fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Penjelasan Lengkap dan Contoh Kata Adverb 5/5 (1)

Contoh kata adverb – Adverb merupakan salah satu kata yang wajib Anda pelajari ketika sedang memperdalam Bahasa Inggris. Pasalnya, adverb ini akan selalu Anda gunakan dalam berbicara Bahasa Inggris. Sehingga wajib hukumnya bagi siapaun yang sedang belajar Bahasa Inggris untuk mempelajarinya.

Contoh Adverb

Kursus Bahasa Inggris

Pada Bahasa Indonesia, adverb kerap disebut sebagai kata keterangan. Biasanya kata keterangan ini diletakkan pada bagian kalimat paling belakang. Kata keterangan bisa menunjukkan waktu, tempat, alat, tujuan, sebab, akibat, derajat, perbandingan, pelaku, syarat, kepastian, pembatasan, aspek maupun cara.

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidak akan sulit, jika Anda mau mempelajarinya dengan sungguh-sungguh dan ulet. Jangan langsung menyerah jika ada kata yang tidak Anda mengerti dalam Bahasa Inggris. Cobalah untuk memperbanyak kosakata Anda dengan membuka kamus dan menghafalnya.

Adverb sendiri merupakan sebuah kata yang digunakan untuk mendekripsikan atau menjelaskan kata kerja (verb), kata sifat (adjective), dan adverb yang lainnya. Misalnya dalam sebuah kalimat ada kata kerja atau kata sifat, adverb bertugas untuk menjelaskan lebih spesifik kata kerja atau kata sifat tersebut.

Apa Fungsi Adverb?

  1. Menjelaskan verb agar lebih spesifik. Contoh kalimat: I completely agree with you about that (saya sepenuhnya setuju denganmu tentang hal itu)
  2. Mendeskripsikan adjective. Contoh kalimat: this ice cream is very good (eskrim itu sangat enak)
  3. Mendeskripsikan adverb lain. Contoh kata adverb: she runs really fast (dia berlari dengan sangat cepat)

Selain adverb, Anda juga harus mengenal adverbial. Adverbial merupakan adverb tapi memiliki bentuk yang berbeda. Contohnya adverbial phrase dan adverbial clause. Keduanya memiliki peran seperti adverb. Adverbial phrase merupakan sekelompok kata yang di dalamnya terdapat kata yang merujuk pada kualifikasi. Biasanya adverbial phrase diawali dengan kata so, enough, dan very.

Sedangkan adverbial clause merupakan dependent clause yang digunakan untuk kata keterangan. Bisa juga untuk memberi informasi mengenai kata sifat, kata kerja, dan kata keterangan lain pada klausa independent dalam sebuah kalimat complex. Klausa ini mungkin bisa lebih dipersingkat jika dalam complex sentence hanya ada dalam satu subject.

Adverbial vs Adverb

  1. Adverb

Contoh kalimat: the waiter smiles politely (pelayan tersebut tersenyum dengan sopan)

  1. Adverbial Phrase

Contoh kalimat: the waiter smiles in a friendly way (pelayan tersebut tersenyum dengan ramah)

  1. Adverbial Clause
Pengen Konsutasi PR ?

The waiter smiled when I entered the restaurant (Pelayan tersenyum ketika saya baru masuk restoran)

Adverb merupakan satu dari delapan part of speech yang bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis adverb:

 adverb of time (waktu), adverb of manner (cara), adverb of degree (derajat), adverb of frequency (frekuensi), adverb of place (tempat), adverb of modality (harapan) dan focusing adverb.

Macam-Macam Adverb

1. Adverb of Time (waktu)

Digunakan untuk menyatakan kapan waktu suatu kegiatan atau peristiwa terjadi. Contoh adverb of time antara lain: two days ago, already, before dawn, finally, last year, later, now, next week, dan sebagainya. Contoh kalimat dari kata adverb ini ialah:

It’s hard to wake up early if you having badmood (sangat sulit untuk bangun ketika Anda sedang memiliki mood yang buruk)

2. Of Manner (cara)

Digunakan untuk menyatakan bagaimana atau cara suatu kegiatan bisa dicapai atau dilakukan. Contoh adverb of manner ialah: carefully, clearly, fast, fluently, hard, slowly, successfully, well, automatically, dan masih banyak lagi. Contoh kalimat dari kata adverb ini ialah:

I asked him to explain the place a little more clearly (saya memintanya untuk menjelaskan tempat tersebut sedikit lebih jelas)

My goal is to speak English fluently (cita-cita saya ialah bisa berbicara Bahasa Inggris dengan fasih)

3. Adverb of Degree (Derajat)

Digunakan untuk menyatakan tingkat atau derajat suatu kegiatan. Contoh: completely, extremely, entirely, enough, positively, so, really, somewhat, hardly, too, totally, very. Contoh kalimat: he works too hard.

4. Of Frequency (Frekuensi)

Digunakan untuk menyatakan seberapa sering atau seberapa banyak suatu peristiwa yang terjadi atau suatu kegiatan dilakukan. Contoh: always, constantly, usually, normally, often, sometimes, occasionally, infrequently, seldom, rerale, hardly ever, never, monthly, weekly, daily, dan masih banyak lagi. Contoh kalimat dari kata adverb ini ialah:

She often tears. (dia sering mengis)

I eat rice third daily (saya makan nasi 3 kali sehari)

5. Adverb of Place

Digunakan untuk membicarakan suatu letak suatu kegiatan, arah, jarak, atau justru kombinasi dari semuanya. Contoh: above, abroad, across, away, anywhere, east, here, indoors, nearby, uphill, at home, dan under the bed. Contoh kalimat:

my bestfrend lives nearby (sahabat saya tinggal di dekat sini).

6. Adverb of Modality (Harapan)

Digunakan untuk menyatakan keyakinan atau sebuah harapan terhadap suatu persepsi. Contoh: perhaps, hopefully, likely, possibly, etc. Contoh kalimat kata adverb tersebut ialah: maybe thet won’t have money (mungkin mereka tidak memiliki uang).

7. Adverbial of Purpose

Merupakan kontruksi yang menjawab pertanyaan why. Contoh kalimat: let’s go for a spin.

8. Focusing Adverb

Merupakan kata keterangan yang berfungsi untuk menunjukkan jika apa yang dibicarakan terbatas pada bagian yang menjadi fokus. Contoh: as well, also, even, just, only, mainly, too.

Bagaimana Pembentukkan Kata Keterangan?

Pada umumnya rata-rata adverb akan berdasar pada kata yang sama dengan kata sifat yang kemudian mendapatkan akhiran – ly. -Ly ini biasanya bisa Anda dapatkan pada kalimat adverb of manner dan adverb of degree. Sedangkan adverb yang memiliki bentuk mirip dengan adjective (flat adverb) biasanya lebih berfungsi pada short imperative sentence dan informal speech.

Selain itu, masih ada juga adverb yang tidak berkaitan dengan adjective sama sekali. Contoh kata adverb ini yaitu: adjective + ly (awkwardly, carelessly, fairly), adjective + a (deep, fast, hard, high, tight), Adverb = adjective (just, so, too, very).

Ada beberapa adverb yang bisa ditempatkan dimana saja, seperti di awal, tengah atau akhir kata. Tergantung pada jenis adverb itu sendiri. Jika dalam satu buah kalimat Anda menggunakan lebih dari satu kata adverb, disarankan untuk menggunakan aturan adverb order.

Contoh kalimat: he worked hard at office last month to get many wages (dia bekerja dengan keras bulan lalu untuk mendapatkan upah yang banyak). Jika ingin membuat sebuah perbandingan Anda bisa menggunakan adverb degree. Kata ini akan berubah sesuai dengan kata yang dibandingkannya.

Adverb memang memiliki banyak sekali variasi yang sedikit sulit untuk dipelajari. Namun, jika rajin dan tekun, Anda pasti bisa menguasainya dengan baik. Karena belajar Bahasa Inggris itu sebenarnya mudah, asal punya tekad yang kuat. Demikian penjelasan lengkap contoh kata adverb.

Baca juga Biaya Kursus Bahasa Inggris di Pare

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?