web analytics
Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Percakapan Bahasa Inggris 4.5/5 (8)

Kampung Inggris LC dalam postingan kali ini akan berbagi ilmu lebih banyak tentang bagaimana sih caranya biar kamu bisa fasih berbahasa inggris. Untuk kamu yang pengen banget bisa ngobrol sama bule, atau ingin meningkatkan kemampuan untuk melakukan percakapan atau dialog, coba saja simak dan praktekkan tips-tips dari kami ya!

Cara Cepat Belajar Conversation (Percakapan)

1. Harus Berani

Berani adalah kunci utama, menurut Kampung Inggris LC. Kamu tidak perlu mencoba dengan sebuah percakapan yang rumit dengan teman. Cobalah memulai kegiatan berlatih conversation bersama teman dengan cara yang sederhana.

Misalnya, kamu bisa mengekspresikan apa yang kamu rasakan hari ini kepada teman baikmu, seperti contoh berikut:

  • I am so happy today (Aku seneng banget loh hari ini)
  • I am so sorry for being late (Maaf ya, duh aku terlambat nih)

Dan masih banyak ekspresi lainnya seperti I am so sad untuk mengekspresikan bahwa kamu sedang sedih, atau I am so upset ketika teman kamu berhasil membuatmu marah-marah.

Atau, ketika sedang teleponan dengan temanmu, kamu juga bisa menggunakan bahasa inggris yang sederhana untuk memulai conversation sekedar untuk melatih keberanianmu terlebih dahulu. Misalnya, dengan menanyakan beberapa hal pada temanmu. Berikut tambahan dari Kampung Inggris LC:

  • Where are you? (Kamu dimana sih?)
  • What are you doing?  (Kamu lagi ngapain?)
  • Are you busy? (Kamu lagi sibuk?)
  • Am I disturbing you? (Ganggu nggak nih?)
  • Is everything okay? (Semuanya baik-baik aja kan?)
  • Is there any problems?  (Apa ada masalah?)

Nah, seperti yang kamu lihat sendiri, contoh-contoh kalimat di atas begitu sederhana, tidak terlalu panjang. Mulailah dengan kalimat-kalimat yang sederhana untuk memicu semangatmu berlajar berdialog dalam Bahasa Inggris.

2.  Mulailah Membicarakan Topik Tertentu

Belajar memang harus dipaksa, jadi jangan segan untuk mulai melakukan sesuatu yang menantang. Jika kamu sudah berhasil memulai percakapan pendek dengan teman, kamu bisa menuju ke level selanjutnya, yaitu membicarakan topik tertentu.

Bagaimana caranya memulai Conversation dalam Bahasa Inggris dengan topik tertentu? Lagi, mulailah dari hal yang sangat sederhana.

Ada beberapa kalimat pembuka topik conversation yang bisa kamu coba, seperti berikut:

Do you like football? (Apakah kamu suka sepak bola?)

Dialog kemudian dapat dimulai, misalnya dengan percakapan Bahasa Inggris dua orang seperti ini:

A: Do you like football? (Apakah kamu suka sepak bola?)

B: Yes, I do. How about you? (Suka, dong. Kalau kamu bagaimana?)

A: Me too. What do you think about our national football team? (Saya juga. Bagaimana pendapatmu tentang tim nasional kita?)

B: I think they are a great team. I hope they can be the champion in all matches (Saya rasa mereka adalah tim yang hebat. Saya berharap mereka bisa menjadi juara dalam semua pertandingan).

A: Yes, I hope so. (Ya, saya juga berharap demikian)

Topik tersebut bisa dikembangkan lagi misalnya dengan membicaran film terbaru, membicaran rencana liburan akhir semester, dan masih banyak lagi.

3. Tanggapi Pembicaraan Lawan Bicara

Agar kamu bisa giat berlatih bersama teman, cobalah selalu berusaha untuk menjaga Percakapan Bahasa Inggris. Caranya juga cukup sederhana. Misalnya, di Kampung Inggris Pare, kamu bisa belajar menanggapi pembicaraan  dengan menggunakan kata yang menyatakan kamu terkesan, seperti “Wow, itu keren!” Kamu bisa mengekspresikan kalimat tersebut dengan berbagai cara, misalnya berikut:

  • Wow, that is amazing! (Kerenlah!)
  • Wow, that is interesting! I have never tried that! (Menarik sekali! Aku nggak pernah coba sih)
  • That’s cool! (Keren pokoknya!)
  • That’s unbelievable! (Kok rasanya susah banget dipercaya ya!)
  • You must be kidding me! (Artinya: “Kamu pasti bercanda kan?” Gunakan ekspresi ini karena saking kerennya sampai susah dipercaya).

Atau, kamu bisa mengulangi pernyataan dari lawan bicara, dan tambah dengan pertanyaan lanjutan supaya percakapan terus mengalir, misalnya:

So, you have visited Malaysia? Can you tell me more about Malaysia? (Jadi, kamu sudah pernah ke Malaysia, ya? Bisa cerita lebih banyak nggak tentang Malaysia?).

Bahkan kamu masih bisa mengajukan pertanyaan lebih banyak misalnya:

  • Do you know the best places to visit in Malaysia? (Kamu tahu nggak tempat wisata yang paling bagus di Malaysia?)
  • How about the culture, there? (Budaya penduduk lokal di Malaysia itu seperti apa sih?)
  • What is the best food you ever tasted in Malaysia? (Kalo makanan favorit di Malaysia yang paling enak menurut kamu apa?)

Seperti yang kamu lihat, ada banyak cara untuk menjaga agar obrolan terus mengalir dan tanpa sadar kamu telah mencoba menggunakan percakapan dalam Bahasa Inggris bersama temanmu.

4. Lupakan Grammar Sejenak

Untuk pemula, kesalahan terbesar yang membuat kamu kurang percaya diri dalam memulai percakapan Bahasa Inggris bareng teman adalah karena terlalu memperhatikan grammar. Ya, grammar memang sangat baik yang akan membuat siapapun terkesan jika kamu mampu menguasainya, tapi ini bukan hal penting ketika kamu sedang belajar percakapan Bahasa Inggris dari nol. Mengapa?

Fokus belajar conversation yang sedang kamu lakoni bisa pecah. Grammar memang harus dihafal, tapi bisa membuat kamu merasa gagap atau terbata-bata. Karena, secara otomatis kamu akan memikirkan aturan tenses, sedangkan belajar percakapan lebih diutamakan melatih spontanitas untuk mengungkapkan apa tanggapan yang sudah diproduksi oleh otak, kemudian disampaikan melalui mulut.

Apalagi, kalo Grammar menjadi fokus kamu, kamu jadi mikir bagaimana membuat pertanyaan atau kalimat yang tepat. Jadi, kamu malah banyak diam dan banyak mikirnya. Apalagi kalau kamu ada kesempatan untuk mengobrol dengan bule. Terlalu lama memilih pertanyaan yang tepat akan membuat kamu kehilangan momen untuk berinteraksi dengan bule. Jadi, lupakanlah grammar sejenak, itu akan sedikit membantu proses belajarmu!

5. Gunakan Metode Mendengarkan (Listening)

Ternyata, sering mendengarkan juga bisa menjadi salah satu kunci untuk membantu kamu lebih lancar belajar percakapan Bahasa Inggris. Kok bisa?

Mendengar melatih kemampuanmu dalam memahami Bahasa Inggris. Dengan sering mendengar, kamu jadi tahu apa yang harus kamu tanggapi dalam dialog percakapan, pernyataan tertentu, atau lainnya. Untuk itu, Kampung Inggris Kediri menyarankan agar kamu terus belajar mendengarkan Bahasa Inggris sebanyak satu hingga tiga jam setiap hari.

6. Gunakan Metode Mendengarkan Dan Menjawab Cerita Pendek

Jika kamu sudah mempraktekkan tips no.1 sampai no.5 dalam beberapa minggu secara rutin setiap hari, kamu bisa mencoba ke level yang lebih tinggi. Kali ini, Kampung Inggris menyarankan kamu untuk mencoba metode Listen and Answer Mini Story. Metode apa sih ini?

Jadi, metode ini bukan Listen and Repeat  yang belajar dari kaset, lalu mengulangi apa yang sudah kamu dengar. Cara tersebut tentu masih kurang efektif. Mengapa demikian? Sebab, itu berarti kamu sedang mengopi pembicaraan saja, sehingga akan mudah lupa.

Akan tetapi, metode Listen and Answer Mini Story adalah metode dimana kamu akan mendengar dan kemudian menjawab pertanyaan dari cerita yang sudah kamu dengarkan. Metode ini akan meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris sebab kamu harus berpikir dan menjawab pertanyaan dengan tepat. Melakukan cara ini secara rutin selama empat bulan akan membantu meningkatkan kemampuan berbicara, loh.

Belajar Bahasa Inggris menggunakan metode di atas tentu dibagi dalam beberapa segmen. Segmen pertama adalah mendengarkan rekaman cerita pendek. Kemudian, kamu akan disuguhi banyak pertanyaan yang mudah tapi konstan dan cepat. Sehingga, kamu tidak punya banyak waktu untuk memikirkan penggunaan grammar. Atau, kamu bisa bergabung dengan lembaga pendidikan non-formal di Kampung Inggris Pare untuk belajar percakapan Bahasa Inggris yang efektif agar bisa lancar berkomunikasi dalam hitungan minggu.

7. Sering Nonton Film Bahasa Inggris

Akan lebih menarik jika kamu belajar percakapan Bahasa Inggris bareng temen dengan cara yang sederhana, rileks, tapi efektif. Misalnya saja, kalian bisa berencana memiliki kegiatan rutin nonton film berbahasa Inggris di hari tertentu. Kemudian, pastikan film tersebut bersubtitle Bahasa Inggris. Cara ini adalah cara yang asik. Selain kamu bisa menikmati cerita dalam film, kamu juga bisa mempelajari kata-kata serta kalimat dalam konteks tertentu yang ada di adegan film.

Selain itu, dengan mendengarkan dialog atau percakapan dalam film, telinga kamu akan jadi terbiasa mendengarkan Bahasa Inggris. Mengapa ini penting? Karena, untuk bisa memulai percakapan, kamu dituntut untuk tidak hanya harus bicara, tapi juga harus mengerti apa sih yang sudah kamu dengarkan. Apalagi, percakapan Bahasa Inggris faktanya begitu cepat temponya. Sehingga, kalau salah dengar sedikit saja, kamu mungkin akan kurang dapat merespon dengan baik. Jadi, film berbahasa Inggris menjadi solusi efektif untuk kamu yang ingin melatih keduanya, yaitu kemampuan mendengarkan percakapan untuk kemudian dipahami, serta kemampuan untuk meningkatkan percakapan dari frasa atau kalimat yang digunakan.

Kemudian, menonton film Bahasa Inggris jadi kurang efektif kalau kamu hanya sekedar menonton, bukan dengan tujuan belajar. Bagaimana caranya agar bisa mempelajari percakapan Bahasa Inggris pada film dengan cepat? Catat. Gunakan kamus dan buatlah catatan kecil supaya kamu mudah mempelajarinya. Lalu, praktekkan setiap kalimat yang sudah kamu catat untuk memulai latihan menggunakan Bahasa Inggris bersama teman.

8. Fokus Pada Frasa, Bukan Kata

Untuk lebih mudah memahami percakapan tertentu, terjemahkan dalam sebuah frasa, bukan menerjemahkan kalimat tersebut per kata. Cara ini akan membuatmu bisa merespon apa yang diucapkan lawan bicaramu dengan baik dan cepat. Apalagi, percakapan Bahasa Inggris berlangsung secara cepat dan cenderung mengalir. Sehingga, ketika kamu mencoba menerjemahkan apa yang diucapkan oleh lawan bicaramu, maka ini akan terlalu lama. Jadi, terus berlatih mengartikan frasa dalam Bahasa Inggris, kemudian hafalkan dengan cara dipraktekkan. Ulangi terus menggunaan frasa tersebut sampai kamu benar-benar terbiasa mengucapkannya.

9. Mulailah Melakukan Percakapan Bahasa Inggris Dengan Keluarga

Buatlah suasana belajarmu jauh lebih menarik, misalnya dengan melatih percakapan Bahasa Inggris di rumah dengan keluarga. Atau, jika kamu jauh dari keluarga, mulailah menggunakan Bahasa Inggris untuk ngobrol bareng teman di tempat kerja, komunitas, atau teman dekat walaupun sekedar curhat. Katakan pada mereka bahwa kamu harus berlatih keras untuk bisa melakukan percakapan Bahasa Inggris. Mereka tidak akan keberatan dan pasti akan mendukungmu. Tips ini akan membuat kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris secara lisan dengan baik. Mengapa demikian? Karena kamu langsung mempraktekkannya, tidak hanya sekedar menghafal. Kamu juga akan menggunakan Bahasa Inggris ketika lawan bicaramu memberikan respon dalam setiap percakapan. Kamu juga akan terbiasa merespon obrolan cepat. Bahkan, cara ini juga tergolong efektif. Pada awalnya, kamu mungkin membutuhkan waktu sekian menit untuk merespon lawan bicaramu, sehingga akan sedikit terbata-bata. Namun, karena terbiasa dan seiring berjalannya waktu, obrolan jadi lebih mengalir dan kamu bisa merespon semuanya secara lancar dalam Bahasa Inggris.

11. Gunakan Internet

Internet di era modern saat ini bisa dinikmati oleh siapapun, termasuk para pelajar. Kuota internet dijual dengan harga murah, bahkan saat ini para pelajar juga menggunakan ponsel pintar. Jadi, kamu bisa memanfaatkan internet dengan cara bergabung di grup belajar Bahasa Inggris. Atau, kamu juga bisa download aplikasi seperti Mango Languages yang cocok untuk kamu yang sedang fokus belajar berbicara atua conversations. Aplikasi seperti ini akan membantu kamu untuk belajar kosakata, cara pengucapan, serta tata bahasa. Bahkan, ada berbagai percakapan dasar, termasuk pengucapan sapaan.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Di Hotel

Nah, berikut Kampung Inggris LC menyediakan bagaimana percakapan yang bisa kamu coba.

Situasi dalam percakapan:

Pak Joko dan keluarganya hendak menginap di Hotel selama tiga hari, karena mendapatkan penawaran murah.

Receptionist     : Good evening, sir. Welcome to Nusantara Hotel. May I help you?

Mr. Joko          : Good evening. We would like to reserve a room. Do you have available rooms to book?

Receptionist     : Give me a second; I am going to check it out. Well, we have some empty rooms. We have both deluxe and standard rooms available. Which one is your need, sir?

Mr. Joko          : We think we need a deluxe room for three days. How much should we pay for the room?

Receptionist     : Alright, the cost for a deluxe room is 200.000 Rupiah per night. So, the total is 600.000 Rupiah. Please fill in the reservation form first, sir.

Mr Joko           : Okay, here you are.

Receptionist     : Thank you. How will you pay for the fee, sir?

Mr. Joko          : I will pay for it by cash. Here you are.

Receptionist     : Thank you, Mr. Joko. Your room is in number 127. Here is your key. Let our bellboy escorts you to the room. We hope you enjoy holiday.

Mr Joko           : Sure, you are welcome.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Liburan

Contoh percakapan liburan dari Kampung Inggris LC di bawah ini bisa kamu coba bersama teman atau saudara di rumah.

Abi       : I am so happy we have a long holiday. Three weeks are more than enough!

Andi     : Yeah, me too. So, where are you going?

Abi       : I am going to go hiking and camping with my dad. Also, we are going to visit my grandma’s house.

Andi     : That sounds nice!

Abi       : How about you? Do you have a plan for your holiday?

Andi     : Honestly, I have no plans yet.

Abi       : Well, you can join us if you don’t mind to.

Andi     : Really?

Abi       : Sure!

Andi     : Well, let me think later. I will let you know this evening, okay?

Abi       : Okay. We hope you can join us.

Andi     : Can you tell me more about your holiday?

Abi       :  So, we are going to go hiking and camping for two nights. After that, we are going to go to my grandma’s house. There, we have a small barbecue party. We can do other things like diving, snorkeling, kayaking, and even enjoying the sunset.

Andi     : That’s awesome! I think I should talk to my parents first. I hope they allow me to join your holiday.

Abi       : You should! Okay, I am waiting for the good news from you. But, I am worry that I cannot stay here for any longer.

Andi     : Okay, Abi. Thank you for the conversation. See you later.

Abi       : See you.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tiga Orang Perkenalan

Kampung Inggris Kediri LC akan memberikan contoh bagaimana memulai percakapan perkenalan tiga orang dalam Bahasa Inggris.

Situasi dalam percakapan:

Mawar dan Rosa sedang berbelanja untuk kebutuhan bulanan. Tanpa sengaja, mereka bertemu dengan Lani, teman lama Mawar.

Mawar  : So, what are we going to buy, Rosa?

Rosa     : Wait a moment. I have to check our shopping list. We need some vegetables, spices, and fruits. We need floor cleaner, too.

Mawar  : Okay, let us start to find these things! But, wait! It looks like my old friend. Hey, Lani! Lani! Oh my God, I cannot believe this! Where have you been?

Lani     : Hi, Mawar! I miss you so much. I am glad to see you, how are you? I live in Bandung, now. I am working at Sejahtera Company. How about you?

Mawar  : I miss you too, dear. I am glad to see you too. I am fine, thank you. I am working at Larisso Company. Oh, I would like to introduce my friend, Mawar. Mawar, this is Rosa, my friend. And Rosa, this is Mawar, my old friend when we were in senior high school.

Rosa     : Hi, Lani nice to meet you.

Lani     : Hello, Rosa nice to meet you too.

Mawar  : So, what brings you here, Lani?

Lani     : Oh, I am just going to buy some souvenirs for my family in Bandung.

Rosa     : Great! We can help you to find the best places to buy affordable souvenirs around here.

Lani     : Really? I am so happy, thank you.

Mawar  : That’s a good idea. Let’s go!

Contoh Percakapan Bahasa Inggris 4 Orang Ala Kampung Inggris

Kampung Inggris juga memberikan beberapa contoh percakapan Bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari di rumah atau dimanapun bersama teman dan keluarga.

Situasi dalam percakapan:

Percakapan antara, Rahma, Lisa, Tomi, dan Guru tentang hobi yang mereka miliki.

Teacher: Class, today we are going to talk about your hobby. So, hobby is an activity you love to do in particular time. Would you like to tell me about your hobby? Well, let us start from Rahma.

Rahma  : My hobby is playing badminton. I love playing badminton with my sister.

Teacher: That’s nice, Rahma! Playing badminton is so much fun and good for your healthy. What about Lisa?

Lisa      : My hobby is playing piano, mom.

Teacher: Wow, that’s cool! How good are you at playing piano, Lisa?

Tomi    : I watched her videos on YouTube, mom. Lisa is very talented. She can play piano while singing.

Teacher: It looks like our class has many great students. Great, class! How about you, Tomi?

Tomi    : Umm… I love crafting and doing DIY projects at home. I have made some crafts from recycled materials, mom.

Teacher: It is amazing, Tomi. You have a great contribution to save our planet. Will you show me your DIY projects next week?

Tomi    : Sure, mom. I will bring some for the next meeting.

Teacher: Great! I hope you do your hobby without leaving your duty as a student. Now, each of you may start to write down the details of your hobby.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari

Lagi pengen belajar percakapan Bahasa Inggris sehari-hari? Kampung Inggris Pare LC juga menyediakan contohnya loh. Kamu bisa memainkan role play bersama teman belajar dengan mencoba dialog berikut:

Contoh 1 – Greeting atau menyapa oranglain

A: Hi, my name is Odi. It is nice to meet you. (Halo, namaku Odi. Senang berkenalan dengan kamu)

B: Hi, my name is Ali, nice to meet you, too. (Hai, namaku Ali. Aku juga senang berkenalan dengan kamu)

Note: Greeting atau percakapan perkenalan memang menggunakan bahasa formal, karena kita belum pernah bertemu dengan orang tersebut sebelumnya.

Contoh 2 – Greeting

Odi: Hey, Ali! How have you been? (Hai Ali, gimana kabarmu?)

Ali: Oh, hi Odi! What a surprise, long time no sees. How have you been? (Oh, halo Odi! Bener-bener nggak nyangka bisa ketemu, udah lama ya nggak ketemu. Kamu apa kabar?

Odi: Well, I am great. How about you? (Aku baik. Kamu gimana?)

Ali: Pretty well, thanks. Let’s have a lunch. I will treat you! (Aku juga baik kok. Eh, makan bareng yuk. Aku traktir deh!)

Odi: Sure! (Oke!)

Berbeda dengan percakapan sebelumnya, dalam konten dialog di atas, percakapan tampak informal. Ini dikarenakan Odi dan Ali sudah saling mengenal. Juga, percakapan informal biasanya digunakan karena mereka adalah teman sebaya. Nah, di Kampung Inggris Pare kamu malah bisa belajar lebih banyak conversation atau percakapan dengan teman-teman disana. Apalagi, jam belajar di tempat kursus bahasa Inggris ini begitu intensif. Jadi, kamu nggak bakalan butuh waktu lama untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Mau Cepat Bisa Belajar Conversation?

Gabung Dengan Kampung Inggris LC!

Di lembaga pendidikan non-formal, Kampung Inggris Kediri yang kami dirikan ini, kamu bisa bergabung dengan banyak teman dari berbagai daerah. Jadi, selalu rekam dalam benak kamu bahwa berbicara adalah produksi dari otak yang kemudian disampaikan melalui mulut. Tentu, berbicara berbeda dengan mendengar atau membaca yang cenderung merupakan aktifitas pasif. Lancar berbicara harus aktif, harus berani dalam mengemukakan pendapat.

Ketika kamu ingin belajar percakapan Bahasa Inggris yang baik  dan lancar baik dalam pembicaraan yang sederhana, sehari-hari, atau dalam momen tertentu, kamu dituntut untuk percaya diri dan berani. Yakin deh, dengan bersungguh-sungguh dan menggunakan tips yang sudah kami share di atas, kamu pasti bisa kok. conversation 

biaya program kampung inggris

Kampung Inggris Search :

  • percakapan bahasa inggris
  • contoh percakapan bahasa inggris 2 orang tentang kegiatan se
  • percakapan bhs inggris
  • tips dan percakapan bahasa inggris 2 3 4 orang
  • Contoh2 percakapan keren dan jelas sama teman
  • contoh percakapan 4 orang dalam bahasa inggris
  • Percakapan teman saat ketemu dirumh makan
  • Percakapan teman saat beri solusi dlm suatu masalah
  • percakapan bahasa inggris dan arti kocol spongebob
  • percakapan bahasa inggris dan artinya
  • percakapan bahasa inggris sehari hari anak
  • percakapan bahasa jnggris memaklumi kesalahan yang di perbuat
  • Percakapan yang pengucapannya bareng
  • prcakpan bahasa inggris
  • percakapan dengan bule where the next place
  • percapakan bahasa inggris
  • percakapan bahasa inggris 2 orang tentang perkenalan
  • percakapan awal kenalan bahasa inggris dengan orang inggris
  • contoh dialog 2
  • contoh dialog buat video project bahasa Inggris

Nilai Kualitas Konten

  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
 
 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *