fbpx

Perbedaan Good, Well, Fine, dan Great

3 min read

Perbedaan Good Fine Well Great

Perbedaan Good Fine Well Great

Saat kamu belajar bahasa Inggris, kamu pasti seringkali menemukan kata-kata yang artinya sama. Misalnya saja good, well, fine, dan great, keempat kata tersebut kalau diterjemahkan artinya sama-sama “baik”. Terus, kenapa harus dibedakan dong kata-kata tersebut? Sebenarnya ada nggak sih perbedaan dari good, well, fine, dan great? Kampung Inggris punya penjelasan lengkapnya buat kamu!

Kursus Bahasa Inggris

Good

Menurut Cambridge Dictionary, sebagai adjective, good memiliki arti “baik/menyenangkan”. Meski demikian penggunaannya tetap harus disesuaikan konteks kalimat ya.

Example:

  • I’m doing good (aku mengerjakannya dengan baik)
  • I feel good, no need to worry (Aku merasa sehat-sehat saja, nggak usah khawatir)
  • She’s good at making things (Dia ahli dalam membuat barang-barang)
  • They get some good grades on the last exams (Mereka mendapat beberapa nilai bagus di ujian-ujian terakhir)

Selain sebagai adjective, good juga punya peran sebagai interjection (kata untuk mengekspresikan emosi). Saat menjadi interjection, good diartikan sebagai “selamat”.

Example:

  • Good evening, Madam Yeti, can I help you? (Selamat malam, Nyonya Yeti, ada yang bisa saya bantu?)
  • Good grief! How could it happen to you, dear? (Malangnya! Gimana bisa itu terjadi padamu, sayang?)
  • Thank goodness you’re safe, I was so worry about you! (Syukurlah kamu selamat, tadinya aku sangat khawatir padamu!)

Comparative dan Superlative Degree dari good adalah better (lebih baik) dan best (sangat baik).

Well

Well punya peran yang jauh lebih kompleks dibandingkan dengan good. Hingga saat ini, well memiliki peran sebagai adjective, adverb, interjection/discourse marker, dan pelengkap phrasal verb sekaligus.

Sebagai adjective, well memiliki arti “baik/bagus”.

Example:

  • I wish I could dance as well as Dina (Kuharap aku bisa menari sebagus Dina)
  • Humans are well at different things, so we don’t need to underestimate others (Manusia baik di bidang-bidang yang berbeda, jadi tidak perlu merendahkan orang lain)
  • I’m not feeling well, you can go without me to the party (Aku merasa kurang sehat, kamu bisa pergi tanpa aku ke pesta itu)

Sebagai adverb, well memiliki arti “dengan pantas/baik/bagus”.

Pengen Konsutasi PR ?

Example:

  • As his childhood friend, I understand his personality very well (Sebagai teman masa kecilnya, aku mengerti kepribadiannya dengan sangat baik)
  • You know me so well, since we’re classmates for about ten years (Kamu tahu aku dengan sangat baik, karena kita sudah sekelas selama 10 tahun)
  • You’re so well at remembering Korean stars’ name, while I always find it difficult to distinguish their faces (Kamu baik sekali dalam mengingat nama-nama artis Korea, padahal aku selalu kesulitan membedakan wajah mereka)

Sebagai interjection/discourse marker, well tidak memiliki arti sama sekali.

Tapi ia digunakan untuk menjelaskan pemikiran yang sudah ditimbang baik-baik.

Example:

  • Well, I wish you wouldn’t regret your choice to leave her (Well, kuharap kamu nggak akan menyesali keputusanmu untuk meninggalkannya)
  • Well, if we’re consistent on doing this, who knows we finally could reach our big goals? (Well, kalau kita konsisten melakukan ini, siapa tahu kita akhirnya bisa mencapai tujuan-tujuan besar kita?)
  • Well, to me you’re too kind towards others, that’s why you’re used (Well, menurutku kamu terlalu baik ke orang lain, itulah kenapa kamu dimanfaatkan)

Terakhir, well juga sering kali digunakan sebagai pelengkap phrasal verb.

Biasanya well yang digabungkan dengan kata lain akan berubah maknanya.

Example:

  • Indonesia is well-known as the biggest coffee exporter in the world (Indonesia terkenal sebagai eksportir kopi terbesar di dunia)
  • Cook the meat until it’s well done or it’s going to be hard to eat (Masak dagingnya sampai benar-benar matang atau itu akan keras saat dimakan)
  • She’s so touched with the movie, the tears start to well up in her eyes (Dia sangat tersentuh dengan filmnya, airmata mulai memenuhi matanya)

Sebenarnya well tidak memiliki yang namanya comparative dan superlative degree. Hanya sebagai adjective saja dia dianggap memiliki comparative dan superlative yang sama dengan good, yaitu better dan best.

Fine

Selanjutnya yang akan kita bahas adalah fine, kata yang sering kita pakai untuk menyebut “baik-baik saja”.

Menurut Cambridge Dictionary, fine memang berarti “baik/sehat”. Fine juga bisa diartikan sebagai sangat bagus/terbagus.

Untuk manusia dan makhluk hidup lainnya, fine lebih sering digunakan untuk menjelaskan kualitas kesehatan. Sementara itu untuk benda mati, fine digunakan untuk menjelaskan kualitas unggul.

Example:

  • I’m fine, there’s no need to bother with that anymore (Aku baik-baik saja, tidak perlu mempermasalahkan itu lagi)
  • I’m sure she’ll be fine as long as she’s with June (Aku yakin dia akan baik-baik saja selama dia bersama June)
  • They served us a bottle of fine wine and proper dining (Mereka menyajikan sebotol wine berkualitas dan makan malam yang sangat layak pada kita)

Comparative dan superlative degree dari fine adalah finer (lebih baik) dan finest (paling baik).

Great

Terjemahan utama dari kata “great” adalah besar, tapi great juga bisa digunakan untuk menyebut “sangat sehat”, “sangat bagus”, “hebat”, atau “keren!”

Great bisa jadi kata alternatif dari “good” atau “fine”, tergantung konteks kalimatnya.

Example:

  • I’m on a great condition now, I won’t refuse anything you ask me to do (Kondisiku sangat sehat sekarang, aku nggak akan menolak apa pun yang kamu minta aku lakukan)
  • He’s so great, he could finish all the tasks that are given to him just in a day (Dia sangat keren, dia bisa menyelesaikan semua tugas yang dilimpahkan padanya hanya dalam sehari)
  • Just leave it on Azlan, he’s great at making source code (Percayakan saja itu ke Azlan, dia hebat dalam membuat kode sumber)

Comparative dan superlative degree untuk great adalah greater (lebih hebat/besar) dan greatest (terhebat/terbesar).

 

Itulah penjelasan dari perbedaan good, well, fine, dan great buat kamu, LCers! Kalau kamu mau belajar bahasa Inggris dengan lebih serius lagi, jawabannya ya cuma satu: ke Kampung Inggris Pare dong! Di sini kamu bisa belajar langsung dengan teacher-teacher yang udah jago bahasa Inggris!

Mau belajar bahasa Inggris dengan lebih seru? Jawabannya ya cuma di Kampung Inggris!

Kampung Inggris Search :

    apa perbedaan great dan outstanding
0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments