web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Affect or Effect? No ratings yet.

affect or effect

Affect or Effect? Pastinya pertanyaan tersebut mengingatkan kembali tentang confusing words. Saking banyaknya kata-kata atau vocabularies dalam bahasa inggris, ada banyak juga kata-kata yang sama bunyi, atau sama huruf, dan ada juga yang sama bentuk. Namun sayangnya, persamaan tersebut memiliki beda arti/makna yang menyebabkan penggunaannya pun bakal berbeda. Salah satunya yaitu affect dan effect: waaah cuma beda satu huruf A dan E, bisa merubah maksud dari suatu kalimat! Let’s take a look at this one.

Kita bisa menggunakan affect untuk contoh kalimat berikut: The medicines that you gave to me affected my focus on study (obat-obatan yang kamu kasih ke saya mempengaruhi kefokusan belajar saya)

atau….. The medicines that you gave to me effected my focus on study (obat-obatan yang kamu kasih ke saya membawa kefokusan saya dalam belajar).

Gimana, bisa membedakan? affect (verb) artinya mempengaruhi. Sedangkan effect (verb), hampir sama, namun kalau dilihat detil artinya berbeda. Effect (verb) artinya membawa atau dengan kata lain obat-obatan itu meningkatkan fokus belajar. Padahal maksud dari affect (verb) adalah mengurangi fokus belajar.

Secara simpel, orang-orang membuat perbedaan affect dan effect sebagaimana berikut ini: Affect adalah verb (kata kerja) sedangkan Effect adalah noun (kata benda). Pernyataan ini tidak salah, dalam arti, memang affect dan effect bisa dijadikan verb maupun noun. Hanya saja, effect dalam bentuk kata kerja sangat jarang digunakan. Effect (verb) bersifat formal. Mungkin, demikianlah mengapa kebanyakan orang dengan mudah membedakan affect = verb dan effect= noun, karena memang kata kerja effect jarang digunakan. Oke, mari kita lihat penjelasan lengkap tentang perbedaan dua kata tersebut.

Affect

Dalam kamus longman (2000), affect berarti cause a change in; influence yang berarti mempengaruhi atau memberikan sebuah akibat. Affect biasa digunakan sebagai verb, contohnya:

 The Students did an experiment to know how the sunshine affects plant growth

Para siswa melakukan percobaan untuk mengetahui bagaimana sinar matahari mempengaruhi pertumbuhan tanaman

Affect, seperti bahasan sebelumnya. Kebanyakan digunakan untuk kata kerja karena noun untuk affect sangat jarang digunakan, alias tidak umum. Biasanya, affect dalam bentuk noun digunakan hanya untuk bidang psikologi, yang berarti ekspresi seseorang ketika mendapatkan stimulus entah itu syok, sedih, atau pun senang. Misalnya:

I can see her sad affect right after she got the news about his son’s death

Aku bisa melihat wajah sedihnya tepat setelah ia mendengar berita kematian anaknya

Effect

Effect (noun), menurut kamus longman (2000) berarti result; happens because of a cause. Atau dalam bahasa Indonesia, effect berarti efek/pengaruh. Sesuatu yang muncul akibat kejadian lainnya, misalnya: demam pada manusia adalah efek (disebabkan) infeksi di dalam tubuhnya. Sangat mudah bukan? Mari kita lihat contohnya dalam bahasa inggris:

The effect of 6.5 SR earthquake is so enormous / Akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi 6.5 skala richter sangatlah besar

I couldn’t understand how the alcohol can give the big effect to children / Aku tidak mengerti bagaimana alkohol bisa memberi pengaruh besar pada anak-anak kecil

Effect juga sangat jarang digunakan sebagai verb (kata kerja). Seperti pembahasan di atas, kata kerja effect berarti produced atau membawa. Misalnya, kamu mau bilang bahwa sebuah kebaikan bisa membawa perubahan bagi dunia. Nah, barulah kamu bisa gunakan effect sebagai kata kerja. Namun, tidak sesimpel itu ya. Karena effect (verb) sangatlah formal dan jarang digunkan. Misalnya:

The new governor has effected many changes in this province / Gubernur baru telah membawa banyak perubahan di provinsi ini

The existence of police in this area affected peacefullness / Keberadaan polisi di daerah sini menimbulkan keamanan

Nah, itu dia pembahasan tentng bedanya dua kata yang membingungkan: Affect or Effect? Sudah tau bedanya? sekarang tinggal banyak banyak latihan ya. Kalau kamu mau latihan bahasainggris bersama teman baru dengan pengalaman belajar baru, bisa juga bergabung bersama LC Kampung Inggris, the right place to learn english. Selamat belajar, dan sampai jumpa di kampung inggris Pare ^_^

What? Kampung inggris? apa itu? Baca selengkapnya di: Tentang Kampung Inggris Pare

affect vs effect

Kampung Inggris Search :

  • perbedaan affect dan effect
  • affect dan effect
  • apakah kata effect dan influence sama?
  • beda affect dengan influence
  • arti affect
  • affect or effect
  • arti affector dalam psikologi
  • contoh kalimat menggunakan kata effect
  • effect artinya
  • perbeaan penggunaan influence dan effect
  • Perbedaam affect and effect
  • affect adalah
  • beda affect dan effect
  • arti efece
  • arti dari affect
  • Apa perbedaan dari influences dan effect
  • apa beda affect dan effect ?
  • Affectvs effect contoh
  • affect artinya
  • perbedaan kata affect dan effect

Nilai Kualitas Konten

 
 
 

More Posts in Belajar Bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
One Thought on Affect or Effect?

Leave A Comment

 
 
 
 
 
 
 
 
 

Support by DIGIN

 

Kampung Inggris berada dimana?

Kampung Inggris аdаlаh satu kawasan dі Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur dimana ada ratusan lembaga kursus bahasa Inggris.

Kenapa dі sebut Kampung Inggris?

Semuanya berawal dаrі didirikannya lembaga kursus оlеh seorang penduduk pendatang уаng bernama Pak Kallen (Mr Kallen). Sekalipun namanya seperti nama orang bule, tеtарі dіа orang Indonesia asli. Pada awal berdirinya fasilitas уаng dimiliki ѕаngаt terbatas, karena hаnуа berlokasi dі teras masjid уаng diperuntukkan untuk anak-anak desa уаng kurаng menguasai bahasa inggris. Selanjutnya dі rumah-rumah уаng membolehkannya mengajar, dan akhirnya ѕаmраі memiliki gedung sendiri. begitulah perjuangan Pak Kallen уаng konsisten dan pantang menyerah.

Sіара pendiri Kampung Inggris?

Muhammad Kalend Osen, Si Pendiri “Kampung Inggris” — Dunia pendidikan dі Indonesia tentu tak asing lаgі dеngаn Muhammad Kalend Osen. Mantan santri Pondok Pesantren Gontor іtu аdаlаh pendiri “Kampung Inggris”. Kalend mendirikan “Kampung Inggris” dі Desa Palem, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur.

Info Lengkap KLIK di Sini