Search

Language Features of News Item Text: Pengertian dan Macamnya

Language features of news item text adalah bahasa yang digunakan di salah satu bentuk berita maupun news. Hampir semua news item mempunyai gaya bahasa yang sama.

News item text adalah bentuk dari berita atau news. Nah, agar kamu lebih paham mengenai language features of news item teks simak pengertian dan macam-macamnya di bawah ini. 

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian Language Features of News Item Text

Language features of news item text adalah macam-macam gaya tulisan atau bahasa di berita atau news. Di setiap language feature, baik di artikel atau berita pastinya merupakan salah satu daya tarik yang harus diperhatikan. Sejumlah gaya tulisan yang dibutuhkan supaya setiap tulisan mempunyai kekayaan maupun kedalaman bahasanya.

Contoh di suatu berita, gaya bahasa yang digunakan harus menarik minat pembaca maupun pendengar memperhatikan isi pada berita yang disampaikan secara menyeluruh. Terlebih lagi berita umumnya membicarakan kejadian penting yang sedang maupun baru saja berlangsung. Nah, agar kamu lebih paham mengenai language features of news item teks harus perhatikan macam-macamnya di bawah ini.

Macam-macam Language Features of News Item Text

Beberapa macam language features of news item text adalah:

1. Memakai Simple Past Tense atau Simple Present Tense

Teks berita biasanya bertujuan untuk menyajikan informasi bagi pembaca tentang kejadian penting yang sedang atau baru saja berlangsung. Itulah sebabnya penggunaan kalimatnya memakai simple past tense.

Banyak juga penulis yang memakai simple present tense saat menulis news item text sehingga memberikan kesan kejadian yang terjadi tersebut masih berlangsung saat pembaca mendapatkan informasinya.

Pembaca akan langsung klik dan membaca berita yang disajikan tersebut. Simple present tense juga kerap dipakai untuk kejadian yang masih berlangsung saat ini. Penulis juga terkadang memakai simple present tense pada pembuatan judul atau headline untuk memberikan kesan informasi tersebut baru dan sifatnya urgent.

2. Memakai Action Verb

Action adverb adalah kata kerja untuk mendeskripsikan suatu aktivitas yang dilakukan oleh manusia, objek, hewan tetapi tidak mendeskripsikan kondisi maupun keadaannya. Action verbs juga disebut dengan dynamic verb.

Pengen Konsutasi PR ?

Contoh kalimatnya:

Maria plays the guitar ( Maria memainkan gitar).

Pada contoh tersebut, kata kerja play ini menunjukkan suatu aktivitas yang dilakukan Maria. Maria bermain gitar sebab play ini termasuk dalam contoh action verb.

Contoh kalimat lainnya adalah:

On Monday, Lyly was taken to Jakarta for treatment. Sisca said no diseases were detected but she died on Tuesday.  (Pada hari senin, Lyly dibawa ke Jakarta untuk berobat. Sisca mengatakan tidak menemukan penyakit yang terdeteksi namun ia meninggal di hari Selasa.)

Di contoh kalimat tersebut, taken artinya dibawa, sedangkan treatment berobat. 

3. Memakai Reporting Verb

Reporting verb adalah kata yang dipakai untuk melaporkan atau membicarakan pernyataan dari orang lain. Ada banyak jenis reporting adverb yang dapat kamu gunakan, namun itu semua mempunyai arti yang berbeda. 

Daftar contoh reporting verb adalah:

  • Tell 
  • Say
  • Ask 
  • Inquire 
  • Suggest 
  • Critique 
  • Support, dan sebagainya

Di news item text, biasanya reporting verb ini ditulis dengan bentuk past tense. Contohnya say jadi said, tell jadi told dan sebagainya. Reporting verb juga dikenal dengan saying verb

Di bahasa Indonesia pasti kamu sering kali menemukan reporting verb, seperti, mengatakan, dikatakan, diberitakan, diceritakan dan sebagainya. 

Contoh language features of news item text menggunakan reporting verb pada berita adalah:

Japanese defense forces will participate for the first time in military exercise in Indonesia next month alongside the United States and Australia, Japanese Prime Minister Furio Kishida said on Wednesday after talks with Indonesian President Joko Widodo. 

Di cuplikan berita tersebut terdapat kata said yang merupakan bentuk past tense yang berguna untuk melaporkan atau membicarakan pertanyaan dari orang lain.

4. Memakai Adverb

Adverb adalah kata yang mendeskripsikan kata kerja, kata sifat atau adverb yang lainnya. Adverb akan membuat kalimatmu jadi lebih detail. Adverb yang umum digunakan adalah place, time dan manner.

Adverb of time adalah kata keterangan waktu, place adalah kata keterangan tempat, kemudian adverbs of manner adalah adverb yang berfungsi untuk menyatakan cara kegiatan yang bisa dilakukan maupun cara sebuah peristiwa tersebut terjadi.

Contoh penggunaan adverb bisa dilihat di cuplikan berita berikut ini:

The number is rising quickly and the number of does of the vaccine to prevent the effect of the virus is running down. (Jumlah kasus terus meningkat secara cepat namun dosis vaksin yang ada untuk pencegahan efek samping tersebut terus menipis)

Nah, jadi itulah penjelasan lengkap mengenai language features of news item text yang perlu kamu pahami dengan baik.

Baca juga: 3 Contoh News item text, Pengertian dan Strukturnya

Kampung Inggris Search :

    https://www kampunginggris id/language-features-of-news-item-text-pengertian-dan-macamnya
Panduan Belajar di Kampung Inggris

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria