Penduduk Lokal Menggunakan Bahasa Inggris?
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Semua Penduduk Lokal Juga Menggunakan Bahasa Inggris?

penduduk lokal kampung inggris pare

Sampai saat ini masih banyak sekali orang yang berfikir bahwa di Kampung Inggris Pare komunikasi keseharian nya adalah menggunakan full bahasa inggris. Tidak jarang orang-orang yang memang belum mahir berbahasa inggris menjadi sedikit takut untuk belajar di Kampung Inggris karena banyaknya berita yang mengabarkan jika seluruh aktivitas di Kampung Inggris ini mulai dari membeli makan sampai membeli kebutuhan keseharian harus menggunakan bahasa inggris jika tidak maka kita akan kesulitan ketika berada di sini. Nyata nya hal tersebut tidak sepenuhnya benar guys, bahkan bayangan publik tentang semua penduduk lokal di Kampung Inggris ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi keseharian pun bisa dikatakan hanyalah mitos semata.

Yup, fakta nya penduduk lokal di Kampung Inggris ini tidak jauh berbeda dengan penduduk di daerah lain. Bahasa komunikasi keseharian yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Pada saat seseorang datang untuk pertama kalinya ke Kampung Inggris ini dan mendengarkan penduduk lokal berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa, dia pasti malah merasa heran dan sedikit kecewa karena apa yang menjadi ekspektasi awalnya tidak sesuai dengan kenyataan. Bahkan sering kali ada sedikit bisikan-bisikan kecil yang terdengar mengatakan “katanya Kampung Inggris, kok ngomong nya gak pakek bahasa inggris?“. Pernyataan tersebut memang masih sering terdengar dari orang-orang  yang belum benar-benar menggali informasi mengenai Kampung Inggris Pare ini. Berdasarkan penjelasan yang sudah sangat sering kita bahas sebelumnya latar belakang disematkannya nama Kampung Inggris pun memang bukan karena semua penduduk di sini berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dalam aktivitas keseharian nya tetapi memang karena banyaknya lembaga kursus bahasa inggris yang berkembang dalam jumlah banyak. Penamaan tersebut pun sebenarnya tidak dilakukan secara resmi tetapi lebih penamaan yang secara tidak sengaja dan akhirnya tersebar dari mulut ke mulut.

Tetapi saya pernah melihat ada wawancara dengan pedagang di sana dan dia menggunakan bahasa inggris, itu cuma settingan?“. Bukan settingan guys hal tersebut merupakan kondisi yang sebenarnya tetapi memang tidak se mahir seorang native speaker tentunya. Banyak juga pedagang di Kampung Inggris ini yang menggunakan bahasa inggris ketika memberikan pelayanan ke pada pembelinya. Beberapa pedagang pentol, es kelapa muda, nasi uduk, dan juga es cendol berusaha untuk meng upgrade dirinya agar bisa melakukan komunikasi dalam bahasa inggris sebagai bentuk dukungan bagi para peserta kursus yang sedang menjalani proses belajar di Kampung Inggris ini. Sekali lagi untuk meredam ekspektasi mu agar tidak membayangkan kondisi yang terlalu tinggi kamu harus benar-benar memahami hal ini. Meskipun dikabarkan banyak pedagang yang menggunakan bahasa inggris ketika berjualan tetapi bukan berarti semua ya guys.

Meskipun ekspektasi mengenai lingkungan yang menggunakan bahasa inggris full dalam keseharian nya tidak bisa kamu temukan di sini kamu tidak perlu kecewa berlebihan terlebih dahulu karena ngobrol bahasa inggris di Kampung Inggris ini sudah menjadi salah satu budaya yang sangat bisa mendukung proses belajar mu. Yup, banyaknya peserta kursus yang berdatangan dengan tujuan yang sama membuat lingkungan belajar yang diciptakan menjadi sangat mendukung untuk peningkatan kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki. Mulai dari di kelas ketika kamu belajar dan juga diterapkannya peraturan untuk wajib berbahasa inggris ketika kamu tinggal di camp yang menerapkan English area akan sangat membatu mu untuk membiasakan diri untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris.

Memang penduduk lokal di Kampung Inggris ini tidak menggunakan bahasa inggris dalam komunikasi sehari-harinya tetapi mereka sudah sangat terbiasa dengan para pelajar yang berlatih menerapkan ilmu bahasa inggris yang sedang mereka pelajari dengan melakukan percakapan bahasa inggris dimanapun. Jadi kamu benar-benar bebas melakukan latihan berbicara bahasa inggris dengan teman-temanmu dimanapun dan kapan pun tanpa adanya tatapan aneh yang berasal dari orang-orang disekitar mu.

Kamu tidak perlu khawatir dengan tidak tercapainya ekspektasi awalmu mengenai penduduk lokal yang menggunakan bahasa inggris karena ekspektasi tentang suasana belajar yang sangat mendukung tetap akan kamu dapatkan di sini. Dan bagi kamu yang merasa takut untuk datang dengan alasan benar-benar belum bisa berbahasa inggris kamu tidak perlu khawatir justru kamu harus cepat datang ke Kampung Inggris Pare ini untuk membuat mu bisa berbahasa inggris dengan baik, jangan mau kalah dengan penjual es cendol yang mau berusaha untuk bisa bahasa inggris dong ya pastinya, hehe.

Jadi, kapan nih mau berangkat belajar ke Kampung Inggris Pare? Kami tunggu kedatangan mu di LC Kampung Inggris Pare ya guys, see you ^^.

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *