Search

Cara Mudah Belajar Simple Past Tense

belajar simple past tense

Belajar Simple Past Tense – merupakan salah satu tenses yang wajib dikuasai. Tense ini seringkali terlibat dalam percakapan sehingga sangat penting agar tidak salah paham dalam sebuah percakapan. (Selengkapnya baca: Mengapa harus belajar tenses?). Salah satu hal terpenting dalam mempelajari simple past tense adalah memahami logika waktu dari penggunaan tense ini.

Kursus Bahasa Inggris

Simple past tense sebenarnya serupa dengan simple present tense; hanya faktor logika waktu kejadian saja yang membedakan. Simple past tense digunakan untuk menyatakan suatu kejadian atau fakta yang terjadi di masa lalu. Hal yang membedakan simple past tense dengan simple present tense ada pada bentuk verb atau kata kerja yang digunakan. Ada beberapa kunci penting dari cara mudah belajar simple past tense yang harus kalian pelajari dan pahami.

  • Bentuk lampau verb yang digunakan

Salah satu bagian paling penting dari cara mudah belajar simple past tense adalah memahami dan menghafal bentuk lampau dari kata kerja atau verb yang digunakan.

Contoh :

He swims ( Simple Present Tense )

He swam ( Simple Past Tense )

I study math. ( Simple Present Tense )

I studied math. ( Simple Past Tense )

Mengenali verb yang digunakan menjadi bagian penting dari belajar mengenai simple past tense. Terdapat dua jenis kata kerja atau verb yang ada dalam bahasa Inggris; jenis pertama adalah kata kerja beraturan ( regular verb ) dan jenis kedua adalah kata kerja tak beraturan ( irregular verb ).

Kata kerja beraturan sangat mudah diubah dalam bentuk kedua atau pas; karena hanya butuh penambahan “ed” atau “d” pada huruf terakhir. Mengenai tanda atau perbedaan verb yang termasuk golongan regular atau irregular; keduanya tidak memiliki tanda – tanda tertentu sehingga kalian tetap harus menghafalkannya.

  • Mengenal formula Simple Past Tense

Bagian lain dari cara mudah belajar simple past tense tentu saja adalah mengenali formula atau rumus penggunaan tense tersebut. Secara umum; simple past tense memiliki rumus :

Subject + verb 2 + object ( Untuk kalimat positif )

Subject + did not / didn’t + verb 1 + object ( Untuk kalimat negatif )

Contoh :

She baked a cake.

She did not bake a pizza.

He wrote a letter.

He did not write a book.

Pengen Konsutasi PR ?

Empat kalimat sederhana di atas menunjukkan masing – masing dua kalimat positif dan negatif dengan bentuk kedua verb dari golongan regular dan irregular verb.

Rumus lain dari simple past tense dapat berupa :

Subject + verb 2 + to + verb + object

Subject + did not + verb 1 + to + verb + object

Contoh :

She forgot to lock the door.

She did not forget to lock the door.

Sebuah kalimat simple past tense bisa pula ditambah dengan keterangan waktu yang merujuk pada waktu lampau. Ada beberapa keterangan waktu lampau yang umum digunakan dan merujuk pada waktu lampau tertentu seperti yesterday, last week atau last month atau merujuk pada waktu yang tidak tentu seperti years ago atau for a long time.

Contoh :

He came home yesterday.

She broke her leg last week.

Paparan singkat mengenai cara mudah belajar simple past tense ini dapat menjadi salah satu referensi untuk belajar bahasa Inggris yang praktis. Kalian bisa mengasah kemampuan menyusun kalimat dengan simple past tense dengan mencoba membuat kalimat dengan bantuan rumus – rumus yang ada. Semoga bermanfaat !!!

Kampung Inggris Search :

    https://www kampunginggris id/cara-mudah-belajar-simple-past-tense
Panduan Belajar di Kampung Inggris

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria