Weather, Whether dan weather
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Weather, Whether dan weather

let's learn english

Weather, Whether dan weather – Dalam bahasa inggris, ada banyak kata yang cukup bikin bingung, betul gak? Ada yang namanya confusing word. Misalnya, pada kata loose dan lose. Hanya beda satu huruf saja, kok bisa ya beda ari dan penggunaan? Nah, disini serunya. Ada lagi nih yang mungkin sering tertukar artinya karena merupakan homonim (kata kata yang memlliki ejaan dan arti berbeda namun bunyinyasama), yaitu: Wether, Whether, dan Weather. Apa perbedaan ketiganya? Mari kita ulas selengkapnya di bawah ini…

Arti dan Penggunaan Wether

Wether berasal dari bahasa inggris kuno “weðer” yang artinya kambing/domba jantan. Kata “weðer” sendiri berasal dari bahasa Jerman kuno “wethruz”. Kata yang satu ini seringkali eror karena dikira merupakan alternative spelling dari Weather atau Whether. Padahal, Wether memiliki arti dan penggunaannya tersendiri. Dalam bahasa Indonesia, wether berarti biri-biri jantan yang dikebiri. Petani biasanya mengebiri biri-biri atau kambing jantan yang memiliki karakter gen yang buruk, sehingga hanya biri-biri atau kambing terbaik lah yang dikawinkan dengan betina. Di samping wether, ada juga non-wethers, yaitu kebalikan dari sebelumnya, kambing jantan yang tidak dikebiri.

Selain itu, kita juga sering mendengar “bellwether” yang sering mengalami misspeling “bellweather”. So, inget-inget ya bahwa spelling yang benar yaitu “bellwether”, artinya adalah kambing atau domba yang memakai kalung dengan lonceng di lehernya. Atau digunakan juga untuk istilah “indicator of change”, indikator akan adanya perubahan di masa depan.

Pernting diingat: Wether sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari, kecuali jika kita berprofesi sebagai peternak atau dokter hewan. Salah-salah eja weather dan whether menjadi wether, bisa merusak arti. So, be careful!

Contoh kalimat: “My dad always takes care his five wethers because they are really susceptible to a certain disease”

Arti dan Penggunaan Weather

Sebagai noun (kata benda), “weather” berarti cuaca. Sedangkan sebagai verb (kata kerja), weather bisa berarti  mempertahankan diri, bertahan dari situasi buruk, dan sebagainya. Contoh:

  • I saw the weather on TV this morning. We’d better go home now / Saya lihat cuaca di Tv hari ini, sebaiknya kita pulang sekarang (weather = cuaca)
  • We shouldn’t give up. Just weather the challenge that he gave to us and win it / kita tidak boleh menyerah. Bertahan dengan tantangan yang ia berikan, dan kita menangkan (weather = bertahan)

Ada dua frasa terkenal menggunakan weather, yaitu:

Make heavy weather of – yang berarti melebih-lebihkan sesuatu, misalnya bercerita seakan-akan kita orang kaya padahal tidak. Contoh: “As I said before, I can solve it by myself, don’t make heavy weather of it / kan saya sudah bilang, saya bisa menyelesaikannya sendiri, jangan melebih-lebihkan

Under the weather – yang artinya sedang dalam keadaan kurang baik, tidak bersemangat, sakit. Contoh: “My son didn’t go to school today because he has been under the weather until now / Anak saya tida ke sekolah hari ini, karena sampai sekarang masih sakit 

Arti dan Penggunaan Whether

Whether merupakan conjunction (kata sambung) yang serupa dengan if. Fungsinya untuk menggabungkan dua kata atau frasa. Oleh karenanya, whether sering digunakan dalam kalimat indirect question / pertanyaan tidak langsung. Conunction ini digunakan untuk menjelaskan dua pilihan atau dua hal yang meragukan. Misalnya, saat kita ragu bawa payung atau tidak, kita tidak tau nanti akan hujan atau tidak (whether it’s raining or not). Contoh:

  • Mr. Fadlan wants to know whether the meeting is still on going / Mr. fadlan ingin tau apakah rapatnya masih berlangsung
  • I certainly will go whether you agree or not / Saya pasti akan pergi entah kamu setuju atau tidak

Frase yang terkenal yang menggunakan whether yaitu “whether or not” yang artinya mengesampingkan, tidak peduli, tidak memperhitungkan. Contoh:”I am going to Surabaya tomorrow whether or not you decide to join / Saya akan ke surabaya besok, tidak peduli kamu ikut atau tidak”

Nah, sahabat kampung inggris, sudah tau donk bedanya Wether, Weather dan Whether? Semoga bisa menambah list hafalan vocab kamu ya ^_^

Baca juga yang satu ini: Idiom About Heart

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *