fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Penggunaan Tepat Kata Begin dan Start dalam Bahasa Inggris

1 min read

begin-atau-strat

begin-atau-strat

Kalian pasti sering mendengar kata start dan begin kan? Apa arti kedua kata tersebut menurut pamahaman kalian? Jika diartikan secara mentah tanpa menggunakan konteks, maka keduanya memang sama-sama berarti “mulai”. Namun, jangan salah, ternyata kata begin dan start tidak selalu bisa diterapkan dalam kalimat yang sama. Agar kalian lebih paham, simak penjelasan tentang penggunaan kata begin dan start berikut ini.

Kursus Bahasa Inggris

a. Begin

Begin merupakan kata kerja (verb) yang cenderung lebih sering digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dalam situasi yang lebih formal ketimbang start. Selain dalam situasi formal, kata begin juga akan lebih dipilih penggunaannya dalm written English. Sedangkan start sering sekali digunakan dalam spoken English. Simak contoh berikut

  • The class usually begins at 07.00 in the morning.

(Pelajaran di dalam kelas biasanya dimulai jam 7 pagi.)

  • The bridge was begun five years ago and the estimated cost has already doubled.

(Jembatan itu mulai dibangun lima tahun yang lalu dan biaya yang diperkirakan sudah mencapai dua kali lipat.)

b. Start

Seperti yang telah diungkapkan tadi, start lebih sering digunakan dalam spoken English dan dalam situasi yang lebih santai atau informal.

  • I think I have enough money to start a business.

(Kurasa aku sudah punya cukup unang untuk memulai sebuah bisnis.)

  • Stop thinking too much and start the action.

(Berhentilah terlalu banyak berpikir, dan mulailah bertindak.)

Baca juga: Penggunaan Childish vs Childlike dalam Bahasa Inggris.

Perbedaan Begin dan Start

Pengen Konsutasi PR ?

Penggunaan kata begin dan start harus benar-benar diperhatikan karena kedua kata tersebut memiliki perbedaan yang menjadikannya tidak selalu dapat digunakan dalam kalimat yang sama.

1. Begin merupakan irregular verb (kata kerja tidak beraturan) sedangkan start merupakan regular verb (kata kerja beraturan). Perhatikan tabel berikut ini

Bare verb
Present
past
participle
Begin
Begin(s)
Began
Begun
start
Start(s)
started
started

Kalian bisa lihat bahwa berdasarkan tabel di atas, terdapat pola yang dapat diamati pada kata start yang digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dalam bentuk present, past, dan past participle, yaitu dengan menambahkan “ed” pada akhir kata start. Artinya, kata start termasuk dalam kata kerja beraturan karena memiliki pola yang tetap atau dapat diamati. Sedangkan begin tidak bisa begitu saja ditambah “ed” di belakangya, namun kata begin harus berubah menjadi began dan begun apabila digunakan dalam tenses past atau participle.

2. Ada beberapa kalimat yang hanya bisa menggunakan start saja (tidak bisa digantikan dengan kata begin), yaitu ketika kalian ingin berbicara tentang mengoperasikan sesuatu (mesin), memulai suatu perjalanan atau usaha.  Contohnya ada pada kalimat berikut ini:

  • I don’t know how to start this old computer.

(aku tidak tau bagaimana cara menyalakan/mengoperasikan komputer tua ini.)

  • Their family start a new Japanese restaurant.

(Keluarga mereka membuka/memulai usaha restoran Jepang.)

Dalam kalimat tersebut, kata begin tidak bisa digunakan untuk menggantikan kata start. Berbeda dengan kalimat berikut, yang penggunaan kata begin dan start bisa digunakan secara bergantian.

  • Your favorite movie will start at 9.
  • Your favorite movie will begin at 9.

Demikian ulasan tentang penggunaan kata begin dan start yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kosakata bahasa Inggris kalian. Meskipun memiliki makna yang sama dan terkadang bisa digunakan secara bergantian satu sama lain, kata begin dan start tidak bisa selalu digunakan dalam kalimat yang sama. Oleh karena itu, kalian perlu memahami betul kapan harus menggunakan start, dan kapan boleh menggunakan keduanya, agar kalimat atau ujaran yang kalian buat tidak terdengar aneh.

Kampung Inggris Search :

    aoa beda start dengan begin
2 1 vote
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Bhest
Bhest
Juni 18, 2022 9:37 PM

Bisakah memakai begin untuk kalimat ” bagaimana kita memulainya”?