bekerja untuk bergabung dengan klub sepakbola profesional di Indonesia”.

  • Makna kata permission

Bagian berikutnya untuk mengetahui perbedaan kata permit dan permission adalah mengenal makna dari kata permission. Berdasarkan kamus Merriam Webster; kata permission merupakan sebuah kata benda ( noun ) yang didefinisikan sebagai ‘the act of permitting’ atau dalam formal consent berarti ‘authorization’.

Berdasarkan definisi tersebut; kata permission dapat dimaknai sebagai tindakan pemberian ijin. Dengan kata lain; permission bisa dibedakan dari permit dalam hal wujudnya. Permit membutuhkan bentuk fisik yang diwujudkan dalam bentuk bukti tertulis; sedangkan permission tidak selalu perlu diwujudkan dalam bentuk fisik.

  • Penggunaan kata permission dalam kalimat.

Kata permission dalam sebuah kalimat uumnya diikuti oleh to infinitive dengan pola permission + to infinitive.

Contoh :

I have my father’s permission to go to a music concert.

Kalimat tersebut dapat dimaknai “Saya telah mendapat ijin dari ayah untuk pergi ke konser musik”.

Can I have your permission to leave the class early?

Kalimat tersebut dapat dimaknai “Apakan saya boleh mendapat ijin meninggalkan kelas lebih awal?”

Kata permission juga bisa digunakan dengan cara berdiri sendiri atau tanpa diikuti oleh to infinitive.

Contoh :

The company got permission from the local authority to build a new apartment.

Kalimat tersebut dapat dmaknai “Perusahaan telah mendapat ijin dari pemerintah setempat untuk membangun apartemen baru”.

My teacher gave me her permission to leave the class early.

Kalimat tersebut dapat dimaknai “Guru saya telah memberikan saya ijinnya untuk meninggalkan kelas lebih awal”.

  • Kesimpulan perbedaan dan penggunaan permit dan permission

Kesimpulan penting yang bisa digunakan untuk membedakan penggunaan permit dan permission adalah permit membutuhkan wujud fisik berupa surat atau dokumen; sedangkan permission tidak selalu membutuhkan wujud fisik atau dapat berupa ijin lisan. Permit merupakan salah satu bentuk dari permission; dalam hal ini permission yang memiliki bentuk fisik. Dengan uraian tentang perbedaan kata permit dan permission berdasarkan makna dan penggunaannya; kalian diharapkan dapat memilih dengan tepat penggunaan kedua kata tersebut saat membuat kalimat dalam bahasa Inggris. Jangan sampai salah-salah lagi ya LC’ers, semoga bermanfaat !!!

Baca juga yuk materi lainnya: “Workout vs Work out”, Apa Sih Bedanya?

Kampung Inggris Search :

    apa arti permit, arti permission, permission adalah

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini