X

Prefix dan Suffix

Prefix dan Suffix – Jika dalam Bahasa Indonesia kita mengenal imbuhan, seperti pe-, ke-, -an, maka dalam Bahasa Inggris ada istilah Affix, yaitu imbuhan. Selengkapnya, Affix terdiri dari Prefix dan Suffix. Selain kedua imbuhan ini, masih ada juga Infix, Circumfix dan Suprafix.

Prefix adalah huruf atau beberapa huruf yang ada di awal kata dan merubah arti kata yang asli. Sedangkan Suffix adalah huruf atau beberapa huruf yang biasanya ditambahkan di belakang kata. Sama seperti prefix, maka suffix juga bisa merubah arti kata. Sedangkan kata dasar yang ditambahkan prefix dan suffix disebut Root (kata dasar).

Jika kita belajar menggabungkan beberapa jenis prefix, sangat penting untuk diingat nih, bahwa tidak semua kata bisa cocok dengan prefix tersebut. Kadang-kadang, beberapa kata yang memiliki bentuk tersendiri mirip dengan prefix dan suffix, seakan-akan itu adalah prefix tapi ternyata berbeda dengan prefix. Simpelnya, prefix adalah imbuhan (huruf atau beberapa huruf) yang ditambahkan di awal kata, tetapi prefix juga bisa dihilangkan dari kata dasarnya, dan kata dasar tersebut masih menjadi kata biasa tanpa prefix, meskipun arti kata akan berubah.

Cotohnya, pada prefix non- yang berarti ‘not /  bukan’ atau ‘without /  tanpa’. Kata dasar ‘sense’ bisa dikombinasikan dengan non- menjadi nonsense, dan ketika dilepaskan, sense bisa berdiri sendiri meskipun artinya berubah.

Nah, dalam banyak kasus, kita akan menemukan kata seperti prefix di dalam kamus yang seakan-akan merupakan prefix namun itu merupakan satu kata dasar. Misalnya, ada prefix contra- bergabung dengan root indicate menjadi contraindicate. Namun ada kata lain yang serupa: contraceptive dan contradict dimana contra pada dua kata tersebut bukanlah prefix melainkan sebuah kata tersendiri. Bedanya, ‘contra’ yang kedua jika dilepas tidak memiliki arti sendiri (ceptive dan dict tidak bisa berdiri sendiri tanpa contra). Orang-orang menyebutnya dengan “chameleon prefixes” (chameleon = bunglon) karena bisa menipu. So, be careful dan jangan sampai penggunaan ya..

Contoh lain yang merupakan chameleon prefixes:

Prefixes Artinya Chameleon Prefixes Artinya
Homophone Kata yang sama bunyi Homogeneous Sama dengan yang lain
Submarine Bawah laut Substitute Pengganti
Triangle Segi-tiga triceps Nama otot
Inconvenient Tidak menyenangkan Inebriate Pemabuk
Amoral Tidak bermoral Apathy Cuek, apatis

Prefix, Suffix dan Artinya

Yuk kita kenali berbagai jenis prefix dan suffix, berikut artinya. Dengan mengenali berbagai prefix dan suffix, kita mengetahui prinsip untuk mengkombinasikan root-prefix atau suffix, sehingga tidak perlu menghafal satu per satu kata yang terdapat prefix dan suffix-nya. Berikut ini merupakan prefix dan suffix yang paling sering muncul. Namun, di luar prefix dan suffix di bawah ini, masih banyak sekali imbuhan lainnya. Untuk memudahkan kamu dalam membedakan prefix dan suffix asli dengan chameleon tadi, maka gunakan saja prinsip root (kalau prefix dan suffix asli, bisa dilepas dengan root karena hanya imbuhan dan bukan kata asli)

Kebanyakan VERB dibentuk dari prefix re-, dis-, over-, un-, mis-, out-, dan suffix -ise, -en, -ate, -(i)fy. Sedangkan NOUN biasanya dibentuk dari prefix co- sub- dan suffix -tion, -ity, -er, -ness, -ism, -ment, -ant, -ship, -age, -ery. Untuk ADJECTIVE, bisa dikombinasikan dengan banyak suffix, seperti -less, -ous -al, -ent, -ive, -ous, -ful, -less. Suffix yang digabungkan dengan noun/verb akan berubah menjadi adjective, misalnya: “drinkable = bisa diminum (adj)”. Untuk membentuk adjective, bisa juga digabungkan dengan adjective lain + negative prefix seperti un-, in- and non-.

1. Prefix

Prefix Artinya Contoh
Re- (mengulang) lagi, kembali React, reappear, reaccumulate
Pre- Sebelum Prehistory
Dis- Tidak, berlawanan, kebalikan Disappear, dismiss
De- Menurun, pengurangan, berlawanan Deflate, degenerate
Pro- Untuk, menuju, sebelum Proactive
Mis- Salah, kesalahan Misunderstanding, misplace
Non- Tidak Nonfiction, nonsense
Un- Tidak, berlawanan unequal, unusual
Sub- Di bawah Submarine, subnormal
Inter- Di antara International

2. Suffix

Suffix Artinya

Contoh

-ness Menyatakan keadaan
-able Bisa untuk, memungkinkan Portable
-ly Bentuk kata keterangan Slowly, Clearly
-less Tanpa, tidak terpengaruh Careless, tireless
-ed Bentuk kata sifat Winged
-ful Penuh dengan Grateful, Careful
-ance Bentuk kata benda: Aksi, Keadaan, proses Resistance
-y Penuh dengan, menyatakan keadaan Glory, Messy
-er Perbandingan lebih dari yang lain (Comparative) Smaller, Stronger
-est Perbandingan yang paling di antara yang lain (Superlative) Tallest, Newest

Oke, sahabat kampung inggris, itu dia penjelasan dan contoh lengkap prefix dan suffix. Jadi makn tau, dan makin gaul donk. Semoga bermanfaat ^_^

Belajar idiom tentang angka-angka? Baca selengkapnya di: 20 Idioms About Number

Categories: Belajar bahasa Inggris
LC Kampung Inggris :

This website uses cookies.