Search

Perbedaan Like, Alike, dan Likewise Yang Perlu Kamu Ketahui

perbedaan like alike likewise

Masih banyak English learner yang bingung bagaimana menggunakan like, alike, dan likewise. Sekilas, like, alike, dan likewise tampak mirip. Memang, like, alike, dan likewise sama-sama digunakan untuk mengekspresikan kemiripan satu hal dengan hal lainnya.

Kursus Bahasa Inggris

Akan tetapi sebenarnya keduanya sangat berbeda, baik dari segi fungsi mau pun pengertiannya. Ingin tahu lebih jelasnya? Berikut ini perbedaan like, alike, dan likewise yang perlu kamu ketahui.

Like

Banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki dua arti sekaligus, salah satunya adalah like. Dalam satu waktu, like bisa menjadi verb, dan di waktu lain menjadi noun. Saat menjadi verb, like memiliki arti “menyukai”. Sedangkan saat menjadi noun, like artinya “seperti”.

.Example 1:

  • You like that girl, right?
  • Farah likes reading so much.
  • He liked swimming when he was a child.

Dalam contoh di atas, like bertindak sebagai verb. Jadi ia bersifat seperti verb pada umumnya, baik dalam bentuk present, past, atau tenses lainnya.

Lalu perhatikan contoh like sebagai noun di bawah ini.

Example 2:

  • You and I are like twin brothers.
  • She’s like the girl I saw in my dreams.
  • It’s like we’re going to have a big problem.

Dalam contoh di atas, dikarenakan like bertindak sebagai noun, maka ada tambahan to be yang mendahuluinya.  Jadi saat ingin menulis kata “seperti”, jangan lupa menambahkan is/am/are di depannya. Ketiadaan to be akan berdampak fatal karena bisa mengubah arti kalimat.

Alike

Alike memiliki arti yang nyaris mirip seperti “like” sebagai noun. Akan tetapi perbedaan like dan alike terletak di penggunaannya. Like sebagai noun digunakan untuk menyatakan kemiripan, sedangkan alike digunakan untuk menyatakan kesamaan.

Jadi kamu bisa menggunakan like untuk menyatakan sesuatu mirip dengan sesuatu yang lain. Sedangkan alike bisa kamu gunakan saat melihat sesuatu yang sama persis dengan sesuatu yang lainnya.

Example:

  • My dream as police is alike with Harold’s.
  • Our fate was alike.
  • I’m not like Selena Gomez, we’re alike, not like.
Pengen Konsutasi PR ?

Contoh terakhir menunjukkan perbedaan like dan alike dengan jelas. Dalam contoh tersebut, “aku” tidak mau disebut mirip (like) dengan Selena Gomez. “Aku” maunya disebut sama persis (alike).

Likewise

Dalam percakapan sehari-hari, native English jarang berbicara menggunakan kata “likewise”. Kebanyakan dari mereka menggunakan “also”, “similar” atau “too”. Akan tetapi di dunia penulisan, kata likewise masih banyak digunakan untuk mempersingkat pernyataan.

Likewise dalam bahasa Indonesia artinya sama seperti alike, yaitu “sama”. Akan tetapi biasanya likewise digunakan setelah sesuatu yang dimiripkan diucapkan.

Example:

  • She was a good badminton athlete when she was young. I was likewise.
  • I speak in Bahasa and surprisingly Daniel answers likewise.

Seperti yang sudah disebutkan, menggunakan kata likewise bisa mempersingkat kalimat. Mari kita ambil percobaan dari contoh terakhir di atas.

  • I speak in Bahasa and surprisingly Daniel answers likewise.
  • I speak in Bahasa and surprisingly Daniel answers with Bahasa, too.

Menggunakan contoh yang ada di bawah memang tidak apa-apa. Akan tetapi supaya ada variasi, kamu bisa menggunakan likewise sebagai gantinya.

 

Demikianlah bahasan mengenai perbedaan like, alike, dan likewise. Jadi sekarang, kamu bisa mengetahui lebih baik cara menggunakan ketiga kata tersebut.

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak lagi soal like, alike, dan likewise, yuk datang ke Kampung Inggris Pare! Di sini kamu akan mendapat lebih banyak ilmu dari teacher-teacher muda dan berpengalaman.

Yuk nggak usah tunda-tunda lagi buat belajar bahasa Inggris intensif! Segera hubungi para CS cantik dan baik hati di bawah ini ya!

Kampung Inggris Search :

    https://www kampunginggris id/perbedaan-like-alike-dan-likewise, https://www kampunginggris id/perbedaan-like-alike-dan-likewise#:~:text=Like sebagai noun digunakan untuk persis dengan sesuatu yang lainnya, https://www kampunginggris id/perbedaan-like-alike-dan-likewise#:~:text=Likewise dalam bahasa Indonesia artinya alike, yaitu “sama”, https://www kampunginggris id/perbedaan-like-alike-dan-likewise#:~:text=Likewise dalam bahasa Indonesia artinya setelah sesuatu yang dimiripkan diucapkan, https://www kampunginggris id/perbedaan-like-alike-dan-likewise#:~:text=Alike memiliki arti yang nyaris alike digunakan untuk menyatakan kesamaan, https://www kampunginggris id/perbedaan-like-alike-dan-likewise?k_id=ef234be7-4427-49cb-8d3e-a3f55de6ca40#:~:text=Alike memiliki arti yang nyaris alike digunakan untuk menyatakan kesamaan
Panduan Belajar di Kampung Inggris

2 komentar untuk “Perbedaan Like, Alike, dan Likewise Yang Perlu Kamu Ketahui”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria