Notice: Undefined offset: 1 in /home/runcloud/webapps/kampunginggrisid/wp-content/plugins/stt2/searchterms-tagging2.php on line 1135

Notice: Undefined variable: success in /home/runcloud/webapps/kampunginggrisid/wp-content/plugins/stt2/searchterms-tagging2.php on line 894

Kosakata Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan, Kamu Musti Tahu!

5 min read

Kosakata Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

Kosakata Bahasa Inggris yang Jarang Digunakan

LCers, udah belajar berapa vocabulary bahasa Inggris nih, hari ini? Masih kurang banyak vocabulary-nya? Oke, admin Kampung Inggris LC bakal ngasih kamu beberapa kosakata bahasa Inggris yang keren tapi jarang banget digunakan. Udah siap ngafalin kosakata bahasa Inggris baru lagi?

Kursus Bahasa Inggris

Aurora

LCers, pernah dengar kata “aurora”, nggak? Kalau kamu suka baca dongeng, kamu pasti tahu kalau nama Aurora sering dipakai di fairytale Barat.  Tapi tahu nggak apa sih arti bahasa Indonesia-nya dari “aurora”?

Dalam bahasa Inggris, aurora menjadi sinonim dari “the dawn” yang artinya “fajar”. Lebih tepatnya, warna hijau yang muncul di ufuk pas mendekati fajar itulah yang dinamakan aurora. Tapi dalam conversation sehari-hari, aurora digeneralisasikan menjadi fajar.

“Lah min, kok aurora artinya fajar, sih, bukannya itu nama cahaya yang di kutub itu?”

Iya sih, itu namanya juga aurora, tapi orang Barat juga biasa menyebut fajar dengan “aurora”. Alasannya karena sama-sama memiliki garis cahaya hijau yang indah.

Comely

Pernah dengar kata “comely” sebelumnya? Oke, kalo kamu belum tahu, comely bukan adverb yah, artinya bukan “datang”. Comely adalah sebuah adjective yang artinya “cantik, menarik, dan mempesona”.

Pernah tahu Emma Watson? She’s definitely the comeliest girl I’ve ever seen in life. Kata comely bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan cewek yang bukan cuma cantik, tapi juga memikat hatimu eaaa…

Effervescent

Effervescent sebenarnya sinonim dari kata “bubbly” yang artinya berbusa. Tapi menurut LCers, bagusan mana nih, pake bubbly atau effervescent aja nih?! Kalau admin sih lebih suka pakai effervescent.

Pengen Konsutasi PR ?

Tapi…ada tapinya nih, effervescent kegunaannya jauh lebih tidak umum dibandingkan dengan bubbly. Effervescent lebih sering digunakan untuk menjelaskan kondisi alam, misalnya the effervescent water, the effervescent morning, dan semacamnya.

Serendipity

Kata serendipity pastinya udah sering nih kamu dengar, entah itu sebagai judul lagu atau nama film. Tapi udah tahu belum apa artinya serendipity? Serendipity adalah istilah yang bisa kamu gunakan untuk menyebut keberuntungan yang datang tiba-tiba dan tanpa diprediksi sebelumnya.

Contoh serendipity misalnya begini: nggak ada tanda apa-apa, kode apa-apa, tiba-tiba doi datang ke rumah buat ngelamar eaaa…

Petrichor

Petrichor adalah salah satu kosakata bahasa Inggris yang jarang digunakan setelah serendipity, tapi nggak kalah kerennya!

Pernahkah kamu merasa sangat nyaman saat mencium bau hujan yang bercampur dengan tanah? By the way, dalam bahasa Inggris, bau hujan yang super menenangkan itu namanya “petrichor”. Jadi kalau kamu ingin menyebut “aroma hujan”, kamu nggak perlu repot-repot menjelaskan “smell that comes from the rain bla bla bla…”. Cukup gunakan kata “petrichor” aja!

Solitude

Setiap orang sering merasa sendirian, tapi nggak semuanya bisa merasa nyaman dengan kesendirian itu. Nah, buat kamu para introvert (dan juga jomblo) yang malah merasa nyaman dalam kesendirian, itu artinya kamu merasa solitude.

Menurut kamus bahasa Inggris, solitude berarti perasaan nyaman yang muncul saat kamu sendirian. Misalnya kamu baru saja terlibat dalam kerumunan orang banyak, kamu jadi lega banget begitu pulang dan sendirian di kamarmu. Itu artinya kamu sedang merasakan solitude.

Clinomania

Ada yang suka banget sama rebahan? Dalam bahasa Inggris, rebahan memiliki istilah khusus, not lying or likewise, tapi clinomania.

Menurut Urban Dictionary, clinomania didefinisikan sebagai “orang pemalas yang sangat suka berbaring di tempat tidur dan terobsesi dengan kasurnya sendiri”. Jadi kalo kamu suka mager di kasur dan sulit buat bangun tidur, itu artinya kamu mengidap clinomania.

Euphoria

Euphoria sebenarnya udah umum dikenal sih, tapi admin yakin kamu menganggap euphoria sebagai salah satu efek dari konsumsi drugs. Padahal kenyataannya, penggunaan euphoria nggak sesempit itu lho!

Pernah merasa sangat senang dan bahagia di suatu momen? Pernah merasa kesenangan yang tidak pernah kamu rasakan sebelumnya? Itu berarti kamu sedang merasakan euphoria. Selain itu, istilah euphoria juga bisa digunakan untuk menjelaskan sebuah pesta besar.

Sequoia

Sequoia punya arti yang sedikit mirip dengan comely nih, LCers, yaitu cantik/indah. Akan tetapi derajat cantik sequoia berbeda dengan comely, lho. Kalau comely cantiknya lebih ke menarik hati siapa pun, sequoia cantiknya memberikan kedamaian. Pernah lihat cewek yang senyumnya bikin adem banget pas ke Kampung Inggris? Nah, itu berarti kamu baru bertemu dengan “a girl who smiled like sequoia”.

Meski termasuk dalam kosakata bahasa Inggris yang jarang digunakan, kamu bisa nih menghafalkan vocab ini. Karena vocab ini cukup sering muncul di novel-novel dan tulisan sastra semacamnya.

Ethereal

Ethereal jika diterjemahkan artinya adalah “sangat cantik dan menawan sampai-sampai tidak masuk akal”. Sebenarnya sama seperti comely dan sequoia, ethereal merupakan sinonim dari beautiful. Akan tetapi “derajat kecantikan” yang dimiliki ethereal jauh lebih tinggi dan paripurna.

Dalam novel-novel Barat, biasanya kata ethereal digunakan untuk mendeskripsikan sosok yang cantiknya magis, misalnya dewa-dewi, peri, vella, dan semacamnya.

Fetching

Dari artikel tentang kosakata bahasa Inggris yang jarang digunakan ini, udah dapat berapa sinonim “beautiful”? Ada comely, sequoia, ethereal, dan selanjutnya adalah fetching. Akan tetapi, “cantik” versi fetching lebih cenderung ke “pretty” – yaitu cantik yang menarik, menyenangkan untuk dilihat.

Selain itu, fetching bukan hanya umum digunakan pada manusia dan makhluk hidup saja, tapi juga benda mati. Misalnya saat kamu melihat sebuah pita yang sangat cantik dan menarik perhatianmu, kamu bisa menyebutnya “a fetching ribbon”.

Mellifluous

Secara istilah, mellifluous memiliki arti “suara yang manis dan merdu, sangat enak untuk didengar”. Jadi daripada kamu pakai kata “you have a good voice”, mending coba ganti dengan “you have a mellifluous voice”.

Akan tetapi nggak semua jenis suara bisa dikategorikan sebagai mellifluous lho ya! Suara yang bisa disebut “mellifluous” hanyalah suara yang lembut dan melankolis, bukan suara rock 😀

Onomatopoeia

Onomatopoeia adalah istilah yang sering digunakan dalam pembelajaran linguistik, tapi bukan berarti kamu nggak bisa pakai istilah ini di daily life. Kosakata bahasa Inggris satu ini memiliki arti “sebuah kata yang diadaptasi dari suara makhluk hidup/mati.”

Misalnya saat kamu kedinginan, kamu bisa mendengar gigimu bergemeretuk, mengeluarkan suara “trk-trk-trk”. Dalam bahasa Inggris, suara tersebut diadaptasi menjadi sebuah verb, yaitu “chatter”. Contoh lainnya adalah suara dengungan lebah yang diadaptasi menjadi “buzz”.

Dalam bahasa Inggris, ada banyak sekali kosakata yang dihasilkan dari onomatopoeia!

Quintessential

Quintessential adalah kosakata yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan kata “important” dan “perfect” sekaligus. Intinya, quintessential itu jauh, jauh, lebih esensial daripada kata “essential”!

Dulu sebelum tahun 2000an, quintessential termasuk dalam kosakata bahasa inggris yang jarang digunakan, PAKE BANGET! Tapi akhir-akhir ini, kata quintessential sudah lebih umum dipakai, entah itu dalam kondisi formal atau informal.

Nemesis

Are you a Greek geek? Kalo iya, kamu pasti udah familiar banget sama yang namanya Dewi Nemesis. By the way, saking dalamnya pengaruh Yunani di Inggris, banyak nama-nama tokoh mitologi Yunani yang dijadikan vocabulary baru.

Salah satu vocabulary bahasa Inggris yang berasal dari mitologi Yunani adalah nemesis. Menurut Cambridge Dictionary, nemesis artinya lawan yang sangat sulit dikalahkan. Contoh simpelnya nemesis adalah Thanos (untuk Avengers), Voldemort (untuk Harry Potter), Kronos (untuk Percy Jackson), dan semacamnya.

Eloquence

Eloquence adalah istilah yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif “fluent” – atau dalam bahasa Indonesia-nya “fasih”. Lebih tepatnya menurut Cambridge Dictionary, eloquence berarti kemampuan seseorang memengaruhi seseorang melalui kata-kata.

Misalnya begini, kamu sudah fluent berbahasa Inggris. Akan tetapi kamu belum tentu bisa memengaruhi orang-orang Inggris dengan kemampuanmu. Kalau kemampuan bahasa Inggrismu sudah bisa memukau public, baru kamu bisa disebut “eloquence”.

Ineffable

Ineffable artinya “tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata”. Serius nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata? Yep, seriusan! Jadi daripada pake kata “indescribable” yang pronunciation-nya sulit, mending pake ineffable aja.

Meski sama-sama berarti “tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata”, pengertian ineffable berbeda ya dengan speechless. Ineffable tidak bisa digunakan untuk semua kondisi, hanya kondisi yang membahagiakan saja.

Nefarious

Nefarious adalah kosakata alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan kata “cruel” atau “wicked”. Akan tetapi biasanya kata nefarious hanya bisa digunakan untuk pihak yang berkuasa saja. Karena dilihat dari segi katanya, sebutan “nefarious” jauh lebih sopan (dan juga agung) dibandingkan dengan sekadar “cruel” dan “wicked”.

Saat kata nefarious digunakan, berarti keseluruhan bagian dari penguasa itu yang kejam. Beda halnya dengan “cruel” yang sebutan kejamnya lebih personal.

Evocative

Dalam bahasa Inggris, istilah evocative memiliki arti “sangat berkesan”. Pernahkah kamu membaca buku atau mendengar lagu yang bener-bener nancep di hati? Itu berarti buku/lagu tersebut memiliki efek yang benar-benar “evocative”.

Berbeda dengan “persuasive” yang membuatmu mau melakukan sesuatu, kesan yang ditimbulkan “evocative” adalah perasaan senang.

Epiphany

Epiphany adalah kosakata bahasa Inggris dari “ilham”. Kalau dilihat dari definisinya menurut kamus, epiphany adalah situasi ketika kamu tiba-tiba memahami sesuatu yang berarti untukmu. Misalnya kamu sedang tidak bisa berpikir apa-apa, tapi tiba-tiba muncul inspirasi di benakmu. Itu artinya kamu sedang mendapatkan sebuah “epiphany”

 

Itulah daftar kosakata bahasa Inggris yang jarang digunakan yang bisa kamu hafalin, hitung-hitung buat nambah vocabulary! Kalau kamu  ingin belajar dengan lebih baik lagi, datang dong ke Kampung Inggris LC, lembaga kursus bahasa Inggris nomor satu di Indonesia! Cepet book your seat, ya, karena kuota di LC  benar-benar cepet banget abisnya!

Kalau belum bisa ke sini, it’s okay, kamu bisa belajar melalui page ini dulu kok! Coba klik materi bahasa Inggris satu ini: Apa Itu Discourse Marker?

Kampung Inggris Search :

    kata lain dari aesthetic, kosa kata bahasa Inggris yang jarang dipakai, nama istilah keren, Serendipity artinya
5 2 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
Subscribe
Notify of
guest
7 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
farah syahid
farah syahid
September 5, 2020 11:28 AM

trimakasihhhh

Siti Sahira Albaar
Siti Sahira Albaar
Juni 14, 2020 9:42 PM

Makasih infonya:)

Pebrianbyy
Pebrianbyy
April 24, 2020 7:11 PM

Terimakasih, ini sangat bermanfaat (´∧ω∧`*)