fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Inilah Perbedaan Penggunaan Have dan Has

2 min read

have has

have has

Penggunaan have dan has dalam kalimat bahasa Inggris sebenarnya tak serumit dan seribet yang kalian bayangkan. Perbedaan pemakaian  sebenarnya terletak pada subjek. Jika kamu bingung dengan penggunaan keduanya, maka kamu harus melihat Subjeknya terlebih dulu. Has Cuma dipakai untuk Subjek orang ketiga tunggal ( entah dia laki – laki, perempuan, ataupun benda). Sedangkan untuk Subjek bentuk lain plural memakai Have. Baik have dan has sebenarnya seringkali dipakai dalam suatu percakapan bahasa Inggris. Have dan Has bisa digunakan sebagai kata kerja utama dan juga kata kerja bantu di kalimat Present Perfect Tense.

Kursus Bahasa Inggris

Arti Kata Have dan Has

Apakah kamu seringkali mendengar kata have dan has? Jika iya, maka kamu perlu tahu artinya terlebih dulu. Tak usah panik dan bingung dengan arti kedua kata ini. Bila ditelusuri lebih jauh, kedua kata tersebut memiliki arti yang beragam dan berbeda tergantung penggunaan dalam suatu kalimat. Sebelum kamu mengetahui dan menemukan perbedaan pengunaannya , maka kamu harus melihat fungsinya terlebih dahulu. Sebenarnya kedua kata ini hanya mempunyai 2 fungsi.

  • Sebagai Kata Kerja Utama (Main Verb)

I have a new bag (Saya punya tas baru)

He has a beautiful girlfriend (Dia memiliki pacar cantik)

  • Sebagai Kata Kerja Bantu (Auxiliary Verb )

I have purchased a new car ( Saya telah membeli mobil baru)

He has got an excellent score ( Dia telah memperoleh skor bagus ).

Apakah kamu melihat perbedaan pengunaan keduanya? Apakah kamu juga melihat perbedaan fungsi yang pertama dan kedua? Fungsi pertama merupakan fungsi sebagai Main Verb yang digunakan dalam kalimat Present Tense dan Simple Present. Sementara fungsi yang kedua sebagai Auxiliary Verb yang memiliki arti Telah / Sudah biasanya dipakai dalam kalimat Present Perfect Tense yang menyatakan bahwa kegiatan sudah dilakukan.

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Pengertian dan Tujuan Short Functional Text beserta Contohnya.

Pemilihan Subyek untuk Penggunaan Have dan Has

Pengen Konsutasi PR ?

Setelah kamu mengerti artinya dalam suatu kalimat, saatnya kamu untuk memakainya dalam kalimat bahasa Inggris. Inilah hal paling krusial untuk melihat pemahaman kalian tentang kedua kata tersebut. Kalian harus memilih Subyek yang tepat dan pas untuk membuat kalimat bahasa Inggris. Kamu harus memilih Subyek yang cocok untuk dipasangkan dengan kedua kata tersebut. Tadi sudah sedikit dibahas mengenai subyek untuk kedua kata tersebut. Subyek bisa merupakan benda mati dan benda hidup. Jumlahnya juga bisa satu ataupun lebih. Subyek yang merupakan benda mati atau hidup dengan jumlah satu maka memakai kata has. Sedangkan Subyek benda mati atau hidup yang jumlahnya lebih dari satu dan Subyek I memakai have,

Have = untuk plural Subyek misalnya I, my friends, You, We, They, etc

Has     = untuk singular Subyek misalnya my friend, the cat, Ibnu, Ida, She, He, etc

Pengunaan Have dan Has Sebagai Kata Kerja Utama dan Kata Kerja Bantu

Penggunaan have dan has sebagai kata kerja utama sebenarnya sudah dibahas dalam ulasan diatas. Sebagai kata kerja utama, maka have dan has harus berbentuk kata kerja pertama, kedua, dan ketiga Verb 1 Verb 2, dan Verb 3. Have/ has, Had, dan Had. Penggunaan Verb 1, Verb 2, dan Verb 3 tergantung dengan jenis tense yang digunakan. Sedangkan penggunaan have dan has sebagai kata kerja bantu bisa dilihat dari kalimat Present Perfect Tense. Jadi, kata have hanya digunakan untuk membantu kata kerja lainnya yang berarti sudah.

Bagaimana? sudah jelas kan guys mengenai perbedaan penggunaan have dan has dibeberapa kondisi yang disampaikan di atas?. Jika kamu mengalami kesulitan atau ada yang masih kurang jelas bisa langsung sampaikan pada kolom komentar di bawah ini ya. Semangat terus belajarnya guys !!!

Kampung Inggris Search :

    penggunaan has dan have, penggunaan have
4.3 4 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
16 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Firman Fadhila
Firman Fadhila
September 19, 2021 10:51 PM

Mohon ijin mau nanya leboh jelas nya apakah have has dan had letaknya bisa di belakang subjek? Dan arti nya… Read more »

Shinta
Shinta
November 10, 2020 7:26 AM

Selamat pagi, saya ingin bertanya apakah perbedaan he have dan he has? Karna penjelasan diatas kalau he selalu dipasangkan dengan… Read more »

seylla
seylla
November 8, 2020 6:49 PM

Sebagai kata kerja utama, maka have dan has harus berbentuk kata kerja pertama, kedua, dan ketiga Verb 1 Verb 2,… Read more »

Dita
Dita
Juni 5, 2020 12:04 AM

Kalau, Rizal and Ratih has not eaten since daylight, itu bener ngga?

ani
ani
Februari 23, 2020 3:00 PM

domba mempunyai 4 kaki.
ini pakai have atau has.?

Kristin
Kristin
Desember 20, 2019 12:03 PM

Gimana dengn penggunaan has di ikuti dgn simple pasti tense?

Putri
Putri
Mei 17, 2019 11:17 PM

Alhamdulillah sangat membantu, sekarang jadi semakin paham.

Kartika indah
Kartika indah
Desember 1, 2018 8:54 PM

Baru deh saya jelas banget dengan perbedaan has dan have. Terimakasih..