Search

Jenis dan Contoh Surat Bahasa Inggris dan Bahasanya

Surat Bahasa Inggris – Ada banyak cara untuk bisa berkomunikasi antara orang yang satu dengan orang yang lainnya.

Salah satunya adalah dengan surat bahasa Inggris.

Kursus Bahasa Inggris

Walaupun saat ini surat sudah tidak banyak dipergunakan, namun, untuk beberapa keperluan masih dipergunakan.

Misalnya dalam suatu instansi atau di tempat yang belum terjangkau listrik.

surat bahasa inggris

Apa itu Letter?

Surat bahasa Inggris atau letter merupakan pesan tertulis yang dituliskan oleh salah satu pihak yang mengenai suatu informasi ke orang lain. Sehingga surat juga bisa dipergunakan sebagai sarana pemberitahuan, bukti historis, bukti tertulis, pedoman kerja, buah pikiran, permintaan, alat tertulis ataupun gagasan. 

Jenis Letter yang Harus Diketahui

Di zaman yang modern ini, pada dasarnya surat bahasa Inggris dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:

Surat Konvensional 

Surat bahasa Inggris ini ditulis secara manual dan untuk mengirimkannya misalnya keluar kota, perlu perangko. Surat konvensional sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dengan format ataupun ciri yang berbeda. Jenis tersebut yaitu:

Surat Pribadi

Surat bahasa Inggris ini diperlukan ke orang lain dengan bahasa santai atau tidak baku. Sehingga tidak ada peraturan yang mengikat karena untuk bagian seperti salam pembuka dan isi, tergantung dari orang tersebut. Cirinya yaitu:

  • Tidak ada kop dan nomor surat. 
  • Salam pembuka dan penutup yang lebih santai dan variatif. 
  • Penggunaan bahasa sesuai dengan penulis. 
  • Format surat bebas. Namun, format umumnya yaitu: 
    • Tempat dan waktu pembuatan surat.
    • Alamat surat. 
    • Salam dan kalimat pembuka.
    • Isi surat.
    • Kalimat dan salam penutup.
    • Tanda tangan dan nama pengirim. 

Simak contoh surat konvensional berikut supaya kedepannya Anda lebih mudah membuatnya.

                      Sector 18

Adelaide, Australia

June 13th, 2019

Dear Melisa,

I’ve received a postcard from you, Melisa. I was surprised when I received the postcard because I did not expect any gift from you. The bag you gave me is very pretty. I am very happy to accept it, but surely you have spent a lot of money to buy it right?

Siska my daughter is getting smarter every day. Today is the first day to learn addition and subtraction. I’m glad he trained quickly. And hopefully Robin is your son too.

I am very grateful for the bag you sent. Because I really want to have it when we take a walk in Berlin. While I am writing this letter, I was preparing for an exam. 

Hope you’ll always great!

Jane

 

Surat Resmi

Surat bahasa Inggris ini dibuat oleh instansi, organisasi ataupun lembaga perusahaan untuk seseorang ataupun untuk lembaga tertentu. Sehingga ciri dari surat resmi adalah:

  • Kalimatnya lebih efektif, singkat, ringkas, jelas, menarik dan sederhana. 
  • Menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan ejaan (EYD) yang baik dan benar. 
  • Memiliki kop surat, nomor, lampiran dan perihal surat. 
  • Di bagian bawah seperti di bagian tanda tangan, terdapat stempel atau cap.  
  • Format penulisannya:
    • Kop surat.
    • Tanggal, nomor, lampiran, perihal surat. 
    • Alamat surat. 
    • Salam pembuka. 
    • Paragraph pembuka.
    • Isi surat.
    • Penutup surat. 
    • Tanda tangan pengirim.
    • Tembusan dan Cap. 

Berikut contoh surat resmi, sebuah surat dari kepala sekolah kepada wali siswa.

Adelaide Government

Education Authorities

Sandalwood High School

King Louise Street Number 98

Phone / Tax: 776 667 Email: [email protected]

 

Adelaide, June 14th 2019

 

To,

Third year student parents

 

Hereby the principal of Cendana High School invites you to attend a parent meeting that will be held at

Place: school hall

Day / Date: Monday, 24th June 2019

Time: 09.00 am – 12.00 am

 

We expected presence of third year student parents. Thus we submit this letter, thank you for your attention.

 

Cendana High School Principal

              (Signature)

          Ronald Christopher

 

Surat Dinas

Surat bahasa Inggris ini dikeluarkan instansi tertentu ke seseorang yang masih dalam 1 instansi. Sehingga bisa dikatakan surat dinas adalah surat penugasan yang bisa dipertanggungjawabkan keasliannya. Ciri dari surat dinas, yaitu:

  • Memiliki kop surat berupa nama dan alamat instansi. 
  • Ada tanggal, nomor dan perihal tentang tujuan dari surat tersebut. 
  • Menggunakan bahasa baku. 
  • Dapat memiliki tembusan. 
  • Memiliki cap instansi atau divisi tertentu di bagian tanda tangan. 
  • Formatnya yaitu:
    • Kop surat.
    • Tanggal, nomor, lampiran, perihal surat. 
    • Alamat surat. 
    • Salam pembuka. 
    • Isi surat.
    • Penutup surat. 
    • Nama pengirim, tanda tangan, tembusan, inisal dan cap. 

Surat jenis ini hampir sama dengan surat sebelumnya, surat resmi. Hanya saja pada surat dinas harus ada kop yang menjurus langsung je instansi terkait. Juga harus ada tembusan dan nomor surat yang benar-benar dibuat oleh pengirim (apabila pengirimnya adalah sebuah instansi). 

Surat Elektronik 

Surat bahasa Inggris elektronik dikenal juga sebagai email. Jenis surat inilah yang paling banyak dipergunakan pada saat ini. Terdapat beberapa keuntungan jika menggunakan email, diantaranya adalah informasi menjadi lebih cepat disampaikan, hemat media seperti kertas. Dalam penulisan email, terdapat format yang harus anda perhatikan terutama ketika akan menulis surat resmi. Format tersebut yaitu:

  • Compose (receiver and subject email) : alamat dan judul email. 
  • Sender and address: nama dan alamat dari pengirim surat. Biasanya alamat tidak diperlukan namun untuk surat resmi misalnya dari instansi, alamat surat tetap diperlukan. 
  • Date atau tanggal.
  • Greeting or salutation : salam pembuka. Misalnya, dear xxx.
  • Content : isi dari email tersebut.
  • Closing : penutup. 

Contoh surat elektronik:

Hi Rina,

I sent this e-mail to attach the application’s file that you requested this afternoon. Actually I want to send it via WhatsApp only, but apparently can’t. I would like you to be more careful when looking for the install components later. Because in it there are many files and only one is used to install.

Hopefully your internet signal is good when downloading what I send. See you tomorrow!

Pada contoh surat elektronik ini tidak diberi keterangan tanggal, subjek, dan alamat serta judul email. Alasannya, contoh yang diberikan ini adalah contoh isi dari surat elektronik atau email. 

Saat mengirim pesan elektronik atau email Anda tak perlu menuliskan keterangan kapan email tersebut Anda ketik, karena ketika penerima pesan membuka email sudah tertayang secara otomatis kapan email tersebut dikirimkan. Informasi terkait alamat email penerima juga sudah ada disitu.

Jika Anda ingin memberi nama surat elektronik yang Anda kirim maka tulis saja hal ini pada Subjek. Bukan ditaruh di isi email. Karena isi atau badan email hanya tertulis isi dari surat Anda saja. Sebaiknya, lampirkan dokumen dalam bentuk word agar tidak membuat isi suratnya berantakan jika diletakkan di badan email. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria