fbpx
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Pengertian dan Penggunaan Linking Word dalam Bahasa Inggris

2 min read

linking-word-dan-penggunaannya

Pengertian Linking WordBelajar bahasa Inggris berarti kalian harus mampu memiliki banyak kosa kata bahasa Inggris, termasuk juga linking word, sehingga kalian akan lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tersebut. Kosa kata dalam bahasa Inggris pastinya sangat banyak. Memperkaya kosa kata dapat dilakukan dengan beragam cara. Membiasakan diri berbicara bahasa Inggris serta sering membaca atau mendengar percakapan atau teks dalam bahasa Inggris. Tentu saja kamu pasti ingin mengenal lebih dalam mengenai pengertian lingking word serta penggunaannya dalam sebuah kalimat. Linking word memiliki peranan cukup besar dalam bahasa Inggris, salah satunya saat kamu berkomunikasi. Baik itu komunikasi lisan ataupun tulisan. Oleh karena itu, dalam post ini kita akan membahas mengenai apa itu linking word dan pengaplikasian atau penggunaannya dalam kalimat-kalimat sehari-hari kita. Jadi, dengan mempelajari lebih banyak tentang materi ini, kalian dapat memperkaya kosa kata kalian lebih dalam lagi dan pastinya aka nada lebih banyak kata lagi yang dapat kalian gunakan saat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

linking-word-dan-penggunaannya

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian

Jika kalian belum pernah mendengar istilah linking word, pasti kalian akan bertanya mengenai apa itu istilah ini. Hal pertama yang akan dibahas di sini tentu saja mengenai pengertian lingking word itu sendiri. ‘Linking’ sendiri memiliki arti menghubungkan, sedangkan ‘word’ tentu saja berarti kata, sehingga ‘linking word’ adalah kata-kata yang berfungsi sebagai penghubung antara suatu ide dengan  beberapa ide lainnya dalam suatu kalimat. Dalam bahasa Indonesia kitapun mengenal kata penghubung, bukan? Misalnya saja kata penghubung dan, serta, kemudian, namun, dan sebagainya. Linking word memiliki pengertian yang serupa. Jadi, pastinya kalian tidak lagi merasa kesulitan dalam memahami apa itu linking word dan apa yang fungsinya, karena di bahasa asli kita pun ada kata penghubung yang pastinya sudah sangat sering dipakai di dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Cara Menggunakan Kata Both Dalam Kalimat Bahasa Inggris.

Bagaimana Penggunaan Linking Word?

Penggunaan linking word sangatlah variatif karena anda dapat memberikan banyak sekali fungsi, salah satunya ialah sebagai ‘addition’ atau untuk menambahkan beberapa infomasi, misalnya saja dengan menggunakan linking words not only – but also, besides, furthermore, moreover, again, as well as, and, in addition, dan sebagainya. Salah satu contohnya ialah “She tells the interesting story and the kids love to listen to her.”

1. Cause and Effect

Selain sebagai addition, linking words juga dapat digunakan untuk menyatakan cause and effect atau sebab – akibat. Beberapa contoh linking verb yang bisa digunakan antara lain since, for, due to, because of, owing to, because, therefore, dan sebagainya. Salah satu contoh kalimat yang menggunakan linking word untuk sebab-akibat adalah “Due to lots of duties, I cannot accompany you watching movies tonight”.

2. Purpose

Linking words juga dapat dipakai untuk menyatakan purpose atau suatu tujuan. Beberapa contoh linking words yang dapat digunakan antara lain: in order not to, in order to, so as to, dan sebagainya. Salah satu contoh kalimatnya ialah: “She works really hard in order to pay her school fee”.

3. Contrast

Linking words juga dapat dipakai untuk menyatakan contrast atau menyatakan sesuatu yang berlawanan. Beberapa contoh linking word yang dapat dipakai antara lain: in spite of, but, even though, nevertheless, on the other hand, on contrary, whereas, conversely, dan sebagainya. Salah satu contoh kalimatnya adalah “my kids love sweet meals but not for the pumpkin pie”.

Ada banyak lagi penggunaan linking words yang dapat dimanfaatkan. Ada baiknya kamu memperkaya wawasan mu dan memperbanyak kosakata untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tentunya sekarang kalian sudah paham tentang pengertian lingking word, bukan?. Terus semangat belajar ya guys !!!!

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments