Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Penggunaan Some, Any, dan No dalam Bahasa Inggris 5/5 (5)

Penggunaan Some Any dan No dalam Bahasa Inggris

Salah satu jenis part of speech yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah determiner. Menurut teori grammar, determiner adalah kata yang digunakan untuk menentukan identitas/jumlah dari sebuah noun. Dalam materi kali ini, yang akan mimin Kampung Inggris bahas adalah penggunaan some, any, dan no. Simak baik-baik sampai akhir ya, LCers!

Some

Dalam materi tentang penggunaan some, any, dan no ini, yang pertamakali akan kita bahas adalah penggunaan some.

Dalam bahasa Inggris, some adalah determiner yang memiliki arti “beberapa”. Yep, seperti tebakanmu, some digunakan untuk menentukan noun (kata benda) yang jumlahnya jamak (plural noun).

A + noun
Some + noun
A person
Some people
A candy
Some candies
A kite
Some kites
A tooth
Some teeth

Lebih tepatnya, some digunakan untuk menyebut lebih dari dua noun, tapi tidak dijelaskan berapa noun persisnya. jika noun-nya hanya ada dua, maka some tidak bisa digunakan. Selengkapnya mengenai penggunaan some bisa kamu lihat contohnya di bawah ini.

Example:

  • Some students passed the exam, but most of them failed (Beberapa siswa lolos mengerjakan ujian, akan tetapi sebagian besar dari mereka gagal)
  • I have some news to tell you all (Aku punya beberapa berita untuk kuceritakan pada kalian)
  • We have some problems that need to be solved right now (Kita punya beberapa masalah yang harus dipecahkan sekarang)
  • What she always dreamt is to live a long life with you and having some children (Yang selalu dia impikan dulu adalah bisa hidup lama bersamamu dan punya beberapa anak)

Any

Setelah membahas tentang some, kali ini mimin Kampung Inggris akan mengajakmu mempelajari penggunaan any.

Sama seperti some, noun yang didahului any tidak memiliki jumlah yang jelas. Penggunaan any di depan sebuah noun hanya menandakan bahwa noun tersebut jumlahnya tinggal sedikit saja.

Oleh karena itu, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, any bisa diartikan sebagai “sedikit”, “yang tersisa”, atau “apa pun lagi”. Noun yang bisa didahului oleh any hanyalah noun bentuk tunggal (singular noun).

Terus gimana dong cara menggunakan any yang benar dalam kalimat? Berikut ini contoh-contohnya.

Example:

  • Is there any cake left for me? (Adakah kue yang tersisa untukku?)
  • Hello, is there any one at home? (Adakah seorang pun/siapa saja di rumah?)
  • There isn’t any way to solve this problem as quickly as that (Tidak ada cara apa pun lagi untuk memecahkan masalah ini secepat itu)
  • I swear I didn’t tell anything to Cassandra, she knew it by herself (Aku bersumpah aku tidak mengatakan apa pun pada Cassandra, dia mengetahuinya sendiri)

No

Jika some menjelaskan “beberapa”, any menjelaskan “beberapa tapi tinggal sedikit”, maka no menjelaskan “tidak ada sama sekali”.

Ibaratkan saja ada 10 potong kue ulangtahun di meja, kalau kue itu tersisa separuh, maka bisa disebut “some cakes”. Kalau sisanya hanya dua biji saja, maka bisa disebut menggunakan “any cake”. Akan tetapi jika kue tersebut habis tak bersisa, maka yang digunakan adalah “no cake”.

Supaya kamu makin ngeh dengan penggunaan determiner “no” untuk menyatakan jumlah benda, simak contoh-contoh di bawah ini.

Example:

  • If you have no business with me, please go (Jika kamu tidak ada urusan denganku, tolong pergi)
  • I have no idea how to tell him my real intention (Aku tidak punya ide bagaimana harus menjelaskan maksud asliku padanya)
  • There’s no butter left for us to make another cake (Tidak ada mentega yang tersisa untuk kita membuat satu kue lagi)
  • There’s no second chance for you, because I can’t forgive what you did to me (Tidak ada kesempatan kedua untukmu, karena aku tidak bisa memaafkan apa yang kamu lakukan padaku)

Itulah penjelasan lengkap tentang penggunaan some, any, dan no dalam bahasa Inggris yang bisa mimin sajikan buatmu!

Jadi ingat kesimpulan intinya ya: some digunakan untuk beberapa benda, lebih dari dua tapi tidak banyak. Any digunakan untuk beberapa benda yang tinggal sedikit, sedangkan no digunakan untuk benda yang tidak ada atau habis sama sekali.

Kalau mau merasakan keseruan belajar bahasa Inggris bareng teman-teman satu Indonesia, yuk belajar di Kampung Inggris aja! Selain belajar offline, kamu juga bisa lho belajar online bareng Kampung Inggris LC, langsung klik di sini aja ya untuk informasi lengkapnya!

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini