Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Memahami Perbedaan Learn dan Study dalam Bahasa Inggris 4.88/5 (8)

learn study

Serupa tapi tak sama. Ungkapan tersebut sangat tepat apabila digunakan untuk menggambarkan kata learn dan study dalam bahasa Inggris. Meskipun kedua kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu belajar dan mempelajari, tetapi sebenarnya terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya. Perbedaan tersebut terutama terletak pada penggunaan kata learn dan study dalam kalimat bahasa Inggris. Ketahui lebih banyak mengenai perbedaan kata learn dan study di dalam artikel ini.

Perbedaan Kata “Study” dan “Learn” dalam Bahasa Inggris

1. Study

Kata “study” memiliki arti “mempelajari.”  Kata tersebut merujuk pada “process of gaining knowledge and skill, it is especially done by students or those who are preparing themselves for a test or examination.” Dengan kata lain “study” digunakan untuk merujuk pada segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan belajar yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah atau institusi – institusi pendidikan tertentu, misal belajar menghafal rumus matematika, menghafal pelajaran sejarah, belajar menghitung angka, mempelajari fisika, biologi dan lain – lain. Itulah mengapa orang – orang yang sedang mengikuti kegiatan belajar dalam institusi pendidikan tertentu disebut dengan “student” yang berarti “murid”.

2. Learn

Sementara itu, kata “learn” yang juga memiliki arti “mempelajari” dalam bahasa Indonesia digunakan secara berbeda dalam kalimat. Kata tersebut merujuk pada “gaining knowledge and skill which is not only done by studying but also practicing, experiencing something, or being taught”. Dengan kata lain, jika kata “study” menunjukkan bahwa aktivitas belajar yang dilakukan hanya terbatas dalam kegiatan mempelajari saja tanpa diikuti adanya aktivitas  yang dilakukan untuk memperoleh kemampuan, kata “learn” digunakan dalam arti yang lebih khusus lagi.  Dalam menggunakan kata “learn”, kegiatan belajar yang dilakukan harus juga disertai dengan aktivitas lain untuk mendapatkan kemampuan.

Sebagai contoh Andra dan Dian sama – sama mempelajari tentang fisika. Andra mempelajari rumus – rumus fisika hanya sebatas mengetahui saja dan agar dapat mengerjakan soal – sola ujian fisika. Sementara Dian belajar fisika tidak hanya teorinya saja tetapi juga praktek – praktek kegiatan tertentu untuk menunjang pengetahuan teori fisika nya.

Dalam hal ini, Andra melakukan “study” karena ilmu fisika yang ia pelajari hanya terbatas pada teori saja. Lain halnya dengan Dian, kegiatan belajar fisikanya bisa disebut dengan “learn” karena ia tidak hanya mempelajari teori keilmuan fisika saja tetapi juga dibarengi dengan kegiatan – kegiatan lain sehingga ia dapat memiliki kemampuan baik teori maupun praktik dalam bidang fisika. Meskipun terdengar sepele, namun sangatlah penting untuk mengetahui perbedaan learn dan study. Hal tersebut dikarenakan kedua kata tersebut akan mempenyai dampak yang berbeda, terutama bagi anda yang seorang pelajar. Bagi seorang pelajar, sangatlah penting untuk mengetahui dan fokus terhadap tujuan akhir yaitu “learning” bukan hanya “study” dimana hasil akhirnya akan berupa peningkatan kemampuan dalam hal pengetahuan dan keterampilan.

Contoh Kalimat Penggunaan “Learn” dan “Study”

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai perbedaan learn dan study, berikut ini adalah beberapa contoh dari penggunaan kedua kata tersebut.

  1. I study mathematics every day at school.
  2. She learns how to cook traditional dishes from her grandmother.
  3. The students study very hard to pass the upcoming examination.
  4. My father learns to drive cars every afternoon after working hours.
  5. I study the theory of relativity with a physic expert.

Bagaimana guys? sudah lebih memahami perbedaan learn dan study kan sekarang?. Kamu bisa juga mengikuti materi learn vs study melalui video TEATU di bawah ini guys.

Baca juga: Inilah Perbedaan Penggunaan Have dan Has.

Kampung Inggris Search :

    perbedaan learn dan study, penggunaan kata study, penggunaan kata learn, Perbedaan study dengan learn

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini