fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Memahami Modals Verb dan Penerapannya dalam Kalimat Bahasa Inggris 5/5 (1)

Selama belajar Bahasa Inggris, pasti Anda pernah mendengar istilah Modals Verb bukan? Istilah satu ini merupakan salah satu materi pembelajaran yang sering diulang ulang dari bangku SD hingga bangku kuliah. Sebenarnya apa pengertian dari materi satu ini? Seberapa penting pemahaman mengenai hal ini dalam kalimat Bahasa Inggris?

Pertanyaan seperti ini tentunya terus berputar di kepala Anda. Apalagi jika Anda belum memahaminya secara sempurna. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai modals verb ini. Tentunya Anda akan jauh lebih paham setelah memahami apa yang kami paparkan di dalam artikel ini.

Kursus Bahasa Inggris

modals verb

Tapi sebagaimana mempelajari sebuah ilmu, tentu saja teori merupakan landasan utama. Bagaimana mungkin Anda bisa melakukan praktik jika teorinya Anda tidak memahami. Karenanya, sangat baik jika Anda memahami apa itu Modals. Bagi Anda yang pernah mempelajari Auxiliary Verb, Anda akan jauh lebih mudah dalam memahami materi satu ini.

Pasalnya semua modals verb ini merupakan auxiliary. Tapi tidak semua aux merupakan modals. Mereka berposisi sebagai kata kerja bantu yang menyempurnakan bentuk grammar di dalam Bahasa Inggris. Jenis kata kerja bantu satu ini sangat penting untuk dikuasai karena jika Anda salah dalam melakukan penempatan, akan ada perbedaan arti yang sangat besar di dalamnya.

Langsung saja kami lanjut pada pembahasan berikutnya, yakni memahami pengertian dari modals verb itu sendiri dan berbagai aspek penting lain di dalamnya. Apa saja? Simak paparan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Modals Verb dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Perlu diketahui, modals ini merupakan salah satu jenis verb yang ada dalam tatanan Bahasa Inggris. Tentu saja wajib bagi Anda untuk memahaminya dengan baik. Terutama jika Anda memang sering berkomunikasi dalam bahasa internasional satu ini. Baik di kehidupan sehari hari maupun di pekerjaan, penerapan verb satu ini secara benar sangatlah penting.

Modals ini terbilang berbeda jika dibandingkan dengan jenis verb yang lainnya. Pada dasarnya, modals digunakan untuk mengemukakan atau bertanya tentang kesanggupan, kemungkinan, keharusan, keperluan  dan boleh atau tidaknya sesuatu dilakukan.

Ada beberapa golongan auxiliary yang masuk ke dalam Modals verb ini. Yang pertama adalah can/could/able to yang menyatakan kesanggupan. Kemudian may/might yang berfungsi untuk menyatakan boleh tidaknya suatu hal untuk dilakukan, shall/will/would yang mengatakan keharusan atau rencana, serta must/had to yang menyatakan keharusan sebuah hal untuk dilakukan.

Pengen Konsutasi PR ?

Setiap jenis modals yang kami paparkan di atas tentunya memiliki fungsi masing-masing. Tugas Anda hanya menempatkan kata-kata tersebut sesuai dengan fungsinya. Selain itu, modals ini juga bisa memiliki bentuk negatif sebagaimana kalimat Bahasa Inggris pada umumnya. Tentu saja semua materi tersebut akan kita pelajari pada kesempatan kali ini.

Penerapan Modals Verb dalam Kalimat dan Fungsinya

Seperti sudah kita bahas pada kesempatan sebelumnya, memahami penerapan modals di dalam kalimat sangatlah penting. Pasalnya jika Anda salah menempatkan maka akan berbeda juga pengertian dari kalimat tersebut. Karenanya kami akan memberikan contoh penerapan modals ini di dalam kalimat sempurna.

Anda harus tahu bagaimana penempatan masing-masing modals ini sesuai dengan fungsinya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh kalimat dengan penggunaan modals seperti di bawah ini:

1. Penggunaan can/could/able to.

Can/could/able to memiliki arti kesanggupan. Misalkan kalimat di bawah ini :

He is able to catch the robber (Dia sanggup menangkap perampoknya)

Able to harus diawali dengan to be yang disesuaikan dengan subjeknya. Kemudian dia diikuti oleh kata kerja pertama atau verb 1 yakni catch.

He can drive the car (Dia bisa mengemudikan mobil).

They could stay at home yesterday (Mereka bisa tinggal di rumah kemarin).

Can dan could memiliki arti ‘bisa’. Can adalah bentuk present (saat ini) sedangkan could adalah bentuk lampau dari can dengan arti yang sama, yaitu ‘bisa’. Kedua jenis modals verb ini tidak perlu disematkan to be sebelumnya dan diikuti oleh verb 1.

2. Penggunaan may/might.

Our scores might escalate over the next 6 months (Nilai-nilai kita mungkin akan naik dalam 6 bulan ke depan).

Might yang berarti ‘mungkin’ atau ‘akan’ merupakan salah satu modals yang mengungkapkan kemungkinan terjadinya suatu hal. Might ini juga merupakan bentuk lampau dari May yang memiliki arti sama. Tapi may ini juga sering diartikan sebagai boleh. Misalnya seperti di bawah ini:

May I borrow your pen? (Bolehkah saya meminjam pena Anda?)

Penggunaan may atau might ini tidak perlu diawali to be dan hanya bisa diikuti oleh Verb 1.

3. Penggunaan Shall/Will/Would.

Shall we repair this car later? (Dapatkah kita memperbaiki mobil ini lain kali?)

Pada kalimat tersebut di atas, we merupakan subjek utama. Sedangkan shall merupakan modals. Tapi karena berupa kalimat tanya, maka shall ditempatkan di awal kalimat. Penggunaan kata shall ini merupakan sebuah tata krama dalam Bahasa Inggris.

Sama seperti shall, will atau would juga bisa digunakan sebagai bentuk modals. Will memiliki arti ‘akan’ sedangkan would memiliki arti ‘sudikah’. Would juga menjadi bentuk lampau atau past dari will.

4. Penggunaan must atau had to dalam kalimat.

You must submit the job by Saturday (Engkau harus kumpulkan tugas pada hari Sabtu).

Kata must ini mewakili keharusan. Must merupakan salah satu bentuk modals verb yang tidak perlu diawali to be dan harus diikuti oleh verb 1.

Rumus Penerapan Modals dalam Kalimat

Perlu diketahui, modals ini memiliki beberapa bentuk kalimat. Tentunya kalimat yang dibentuk harus disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti diketahui, ada tiga bentuk kalimat utama dalam Bahasa Inggris yakni positive, negative, dan interogative. Inilah penerapan modals dalam ketiga bentuk kalimat tersebut.

  1. Bentuk Positif

S + Modals + Verb 1 + …

They will go to the party (Mereka akan pergi ke pesta).

  1. Bentuk Negatif

S + Modals + Not + Verb 1 + …

They will not go to the party (Mereka tidak akan pergi ke pesta).

  1. Bentuk Interogatif

Modals + S + Verb 1 + …

Will they go to the party? (Akankah mereka pergi ke pesta?).

Rumusan kalimat di atas harus Anda terapkan dalam membentuk kalimat dengan modals. Tujuannya agar kalimat yang Anda buat memiliki arti yang sesuai dengan maksud Anda. Dalam Bahasa Inggris, seringkali salah arti jika ada salah dalam penempatan dan penulisan.

Mengapa Penting Untuk Memahami Modals Verb?

Pemahaman mengenai modals ini sangat penting bagi Anda yang terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. Entah itu untuk percakapan sehari-hari, ataupun untuk mengurus berbagai kepentingan dokumen, penempatan modals yang tepat dan sesuai tatanan bahasa sangatlah diperlukan.

Selain itu materi pembahasan modals ini juga diujikan dalam TOEFL dan berbagai tes Bahasa Inggris lainnya. Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk mendalami modals, auxiliary dan berbagai fungsi kata Bahasa Inggris lainnya jika ingin mengikuti tes kompetensi seperti ini.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Agar Anda bisa memahami modals dengan cepat, Anda bisa mengikuti berbagai kursus pelatihan Bahasa Inggris, atau dengan berlatih secara konsisten dengan berbagai media saat ini. Akan lebih baik jika Anda memiliki mentor khusus untuk memahami berbagai materi pembelajaran Bahasa Inggris termasuk modals verb ini.

Baca juga. Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 1

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?