fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Pembahasan Lengkap Tentang Future Perfect Tense 2/5 (1)

Banyak orang yang mengatakan bahwa Bahasa Inggris itu sulit. Banyak yang harus dipelajari salah satunya adalah future perfect tense. Future Perfect Tense merupakan salah satu aturan dalam tata bahasa bahasa Inggris yang lumayan sering digunakan saat melakukan percakapan atau membuat kalimat.

Sebenarnya sebelum Anda memulai untuk belajar Bahasa Inggris dan menjadikannya sebagai bahasa kedua Anda, Anda harus benar-benar memiliki niat dan minat yang besar agar Anda bisa belajar dengan cepat dan menghafal dengan lancar. Anda bisa mulai membuat kalimat yang sering digunakan sehari-hari.

Kursus Bahasa Inggris

Future perfect tense

Alternatif lain, bisa juga dengan bergabung bersama orang-orang yang memang sudah lihai dalam Bahasa Inggris. Hal itu akan membuat anda terbiasa melakukan percakapan dengan Bahasa Inggris. Namun di sisi lain, Anda juga harus menghafal kosakata sesuai dengan topik yang hendak dibicarakan dalam forum. Jumlahnya bisa menyesuaikan dengan kedalaman topik pembicaraan.

Bisa juga dengan melatih kebiasaan Anda menghafal lirik lagu Bahasa Inggris atau menonton film Hollywood tanpa menggunakan translate. Jadi nantinya Anda akan lebih mudah dalam mempelajari grammar atau aturan tata bahasa Bahasa Inggris, dan Andapun juga akan mahir dalam hal listening.

Pengertian Future Perfect Tense

Future perfect tense merupakan salah satu tenses yang berbicara tentang masa depan atau future. Sedangkan perfect dalam grammar biasanya dikaitkan dengan  has / have.

Future Perfect Tense merupakan tipe tenses yang unik. Mengapa terbilang unik? future perfect tense sebenarnya menggambarkan suatu peristiwa di masa akan datang namun peristiwa tersebut sudah selesai dilakukan. Atau bahasa lainnya adalah sebuah bentuk kata kerja yang khusus digunakan untuk mengungkapkan suatu aktivitas yang akan selesai pada waktu di masa depan.

Seperti kelompok tense yang lain, future perfect tense juga memiliki rumusan yang sama. Ada beberapa rumus yang lazim untuk digunakan dan perlu Anda ingat pada tense bentuk ini. Seperti biasanya akan terdiri dari kalimat positif kalimat negatif dan juga introgatif atau kalimat tanya.

Rumus yang Digunakan untuk Kalimat Positif

Untuk membuat kalimat positif pada tense ini Anda perlu menghafal rumus yang terdiri dari

Pengen Konsutasi PR ?

“subjek + auxiliary verb will (will have) + verb 3 “

Untuk penerapannya sendiri agar Anda lebih memahami rumus tersebut kami akan memberikan beberapa contoh kalimat untuk Anda.

“Ara will have arrived at home by 19:00” yang artinya Ara akan sudah tiba di rumah pada pukul 7 malam. Ini adalah contoh kalimat positif yang bisa Anda gunakan. Anda dapat melihat component will have yang terlihat menyambung dengan komponen verb 3 yaitu yang berasal dari verb 1 yaitu arrive.

Contoh penerapan future perfect tense dalam kalimat positif lainnya adalah “They will have come tomorrow afternoon” yang artinya mereka akan telah datang pada besok sore. Terlihat dari komponen will have dan juga verb 3 yaitu come yang berasal dari verb 1 yang  sama yaitu come.

Kata Kerja Verb 3

Perlu Anda ingat bahwa pada daftar kata kerja dalam Bahasa Inggris mulai dari verb 1, verb 2, verb 3 dan bentuk ing, ada pula yang memiliki kata kerja yang sama tanpa perubahan atau hanya ditambahkan ed di belakang kata kerja. Contohnya saja bab 1 call, verb 2 called dan verb 3 juga called.

Contoh lain kata kerja bentuk 3 yang tanpa ada perubahan sedikit pun adalah bust, cast, hurt dan kata kerja bentuk 3 yang hanya ditambahkan -ed yaitu seperti ‘dress’ menjadi ‘dressed’, ‘knock’ menjadi ‘knocked’. Ada juga kata kerja yang berubah mulai dari kata kerja bentuk 1 hingga 2 dan 3.

Contohnya seperti ‘do’, ‘did’ dan verb 3 menjadi ‘done’. Sehingga Anda harus benar-benar menghafal apa saja bentuk kata kerja mulai dari verb 1 menjadi verb 2 dan verb 3. Tentu saja untuk melatih Anda agar lebih cepat dalam belajar grammar Bahasa Inggris.

Rumus yang Digunakan untuk Kalimat Negatif

Untuk menggunakan kalimat negatif pada future perfect tense gunakan rumus berikut

“subject + will not have + verb 3”

Jika pada kalimat positif setelah subjek terletak will have saja maka pada kalimat negatif mendapatkan sisipan not yaitu will not have atau won’t have.

Contoh penerapannya pada kalimat negatif adalah “they will not have come tomorrow afternoon” yang artinya mereka belum akan datang besok sore. Sama dengan kalimat positif hanya saja simplenya, pada kalimat negatif Anda perlu menambahkan kata tidak sehingga perlu ditambahkan dengan not.

Contoh lainnya lagi seperti “we will not have eaten” yang artinya kita tidak akan sudah makan. Pada contoh kalimat yang satu ini sangat jelas sekali penempatan not dan juga bentuk verb 3 yaitu kitten dengan kata kerja 1 yaitu eat.

Rumus yang Digunakan untuk Kalimat Introgatif

Rumus untuk kalimat introgatif atau kalimat tanya pada future perfect tense sebagai berikut

“will + subject + have + verb 3”

Jadi penempatan kata will ada di kalimat depan. Sebenarnya cukup simple sehingga Anda tinggal mengganti will have yang berada di tengah kalimat menjadi will di depan dan HF tetap di tengah kalimat.

Contoh penerapan rumus introgatif pada sebuah kalimat adalah “will you have arrived?” yang artinya akankah kamu telah datang. Atau contoh lain “Will they have received it?” yang artinya akankah mereka telah menerimanya? Ingat bahwa verb yang digunakan tetap kata kerja bentuk ketiga.

Dari kedua contoh diatas seperti arrived merupakan kata kerja bentuk ketiga dari kata kerja bentuk pertama yaitu arrive dan received yang merupakan bentuk kata kerja ketiga dari kata kerja pertama receive. Mudah diingat dan juga diterapkan bukan? Anda hanya tinggal menghafal kata kerja bentuk pertama menjadi kata kerja bentuk ketiga.

Tips Cepat Memahami Grammar

Bagaimana apakah Anda mulai mengerti dan memahami tentang future perfect tense? memang tantangan terbesar yang perlu dihadapi untuk orang-orang yang sedang belajar Bahasa Inggris adalah tentang aturan tata bahasanya atau biasa yang disebut grammar.

Bahkan dalam Bahasa Inggris memiliki 16 bentuk kata kerja atau verb tenses yang menunjukkan banyak peristiwa. Mulai dari peristiwa di masa sekarang masa lampau bahkan masa yang akan datang. Penggunaan tenses tersebut harus disesuaikan dengan konteks peristiwa. Tidak lupa juga untuk terus berlatih menggunakan kata kerja bentuk 1, 2 dan 3, karena bentuk kata kerja tersebut sering digunakan dalam sebuah kalimat. Anda perlu memiliki tabel atau catatan kecil mengenai perubahan kata kerja tersebut untuk memudahkan menghafalnya.

Itu tadi beberapa hal yang musti anda ketahui tentang future perfect tense. Jangan lupa untuk terus mengaplikasikaannya dalam pembelajaran, agar semakin menguasainya.

Baca Juga: Langkah-Langkah Menguasai Grammar

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
listya
listya
Juni 30, 2021 3:00 PM

Why there is kitten, probably what you mean is “eaten”.

 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?