close
program desember ceria

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Di Era Society 5.0 Yang Harus Kamu Tahu!

3 min read

Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Di Era Society 5

Seiring dengan perkembangan zaman tentu akan semakin banyak tantangan dan perubahan yang harus dihadapi oleh manusia. Terlebih saat ini dunia telah memasuki era super smart society (Society 5.0) yang merupakan era kecanggihan teknologi.

Era ini diartikan sebagai langkah antisipasi dari adanya gejolak disrupsi akibat revolusi industri 4.0. Hal tersebut membuat semakin banyak ketidakpastian yang kompleks serta ambigu dalam menghadapi kehidupan. Salah satu bekal dalam menghadapi era society adalah belajar Bahasa inggris. Lalu apa saja keistimewaan dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris? Yuk kita cari tahu.

Kursus Bahasa Inggris

Bahasa inggris sendiri merupakan Bahasa yang harus dikuasai di era kecanggihan seperti saat ini. Bagaimana tidak, Bahasa inggris merupakan Bahasa yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia dan dianggap sebagai Bahasa ibu oleh lebih dari 400 juta orang. Hal inilah yang membuat Anda harus memahami Bahasa inggris.

Selain menjadi Bahasa yang paling banyak digunakan, ada beberapa alasan penting lain mengapa Bahasa inggris wajib dipahami, khususnya dalam peningkatan karir di masa depan. Berikut merupakan alasan penting mengapa harus belajar Bahasa inggris sejak dini:

Memperluas Literasi Penelitian Ilmiah

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam membaca atau menulis. Membaca disini berarti memahami beberapa lambang Bahasa sehingga dapat diproses menjadi suatu pengertian. Kemampuan literasi terbilang sebagai salah satu kemampuan yang sulit dan tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Khususnya dalam penelitian ilmiah yang mana kebanyakan data atau sumber berasal dari jurnal-jurnal internasional dengan Bahasa inggris. Jurnal-jurnal terkait penelitian dalam Bahasa Indonesia saja sangat susah dipahami apalagi dalam Bahasa inggris yang tentu membutuhkan kemampuan utama berbahasa inggris.

Dengan memiliki kemampuan Bahasa inggris yang baik maka dapat meningkatkan literasi ilmiah yang dimiliki oleh seseorang. Semakin banyak kosakata yang dimiliki maka akan semakin mudah orang memahami isi bacaan dalam suatu jurnal. Hal tersebut akan membuat hasil penelitian semakin maksimal dengan pembahasan ke inti sari tidak hanya di permukaan.

Dalam arti luas literasi tidak hanya diartikan sebagai kemampuan membaca saja namun juga kemampuan berbahasa dan berkomunikasi. Hal ini jelas dibutuhkan dalam suatu penelitian karena ada kalanya peneliti harus mengkomunikasikan hasil penelitiannya.

Kemampuan literasi dengan Bahasa inggris yang baik dapat membantu meningkatkan pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan sehingga informasi yang diterima menjadi utuh tidak terpotong-potong. Tidak hanya itu, dengan kemampuan literasi yang baik juga dapat membantu seseorang meningkatkan kemampuan membacanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kemampuan literasi dalam Bahasa inggris.

Kesempatan Kerja

Pengen Konsutasi PR ?

Alasan pentingnya belajar Bahasa inggris adalah dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan kerja yang lebih bagus. Bagaimana tidak, bukan sebuah rahasia jika mampu menguasai Bahasa inggris adalah persyaratan utama yang diajukan oleh perusahaan dalam merekrut karyawan. Khususnya jika Anda melamar pekerjaan di perusahaan bonafide atau perusahaan internasional maka Bahasa inggris menjadi Bahasa utama yang harus Anda kuasai.

Penguasaan Bahasa inggris menjadi penting agar Anda dapat melakukan interaksi dengan orang lain secara lebih mudah, khususnya jika harus berhadapan dengan rekan kerja yang merupakan pekerja asing.

Kesempatan bekerja jika Anda memiliki kemampuan Bahasa inggris ini tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan di dalam negeri namun juga meningkatkan kesempatan bekerja di luar negeri. Tentunya semua peluang di beberapa negara dapat terbuka lebar untuk Anda bahkan negara yang tidak menggunakan Bahasa inggris sekalipun.

Biasanya untuk kebutuhan professional Anda akan diminta untuk melampirkan sertifikat yang menunjukkan kemampuan Bahasa asing. Tujuannya adalah untuk dapat membuktikan bahwa kemampuan yang Anda miliki memang benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemampuan Bahasa inggris dapat menjadi sarana untuk dapat survive di luar negeri. Dengan memiliki kemampuan tersebut maka Anda tidak akan merasa kesulitan saat beraktivitas atau berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris.

Pendidikan Di Luar Negeri

Alasan pentingnya belajar Bahasa inggris lain yang akan didapatkan dengan belajar Bahasa inggris adalah dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan mudah. Melanjutkan pendidikan ke luar negeri merupakan impian semua orang. Bagaimana tidak, kampus luar negeri memiliki kualitas yang baik dari segi kurikulum pendidikannya sehingga tak heran jika banyak orang kemudian mencari universitas di luar negeri.

Bahasa inggris akan digunakan sebagai Bahasa pengantar ini ketika berada di luar negeri. Bahasa inggris pasti merupakan Bahasa yang akan digunakan dalam penyampaian materi atau pun saat melakukan aktivitas dan juga komunikasi dengan teman atau civitas akademika lainnya.

Alasan tersebut membuat Bahasa inggris sangat penting dikuasai untuk dapat bertahan di luar negeri dengan baik. Dalam hal ini Bahasa inggris merupakan hal yang penting dimiliki oleh seseorang.

Kemampuan Bahasa inggris untuk pendidikan sangat membutuhkan sertifikat sebagai bukti kemampuan. Dalam hal ini setiap kampus akan memiliki ketentuan yang berbeda. Sertifikat yang paling umum diminta adalah TOEFL dan IELTS. Skor TOEFL yang dipersyaratkan minimal adalah 550 (paper based) sedangkan untuk IELTS adalah skor minimal 6.0. Nilai minimal ini bisa saja berbeda antara satu kampus dengan kampus lain yang juga dapat dipengaruhi oleh jurusan.

Kemampuan Bahasa inggris untuk kuliah di luar negeri juga sangat menentukan bagaimana waktu kuliah yang Anda tempuh sehingga menjadi alasan utama pentingnya belajar Bahasa inggris. Bagaimana tidak, beberapa kampus luar negeri masih akan tetap menerima mahasiswanya dengan skor rendah namun dengan catatan akan diikutkan ke kelas khusus Bahasa. Kelas ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa inggris mahasiswa.

Waktu yang ditempuh biasanya akan menghabiskan waktu 1 tahun. Oleh karena itu, Anda harus menambahkan waktu 1 tahun jika belum menguasai Bahasa inggris dalam kehidupan kampus. Tentu hal ini akan sangat menyita waktu Anda saat menempuh pendidikan di luar negeri.

Meningkatkan Paham Teknologi

Era kecanggihan teknologi ditandai dengan adanya penggunaan teknologi pada berbagai bidang kehidupan. Rasanya segala sesuatu telah menggunakan teknologi untuk memudahkan manusia. Alasan ini dapat menjadi alasan pentingnya belajar Bahasa inggris akan sangat memudahkan Anda untuk memahami teknologi.

Hal tersebut dikarenakan berbagai macam teknologi yang ada menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa defaultnya. Sebut saja teknologi yang familiar seperti TV, Smartphone, laptop, komputer, dan juga beberapa teknologi lain menggunakan Bahasa inggris sebagai Bahasa defaultnya.

Jika Anda memahami dasar-dasar dari bahasa inggris maka Anda akan dengan mudah mengoperasikan teknologi yang dimaksud. Khususnya beberapa teknologi yang digunakan untuk pendidikan dan laboratorium yang memang disetting menggunakan Bahasa inggris yang bukan dasar namun Bahasa inggris lanjutan. Oleh karena itu, sangat penting memahami Bahasa inggris untuk penguasaan diri terhadap teknologi.

Bahasa inggris sebagai kemampuan yang harus dikuasai di era society membuat orang harus mempersiapkan diri sejak dini karena pentingnya belajar Bahasa inggris. Jangan sampai ketidaktahuan mengakibatkan berbagai hal yang tidak diinginkan atau bahkan menghilangkan kesempatan yang Anda miliki. Jadi, yuk tingkatkan kemampuan Bahasa inggris Anda sejak sekarang untuk meraih berbagai kesempatan hebat di masa depan kita.

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus

Gunakan Media Pembelajaran ini Untuk Membantu Anak Muda Belajar…

Seperti yang diketahui saat ini proses pembelajaran dituntut untuk mengakses berbagai media pembelajaran menggunakan teknologi termasuk media belajar bahasa Inggris anak muda. Siswa zaman...
Kreasi Ads
3 min read

Ketahui Perbedaan Prescriptive Grammar dan Descriptive Grammar

Ada 2 cara yang berbeda dan telah dijelaskan bahwa bahasa telah dipelajari dalam bermacam disiplin ilmu yang fokus terhadap penggunaan bahasa, dan prescriptive dan...
Kreasi Ads
3 min read

Sudahkah Kamu Tahu Apa itu Reduced Adverb Clause? Bagaimana…

Adverb Clause atau Kata Keterangan atau adverb di dalam bahasa Inggris pasti sudah banyak dipahami pada awal Anda belajar Bahasa Inggris. Kata keterangan merupakan...
Kreasi Ads
3 min read
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments