fbpx

Perbedaan Concrete dan Abstract Noun dalam Bahasa Inggris

1 min read

Perbedaan Concrete dan Abstract Noun

Perbedaan Concrete dan Abstract Noun

Noun adalah salah satu komponen part of speech yang banyak sekali jenisnya. Saking banyaknya klasifikasinya, kita bisa sering nggak mengenali noun dalam sebuah kalimat! Berdasarkan bentuknya, noun dibagi menjadi dua, yaitu concrete noun dan abstract noun. Selengkapnya tentang perbedaan concrete dan abstract noun akan dijelaskan admin Kampung Inggris di bawah ini!

Kursus Bahasa Inggris

Concrete Noun

Concrete noun adalah noun yang mewakili benda-benda yang punya bentuk fisik. Umumnya concrete noun bisa diindera dengan pancaindera manusia, entah dari penglihatan, pendengaran, sentuhan, rasa, sampai bau.

Benda-benda yang termasuk dalam concrete noun ada sangat banyak. Dari segi penglihatan, misalnya buku, manusia, tembok, bunga, dan banyak lagi. Dari segi pendengaran, misalnya musik, suara, dan keramaian.

Intinya, semua benda yang bisa kamu deskripsikan karakteristiknya, itu termasuk concrete noun.

Abstract Noun

Sementara itu, abstract noun adalah kebalikan dari concrete noun yang bisa dideskripsikan dengan mudah.

Abstract noun adalah noun yang mewakili benda-benda yang tidak punya bentuk fisik, juga tidak dapat diindera. Untuk memahami sebuah abstract noun, butuh proses berpikir. Dan biasanya pendeskripsiannya tiap orang bisa berbeda-beda.

Yang termasuk dalam abstract noun meliputi perasaan (feelings), kondisi (states), emosi (emotions), kualitas (qualities), konsep (concepts), gagasan (ideas), dan peristiwa (events).

Cara Memperlakukan Concrete Noun dan Abstract Noun

Meski berbeda bentuknya, perlakuan terhadap concrete dan abstract noun secara garis besar tetap sama. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang berlaku pada concrete noun, namun tidak pada abstract noun.

Pengen Konsutasi PR ?

Berikut ini beberapa aturan yang harus kamu ingat-ingat saat menggunakan abstract noun dalam kalimat:

  • Abstract noun umumnya tidak bisa dimodifikasi dengan quantifier
  • Abstract noun tidak bisa diberi indefinite article
  • Abstract noun bisa dibentuk dari verb atau adjective, misalnya kata govern -> government, happy -> happiness, block -> blockage, dan banyak lagi.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan concrete dan abstract noun yang bisa kamu pelajari! Kalau kamu ingin belajar lebih banyak lagi soal noun atau part of speech, langsung datang ke Kampung Inggris Pare!

Kampung Inggris adalah tempat paling keren dan legendaris di Indonesia buat belajar bahasa Inggris! Di sini, banyak teacher bahasa Inggris yang siap naikin level bahasa Inggris-mu dari basic sampai jago banget!

Atau kamu masih berhalangan buat datang ke Kampung Inggris Pare? Tenang, Kampung Inggris punya materi seru ini buatmu: Mata Angin dalam Bahasa Inggris

0 0 votes
Article Rating
English Tahfidz Plus
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments