fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pengertian dan Penggunaan Compound Nouns 4.4/5 (5)

pengertian compound noun

Mungkin kalian sebenarnya sudah pernah menggunakan compound noun, hanya saja kalian mungkin tidak menyadari keberadaannya. Pada dasarnya, compound noun juga sering dipakai dalam percakapan Bahasa Inggris dan ini bukanlah hal baru, sehingga cukup penting untuk kalian pelajari. Beberapa bentuk compound noun juga hampir mirip dengan noun phrase jika dilihat dari strukturnya, tapi mempunyai maksud yang sangat berbeda. Hal ini penting kalian pahami untuk mengerti dimana letak perbedaannya. Dalam ulasan kali ini, kalian akan belajar pengertian compound nouns dan bagaimana cara membedakannya. Tapi akan lebih baik jika diulas satu persatu terlebih dahulu, mulai dari pengertiannya.

compound-nouns

Pengertian Compound Nouns dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya yang dimaksud dengan compound noun sendiri merupakan suatu kata benda (noun) yang terdiri dari dua atau lebih kosakata. Kalian harus tahu bahwa dua atau lebih kata dalam compound noun adalah kombinasi yang berbentuk, kata benda (noun) + kata benda (noun), atau bisa juga kata benda (noun) + part of speech lainnya. Kalian harus tahu bahwa hasil dari kombinasi tersebut bisa menciptakan makna/ arti yang benar-benar baru, walaupun beberapa kata masih berhubungan erat dengan kata benda (noun) asalnya.

Beberapa contoh compound nouns:

–               Newspaper

–               Waterfall

–               On time

–               In time

–               Check-in

–               Hardware

–               Software

Nah, beberapa contoh diatas memang hanya sebagian keciak. Tentu saja masih banyak contoh compound nouns lainnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika kombinasinya bisa kata benda (noun) + kata benda (noun), atau kata benda (noun)+ lainnya. Dalam hal penulisan bisa disambung, dipisah atau bisa menggunakan tanda baca (-). Bagaimana, kalian sudah tidak asing dengan compound nouns bukan?

Penulisan Compound Noun dalam Bahasa Inggris:

Oped                : kombinasi compound noun yang dipisah ke dalam dua kata. Selain dikenal dengan oped, tipe penulisan ini juga bisa disebut dengan istilah spaced (menggunakan spasi), contoh: swimming pool, human right, dan masih banyak lainnya.

Solid                : kombinasi yang dibuat menjadi satu kata. Selain dikenal sebagai solid, tipe penulisan ini juga dikenal dengan sebutan closed, contoh: bedroom, sunrise, sunset, newspaper

Hyphenated      : compound noun yang penulisannya dipisahkan menggunakan tanda baca berupa (-) contoh: mother-in-law, baby-sitter, check-in, dan masih banyak lainnya.

Kombinasi dalam compound nouns

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya bahwa compound tidak hanya bisa dikombinasikan dengan kata benda (noun) + kata benda (noun) saja, namun juga bisa dikombinasikan antara kata benda (noun) + part of speech lainnya. Berikut ini beberapa contoh kombinasi dalam compound noun:

Kombinasi Compound Noun
Contoh kata
Kata benda (n) + kata benda (n)
Bus stop, football, fire-fly
Kata benda (n) + kata kerja (v)
Milkshake, haircut, rainfall
Kata benda (n) + kata sifat (adj)
Snow white, truckful
kata kerja (v) + Kata benda (n)
Washing machine, breakfast
Kata benda (n) + Prepositional Phrase
Hanger on, daughter-in-law
kata sifat (adj) + Kata benda (n)
Whiteboard, full moon
Preposition + Kata benda (n)
In house, offline

(Baca juga materi lainnya: Apa itu Phonetic Symbols?)

Perbedaan Compound Nouns dengan Noun Phrase

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa struktur compound noun hampir mirip dengan noun phrase. Agar lebih mudah melihat perbedaannya anda bisa  membaca sedikit ulasan di bawah ini. Setelah anda membacapengertian compound nouns, sekarang kalian bisa mengerti perbedaannya agar kalian tidak menemukan kesalahan di kemudian hari. Pertama-tama, kalian akan dijelaskan terlebih dahulu mengapa compound noun dan noun phrase sulit untuk dibedakan. Kalian bisa melihat contoh compound noun di atas bahwa salah satu contohnya berupa kata sifat (adj) + kata benda (n), dan seperti yang kalian tahu bahwa untuk membuat sebuah noun phrase juga  menggunakan pola kata sifat (adj) + kata benda (n). Jadi pola tersebut bisa menjadi compound noun dan noun phrase juga.

Jika kalian penasaran apa perbedaannya, maka jawabannya sederhana, terletak pada penekanan pada ucapan tersebut. Jika compound noun hanya kata pertama (adjective) yang menggunakan penekanan tinggi maka pada noun phrase, keduanya diucapkan dengan penekanan yang sama.

Dari penjelasan di atas sekarang kalian sudah memahami tentang compound noun kan guys. Semoga bermanfaat dan terus semangat dalam belajar ya !!!

Kampung Inggris Search :

    contoh compound noun, compound noun, compound noun contoh, memahami noun yg letaknya terbalik dari bahasa Indonesia, belajar noun compound, pengertian Compound noun dalam bahasa indonesia, Pengertian compound noun menurut McCarthy, penjelasan noun adjective pada kata snow white, penjelasan tentang compound noun, perbedaan compound dan phrase, kenapa penting mempelajri compound dalam morfologi, kata kata compound noun, coumpound noun inggris, coumpound noun breed inggris, contoh penggunakan compound nound, contoh kata compound nouns, contoh dan struktur dari compound verb, compound noun penjelasan, tebak gambar compound noun

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

  • Rasyid

    Min, saya ingin brtanya. “i only didn’t one mistake in last night’s test”
    Mngapa di kata night itu ada huruf S ?

    • Language Center

      Hai kak Rasyid! Apa bener kalimatnya berbentuk seperti itu kak?
      Kalau menurut admin yang bener sih, “I only did one mistake in last night’s test”.
      Di dalam kalimat di atas, “last night’s test” adalah noun phrase kak.
      Last night adalah modifier dari test, menunjukkan kalau tes tersebut terjadi kemarin malam.
      Keterangan lengkapnya coba kakak baca di artikel ini: https://www.kampunginggris.id/noun-phrase/
      Semoga membantu 😀

 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

 

 

 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini