fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Contoh Grammar Dasar Bahasa Inggris Yang Harus Dipahami No ratings yet.

Meski ada banyak yang mengatakan tidak perlu memperhatikan penggunaan grammar yang tepat maupun contoh grammar, ternyata tidak demikian. Dalam proses memahami bahasa asing, mau tidak mau Anda diharuskan untuk memahami grammarnya. Ada banyak sekali jenis grammar dalam bahasa Inggris seperti verb, noun, pronoun, adjective, dan jenis lainnya.

Semua ini ternyata sudah termasuk salah satu bagian dari teknik berbicara yang tepat atau dikenal dengan istilah part of speech. Ini juga disebutkan sebagai bentuk dasar yang harus diketahui oleh kebanyakan kalangan sebelum Anda mempelajari bahasa Inggris. Namun, bagi Anda yang tidak ingin terlalu fokus pada grammar, namun lebih kepada speaking sebenarnya boleh-boleh saja. 

Kursus Bahasa Inggris

contoh grammar

Hal yang terpenting di akhir nanti Anda harus memahami grammar agar tahapan belajar bahasa Inggris lebih advance. Tidak hanya itu, dalam bahasa Inggris hanya to be yang paling membingungkan dalam contoh grammar, karena menjadi kata sambung yang sangat berpengaruh. Artinya, jika Anda menggunakan kata sambung yang salah bisa membuat native speaker merasa bingung dalam memahami pembicaraan. 

Kebanyakan dari para siswa atau bahkan orang umum yang mempelajari bahasa Inggris merasa bingung dengan grammar ini. Mereka sangat kesulitan dalam memahami grammar tersebut apalagi diaplikasikan ke dalam praktiknya. Ketika ada guru yang menanyakan hal ini akhirnya mereka bingung, padahal ini masalah sederhana namun banyak dijadikan suatu yang complicated bagi para pelajar bahasa Inggris pemula.  

Memahami To Be

Sebagai kata dasar yang memang sangat sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris, to be menjadi dasar penting yang harus Anda pahami. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, istilah ini memiliki arti sebagai penghubung subjek ke predikat. Bagi Anda yang selama ini tidak terlalu paham dan fokus dengan bahasa Indonesia, berikut akan coba dijelaskan. 

Ada tiga bentuk to be yang harus dipahami, berikut ini akan diberikan ringkasan agar Anda mudah dalam mengingat dan mengaplikasikan contoh grammar. Untuk langkah awal, tidak masalah Anda masih harus menghafal, sehingga dalam berbicara nantinya akan lambat. Untuk bentuk “I” pasangan to be nya adalah am, makanya seringkali Anda mengucapkan I am beautiful, bukan I are atau I is beautiful. 

Untuk kelompok “You, They, We” pasangan to be nya ialah are. Untuk penggunaan contoh dari grammar to be ini ialah “We are the champion”. Untuk jenis subjek lainnya bisa dibuatkan contoh seperti “They are my family” dan “You are a leader”. 

Maka, penjelasannya, untuk subjek You, They, dan We itu merupakan subjek yang berperan sebagai orang. Sedangkan semua penggunaan “are” itu wajib dan lainnya objek. To be yang terakhir ialah bentuk “He, She, It” itu semua menggunakan “is”. Seperti yang sering Anda dengar contoh grammar “She is beautiful”, “He is a superman”, dan “It is expensive”. 

Parts of Speech

Pengen Konsutasi PR ?

Setelah tadi membahas yang namanya to be, yang penting dalam bahasa inggris dan berperan sebagai grammar dasar juga ialah part of speech. Ada sebanyak delapan part of speech yang harus Anda pelajari. Beberapa diantaranya yaitu ada Preposition, Conjunction, Interjection, Pronoun Verb, Adverb, Noun, dan Adjective. Akan dijelaskan penjelasannya satu persatu beserta dengan contoh.

Noun atau dikenal dengan kata benda, yang mana termasuk di dalamnya itu setiap nama benda atau objek tertentu yang hidup. Contoh gramatika jenis ini bisa seperti halnya kepala, mobil, orang, sayur, dan juga buah-buahan. Untuk jenis noun terbagi lagi menjadi tujuh bagian dengan contoh grammar. Countable noun merupakan kata benda yang bisa dihitung, ini sama seperti dalam bahasa Indonesia juga. 

Contohnya itu seperti “there are three tables” dimana meja yang berperan sebagai kata benda yang bisa dihitung. Uncountable nouns sebagai kata benda yang tidak bisa dihitung, ada klasifikasi tertentu mana yang termasuk jenis ini. Contohnya seperti sayur-sayuran dan juga gula. Proper noun, yang merupakan kata benda spesifik yaitu seperti MacD. 

Common noun sebagai kata benda umum, dimana jika disebutkan itu memiliki makna luas seperti village. Abstract noun, benda yang tidak bisa dilihat seperti love, Constrete noun sebagai kata benda yang bisa dilihat seperti water. Hal yang terakhir contoh grammar untuk parts of speech ada collective noun yang merupakan kata benda yang menyatakan nama kelompok seperti class. 

Verb, Kata Kerja 

Dalam bahasa Inggris, verb seringkali dijadikan masalah karena memang terbilang cukup complicated. Anda diharuskan untuk menghafal masing-masing jenis verb, agar tidak salah dalam penggunaan pada tenses nantinya. Verb yang berperan untuk menerangkan waktu kegiatan pastinya menjadi fokus mereka semua yang sedang mempelajari bahasa Inggris sekarang ini.

Sebagai bahasan dasar, berikut ini akan dipaparkan jenis kata kerja yang paling sering dianggap sulit. Untuk penggunaan kata kerja dasar, kita akan memberikan contoh untuk verb bite yang bermakna menggigit. Kata kerja ini bisa berubah menjadi bit saat menjadi bentuk past tense. Namun, bisa lagi berubah menjadi bentuk past participle yaitu bitten. 

Penggunaan dari masing-masing verb untuk jenis contoh grammar ini pastinya dalam keadaan dan waktu yang berbeda-beda. Contoh yang bisa diberikan ialah, untuk present tense yang menggunakan verb dasar ialah “My sister bite my hand hardly”. Penggunaan verb pada past tense yang terjadi dalam waktu lampau “ My sister bit me yesterday”. Sedangkan penggunaan bentuk participle “My sister has bitten me, that’s why it is still being red”.

Penggunan Conjunction Yang Tepat

Berbeda halnya dengan bahasa Indonesia yang mungkin tidak terlalu memperhatikan kata sambung, bahasa Inggris ini berbeda. Suatu kalimat yang dibuat dalam bahasa Inggris itu tidak terlalu panjang dan complicated. Karena, biasanya kalimatnya itu memang tidak terlalu panjang langsung mengarah ke point pentingnya. Untuk itu, Anda diharuskan untuk memahami kata sambung agar tujuan dari pembuatan kalimatnya bisa tepat. 

Ada yang namanya coordinate conjunction yang berperan sebagai penghubung kata, frasa, dan bentuk lainnya yang memang memiliki makna sederajat. Jenis conjunction yang satu ini ialah seperti but, for, so, now, dan jenis lainnya. Untuk menggunakan contoh grammar jenis kata sambung ini, Anda harus menggunakan koma karena akan menghubungkan dua frasa yang sederajat. 

Selanjutnya ada correlative conjunction yang berperan sebagai bentuk dua kalimat yang berpasangan. Sebagai contoh “Both my grandfather and I will go to the park this holiday”. Jenis kata sambung jenis ini lainnya yaitu either.. or, neither.. nor, but.. also, just as.. so, dan lainnya. Pastikan dalam mengingat jenis kata sambung ini harus sesuai atau tepat. 

Baca juga : Langkah-Langkah Menguasai Grammar

Dari semua pembahasan mengenai bentuk grammar dasar yang mungkin digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari di atas, mungkin semuanya tidak asing bagi Anda. Namun, pastikan untuk memahaminya secara maksimal dan coba praktik contoh grammar untuk memudahkan Anda dalam mempelajarinya.

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?