close
program desember ceria

Faktor yang Mempengaruhi Verb Conjugation dalam Kalimat

3 min read

Conjugation

Konjugasi adalah salah satu hal yang cukup menarik untuk dibahas. Hal ini disebabkan karena untuk menguasainya kamu perlu mengerti banyak aspek yang akan mempengaruhinya. Untuk kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris terutama mengenai konjugasi, maka berikut ini adalah beberapa ulasan yang mungkin akan membantu kamu.

Conjugation

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian conjugation

Conjugation adalah upaya dalam grammar Bahasa Inggris untuk mengubah verb atau kata kerja menjadi bentuk lain sesuai dengan subjek dan hal-hal lainnya yang mempengaruhinya. Karena yang berubah dalam conjugation ini adalah kata kerja, maka proses ini sering juga disebut dengan konjugasi kata kerja.

Verb conjugation ini merupakan hal dasar yang perlu kamu perhatikan ketika kamu sedang belajar menulis dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa contoh dari verb conjugation untuk kata kerja “break” atau merusak.

  • I break the table
  • she breaks the table
  • I broke the table yesterday
  • she broke the table yesterday
  • I had broken the table
  • Dan lainnya

Dilihat dari contoh di atas, pada dasarnya verb conjugation dilakukan berdasarkan pada subjek dan juga pada “tenses” yang digunakan dalam kalimat. Akan tetapi selain itu masih ada banyak lagi aspek yang akan mempengaruhi verb conjugation ini. Bagi kamu yang ingin tahu apa saja aspek yang akan mempengaruhi konjugasi kata kerja dalam kalimat bahasa Inggris ini berikut ini adalah ulasannya.

Verb conjugation berdasarkan jenis subjek 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu hal yang sangat mempengaruhi verb conjugation yang digunakan adalah mengenai subjek. Hal yang berhubungan dengan subjek ini juga ada banyak, salah satunya salah mengenai jenis subjek yang ada dalam kalimat.

Jenis subjek yang dimaksud dalam hal ini adalah apakah subjek yang digunakan dalam kalimat ini adalah subjek berupa orang pertama, orang kedua atau orang ketiga. Untuk lebih jelas mengenai verb conjugation yang digunakan berdasarkan jenis subjek ini berikut kami berikan penjelasan lebih detail

Verb conjugation untuk orang pertama 

Untuk kamu yang ingin membuat verb conjugation untuk orang pertama, maka kamu harus tahu terlebih dahulu jenis dari subjek yang menunjuk pada orang pertama. Jenis subjek orang pertama ini adalah “I” dan juga “we”. Ketika kamu menemukan verb conjugation ini, maka contoh dari konjugasi kata kerja yang digunakan adalah “I am”

Verb conjugation untuk orang kedua 

Subjek orang kedua yang dimaksud dalam artikel ini adalah “you”. Ketika kamu menemukan kata you dalam kalimat, maka kamu bisa menggunakan “you are” sebagai contoh konjugasi kata kerja. .

Verb conjugation untuk orang ketiga 

Pengen Konsutasi PR ?

Dalam Bahasa Inggris, subjek orang ketiga diwakili dengan beberapa kata yaitu “he”, “she”, “it” dan “they”. Untuk kamu yang menemukan kata ini sebagai subjek, maka berikut ini adalah contoh konjugasi kata kerja yang bisa kamu gunakan

  • she is
  • they are

Jumlah subjek dalam kalimat 

Hal lainnya yang sangat mempengaruhi verb conjugation yang akan digunakan dalam sebuah kalimat adalah mengenai jumlah subjek dalam kalimat. Jumlah subjek yang dimaksud adalah apakah subjek ini singular (tunggal) atau plural (jamak). Konjugasi kata kerja biasanya juga digunakan untuk memberikan informasi mengenai jumlah orang yang berpartisipasi dalam sebuah aksi dari kata kerja yang digunakan.

Subjek singular atau tunggal

Dalam Bahasa Inggris, subjek yang dianggap sebagai subjek singular atau tunggal adalah subjek seperti “he”, “she”, “it“. Jika kamu menemukan subjek ini pada “simple present tense” akan menggunakan verb conjugation dengan penambahan “s” pada kata kerjanya. Contohnya adalah “she sings” atau “it works”

Subjek plural atau jamak

Untuk subjek yang jamak atau plural seperti “you”, “we”, “they”. Verb conjugation yang kamu gunakan adalah kata pertama tanpa tambahan. Contohnya adalah “they run”, “we laugh”, dan lain sebagainya.

Verb conjugation yang berkomunikasi dengan jumlah subjek ini terkadang cukup tricky, contohnya adalah pada subyek “you”. Subyek “you” di sini bisa memiliki sifat plural maupun singular. Kamu perlu lebih memperhatikan hal ini

Jenis “tense” yang digunakan dalam kalimat

Selain subyek, hal lain yang juga sangat mempengaruhi “verb conjugation” adalah jenis “tenses” yang digunakan dalam pembentukan kalimat. Hal ini juga sudah bisa dilihat dari beberapa contoh yang kami berikan di atas. Kata kerja pada “tenses” digunakan untuk mengindikasikan kapan kejadian terjadi. Untuk tahu seberapa pentingnya “tenses” dalam “verb conjugation” ini, maka berikut ini adalah ulasannya.

“verb conjugation” pada “present tense”

Ketika kita membahas mengenai konjugasi kata kerja, maka kita akan lebih mudah membandingkan antara “present tense” dan juga “past tense”. “Present tense” adalah sebuah tense yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang terjadi saat ini. Karena digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang terjadi saat ini, maka “verb conjugation” yang digunakan adalah kata kerja pertama contohnya :

  • she reads the magazine
  • she is reading the magazine

Pada kata kerja di kalimat pertama yaitu “reads”, kata kerja dasar “read” berubah menjadi “reads” karena pengaruh subjek yaitu “she”. Sedangkan pada kalimat kedua kata kerja memiliki bentuk “is reading” karena ia digunakan untuk menggambarkan kejadian yang sedang terjadi dan masih berlangsung yang merupakan bentuk kalimat “present continuous tense”

“verb conjugation” pada “past tense” 

Lalu bagaikan dengan verb conjugation yang terjadi pada “past tense”? “Past tense” adalah sebuah tense yang digunakan untuk menggambarkan atau memberikan informasi mengenai kejadian yang terjadi di masa lalu. Hal ini menyebabkan konjugasi kata kerja dilakukan dengan mengubah kata kerja ke dalam bentuk lampau. Berikut ini adalah contohnya.

  • he spoke english
  • they made a mistake yesterday

“Spoke” adalah kata kerja kedua yang diubah dari kata kerja pertama yaitu “sepak”, sedangkan kata “made” adalah kata kerja bentuk kedua dari kata “make”.

Mood dalam kalimat 

Selanjutnya verb conjugation juga bisa disebut sangat dipengaruhi dengan mood yang dimiliki oleh sebuah kalimat. Sebuah kalimat bisa dibentuk dengan mood positif, negatif dan juga mood pertanyaan. Perbedaan mood yang digunakan dalam kalimat sangat mempengaruhi verb conjugation yang digunakan dalam kalimat tersebut. Untuk kamu yang ingin melihatnya dari contoh, kami akan memberikan contoh penggunaan dan konjugasi kata kerja untuk kata “wear” atau memakai dalam 2 mood kalimat

Konjugasi kata kerja “wear” pada kalimat positif 

Contoh : “she wears a pink dress”. 

Dalam contoh di atas verb conjugation yang digunakan adalah kata kerja pertama dengan tambahan “s” karena merupakan kata kerja yang digunakan dalam kalimat positif sehingga konjugasi kata kerja dibuat sesuai dengan jenis subjek.

Konjugasi kata kerja “wear” pada kalimat negatif

Contoh : “She doesn’t wear a pink dress”

Konjugasi kata kerja “wear” pada kalimat tanya

Contoh : “Does she wear make up?”

Bagaimana kamu bisa melihat perbedaan verb conjugation yang digunakan bukan?

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus

Gunakan Media Pembelajaran ini Untuk Membantu Anak Muda Belajar…

Seperti yang diketahui saat ini proses pembelajaran dituntut untuk mengakses berbagai media pembelajaran menggunakan teknologi termasuk media belajar bahasa Inggris anak muda. Siswa zaman...
Kreasi Ads
3 min read

Ketahui Perbedaan Prescriptive Grammar dan Descriptive Grammar

Ada 2 cara yang berbeda dan telah dijelaskan bahwa bahasa telah dipelajari dalam bermacam disiplin ilmu yang fokus terhadap penggunaan bahasa, dan prescriptive dan...
Kreasi Ads
3 min read

Sudahkah Kamu Tahu Apa itu Reduced Adverb Clause? Bagaimana…

Adverb Clause atau Kata Keterangan atau adverb di dalam bahasa Inggris pasti sudah banyak dipahami pada awal Anda belajar Bahasa Inggris. Kata keterangan merupakan...
Kreasi Ads
3 min read
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments