fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Contoh Kalimat Past Perfect Tense Dan Fungsinya No ratings yet.

Kamu perlu mempelajari contoh kalimat Past Perfect Tense ketika Kamu belajar grammar Bahasa Inggris. Tenses dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari agar Kamu bisa membuat kalimat sesuai dengan waktu kejadian yang akan Kamu ceritakan. Hal ini berkaitan erat dengan tata bahasa atau grammatical strucuture Bahasa Inggris.

Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Kursus Bahasa Inggris

Jika Kamu paham penggunaan tenses maka Bahasa Inggris Kamu tergolong mumpuni dan bisa dipastikan Kamu mampu bercakap-cakap sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris. Di era yang serba modern seperti saat ini kita dituntut untuk menguasai Bahasa Inggris karena bahasa tersebut merupakan bahasa Internasional yang digunakan untuk berinteraksi dengan seluruh orang di dunia.

Bahasa ini tidak hanya digunakan untuk bidang tertentu saja, namun hampir semua bidang mulai dari teknologi, bisnis hingga wisata. Untuk menguasai bahasa ini Kamu bisa mempelajari contoh kalimat Past Perfect Tense serta jenis tenses lainnya.

 Coba bayangkan saja jika tidak ada Bahasa Inggris lalu bagaimana cara orang-orang dari berbagai belahan dunia berkomunikasi? Setiap negara memiliki bahasa masing-masing dan tidak mungkin untuk setiap orang mengerti bahasa masing-masing negara. Oleh sebab itu Bahasa Inggris memiliki peranan penting sebagai bahasa global.

Mempelajari Bahasa Inggris  juga bisa membuat Kamu mengikuti perkembangan zaman. Kamu akan selalu update dengan berita internasional yang disajikan dengan Bahasa Inggris mulai dari ekonomi dunia hingga informasi penting lainnya. Jika ingin fasih menguasai bahasa ini hendaknya Kamu memahami contoh kalimat Past Perfect Tense.

Pengertian dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Bahasa Inggris memiliki banyak jenis tenses. Tenses merupakan aturan tata bahasa dalam Bahasa Inggris dengan perubahan bentuk kata kerja sesuai dengan waktu kejadian suatu peristiwa. Salah satu jenis tenses tersebut adalah Past Perfect Tense. Ciri khas dari tenses ini ialah penggunaan had+verb 3.

Pengertian tenses jenis ini adalah salah satu bentuk kalimat yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian di masa lampau sebelum kejadian lain terjadi. Bisa disimpulkan bahwa tenses ini digunakan untuk mengungkapkan dua kejadian yang terjadi secara berurutan, kegiatan pertama telah selesai lalu disusul dengan kegiatan lainya.

Past Perfect Tense juga digunakan untuk conditional sentence tipe tiga serta reported speech. Jika Kamu ingin menngupas tuntas mengenaik tenses ini maka Kamu harus menguasai rumusnya.

Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Pengen Konsutasi PR ?

Past Perfect Tense memiliki rumus yang mudah untuk Kamu ingat. Rumus ini akan sangat berguna untukmu gunakan ketika menyusun kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris. Bagi Anda yang ingin mengikuti tes speaking ataupun writing, tenses jenis ini tentu sangat penting untuk Kamu pelajari. Selain itu bagi Kamu yang ingin menjadi pubic speaking tenses merupakan salah satu syarat wajib yang harus Kamu kuasai.

Rumus dari past perfect tense meliputi tiga kalimat yaitu kalimat positif, kalimat negatif dan kalimat interogatif atau kalimat tanya. Rumus tersebut adalah sebagai berikut:

(+)        Subjek + had + verb 3

()        Subjek + had + not + verb 3

(?)        Had + Subjek + Verb 3

Untuk contoh kalimatnya perhatikan tabel dibawah ini:

(+)        I had studied Japanese before I moved to Tokyo

()        I had not studied Japanese before I moved to Tokyo

(?)        Had I studied Japanese before I moved to Tokyo?

Past perfect tense dibentuk dari pola auxiliary verb “had” kemudian diikuti past participle (kata kerja bentuk ke-3). Had dipasangkan dengan subjek singular maupun plural. Kemudian untuk past participle yaitu kata kerja yang ditambahkan dengan akhiran –ed, -t, -en, -n dan –ne dari verb 1.

Jika Kamu ingin meguasai Past Perfect Tense maka Kamu bisa melihat daftar kata kerja Bahasa Inggris baik itu regular verb maupun irregular verb dari internet maupun kamus. Untuk past participle ini bentuknya tidak konsisten.

Contoh – Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Agar Kamu lebih memahami past perfect tense maka Kamu bisa mempelajari contoh-contoh kalimat dibawah ini:

Contoh 1

(+) My sister had slept

(-) My sister had not slept

(?) Had my sister slept?

Contoh 2

(+) The students had come

(-) The students had not come

(?) Had the students come?

Contoh 3

(+) Rosi had finished her task

(-) Rosi had not finished her task

(?) Had Rosi finished her task?

Contoh 4

(+) He had eaten when you called him

(-) He had not eaten when you called him

(?) Had he eaten when you called him?

Contoh 5

(+) Before you asked me, I had taken bath

(-) Before you asked me, I had not taken bath

(?) Had you taken bath, before I asked you?

Setelah Kamu memahami contoh kalimat Past Perfect Tense, selanjutnya Kamu bisa berlatih untuk membuat kalimat sendiri menggunakan rumus past perfect tense. Gunakanlah kamus jika Kamu mengalami kesulitan untuk menemukan bentuk kata kerja past participle maupun mencari arti kata dalam Bahasa Inggris.

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Past perfect tense memiliki fungsi yaitu sebagai berikut:

  1. Past perfect tense berfungsi untuk mengekpresikan aktivitas di masa lampau yang sudah selesai dikerjakan sebelum aktivitas lainnya terjadi. Kata penghubung atau subordinate conjuction yang digunakan biasanya adalah after, before, by the time, serta

Rumus:

Menggunakan after, maka polanya adalah: simple past tense + after + past perfect tense

Jika memakai before, when dan by the time maka polanya adalah: past perfect tense  + before/by the time/when + simple past tense

Selain subordinate conjuction, tenses ini juga menggunakan preposition prior to dan before yang berarti ‘sebelum’.

Contoh:

She had already eaten dinner by the time he picked her up.

  1. Past Perfect tense berfungsi untuk menunjukan seberapa sering suatu kejadian terjadi dimasa Untuk menyatakan hal tersebut maka digunakan  keterangan waktu seperti:
  • Twice, two times, three times
  • Every day, every four day, every month
  • Every summer until 2019

Contoh:

We had met two times before graduation

  1. Past perfect tense berfungsi untuk menyusun kalimat reported speech setelah kata kerja berikut ini:
  • Told
  • Said
  • Wondered
  • Asked
  • Thought

Contoh:

She said that she had read the novel

  1. Past perfect tense digunakan untuk mengungkapkan harapan maupun impian yang tidak terwujud dengan menggunakan conditional sentence tipe tiga. Rumusnya adalah sebagai berikut:

if + past perfect tense + modals (would/should/could/might) + have + verb 3

Contoh:

If my brother had remembered to invite me, I would attended the celebration.

Yang perlu Kamu ingat ketika Kamu membuat kalimat dengan menggunakan past perfect tense yaitu konsep had + v3. Konsep simpel ini bisa dengan mudah diingat dan diaplikasikan pada setiap kalimat yang Kamu buat seperti pada contoh kalimat Past Perfect Tense.

Baca juga Panduan Lengkap Conditional Sentence Type 2

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?