Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

“State vs Nation”: Perbedaan dan Pengunaan Tepat

No ratings yet.

perbedaan kata state dan nation

Pastinya Anda sudah begitu familiar dengan dua kata ini yaitu state dan nation. Kedua kata ini memiliki arti yang sama tetapi pengunaannya berbeda. Perbedaan kata state dan nation ini bisa dilihat saat Anda membaca penjelasan dibawah ini. Kedua kata ini berkaitan dengan suatu tempat yang ditempati dan ditinggali saat ini. Kedua kata ini memiliki arti negara. Inilah penjelasan tentang state vs nation yang bisa Anda pahami.

Perbedaan Kata “State” dan “Nation”

a. Penggunaan State

State adalah salah satu kata berbentuk noun atau kata benda. State ini berart negara. Apa bedanya kata state dengan nation yang akan kita bahasa nanti. Bisa dibilang state ini berarti negara tetapi jika diurai secara spesifik state ini berarti negara bagian. Lalu bagaimana cara penerapannya dalam kalimat bahasa Inggris. Ini dia beberapa contoh dalam kalimat bahasa Inggris. Kata state ini diartikan sebagai negara yang memiliki arti sama dengan country. Di dalam sebuah pengertian, negara adalah sebuah area dan wilayah yang berdaulat dengan batas – batasan negara yang diakui oleh internasional dan dikontrol oleh suatu bentuk pemerintahan.

Bila Anda ingin menyebut negara – negara Amerika atau Asia, Anda bisa memakai kata state ataupun country. Hal ini berlaku untuk penyebutan negara – negara lain di seluruh dunia. Namun kata state bisa memiliki makna sebagai negara bagian. Negara ini berarti mempunyai kendali di bawah pemerintah pusat seperti Amerika Serikat yang memiliki 50 negara bagian. Negara bagian tersebut mempunyai wewenang untuk mengatur pemerintahan sendiri sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat Amerika Serikat. Australia dan Indian juga mempunyai sistem pemerintahan seperti Amerika Serikat. Kata state juga bisa berarti untuk menjelaskan suatu hal yang dijalankan, dimiliki, ataupun didanai oleh pemerintah. Kata ini berfungsi sebagai kata sifat atau adjective. Misalnya, istilah perguruan tinggi negeri, rumah sakit negeri, dan sekolah negeri seperti state university, state hospital, dan state school.

Contoh Kalimat State

Ada beberapa contoh yang bisa dilihat dalam pemakaian kata state di dalam suatu kalimat bahasa Inggris. Inilah beberapa contohnya.

  • Do you love this state?

Kalimat ini berarti bahwa Apakah Anda cinta dengan negara ini? Anda bisa memakai kata state untuk menggantikan country.

  • Australia is one of my favorite states in the world

Di dalam kalimat ini, ini berarti bahwa Australia adalah salah satu negara kesukaanku di dunia. Anda juga bisa menggantikan kata country dengan state.

  • What do you know about that state?

Kalimat ini berarti kalimat pertanyaan yang berarti Apakah Anda tahu dengan negara tersebut?

b. Penggunaan Nation

Kata nation berarti kata benda atau noun di dalam bahasa Inggris. Kata ini sering didefinisikan pada orang – orang yang disatukan dalam suatu budaya, sejarah, ataupun bahasa yang sama dalam suatu negara dan wilayah tertentu. Bisa dibilang, nation adalah untuk mewakili orang – orang dan negara dalam suatu kesatuan yang secara khusus tinggal dalam suatu wilayah dengan pemerintahan, dan bahasanya sendiri. Dalam kata mudahnya, nation ini berarti bangsa (orang – orang yang mendiami dan tinggal dalam suatu negara?

Contoh Kalimat Nation

Ada beberapa kalimat yang bisa dibuat dan ditulis dengan kata nation.

  • China is a great nation with the large population.

China adalah bangsa yang besar dengan populasi penduduk yang besar pula.

  • All nations were represented at the international conference.

Kalimat ini berarti bahwa semua bangsa sudah terwakili dalam konferensi internasional tersebut.

  • The United Nations

Kata ini berarti bahwa bangsa – bangsa tergabung dalam satu kesatuan.

Sebagai kesimpulan perbedaan kata state dan nation adalah artinya secara mendalam. State ini berarti tempat atau wilayah suatu negara. Sedangkan nation itu adalah orang – orang yang tinggal dan mendiami wilayah negara sekaligus sebagai bentuk satu kesatuannya.

(Baca juga: Perbedaan Unless dan Except Plus Contoh Kalimat)

Sudah jelas kan LC’ers? Masih banyak lagi materi bahasa inggris yang harus kamu pelajari biar bisa jadi EXPERT. Mungkin terlihat rumit jika kamu amati satu persatu tapi sebenarnya sederhana dan mudah kok LC’ers. Apalagi jika kamu memilih untuk belajar bersama Kampung Inggris LC, bisa dijamin bahasa inggris akan menjadi jauh lebih seru dan FUN !!!

Kamu gak akan pernah tau kalau gak kamu rasakan sendiri, kuy gabung SEKARANG JUGA !!!

DAFTAR ONLINE DI SINI !!!

Nilai Kualitas Konten

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *