web analytics
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Perbedaan serta Persamaan Anecdote dan Spoof Text 4.33/5 (3)

anecdote-vs-spoof

Kalian mungkin sering keliru ketika memberikan pernyataan tentang Anecdote Text dan Spoof text yang merupakan bagian dari jenis teks Bahasa Inggris yang memang hampir sama yaitu jenis teks yang menceritakan kisah lucu, namun sebenarnya kedua teks tersebut memang berbeda.

Kali ini artikel tidak hanya membahas hanya Perbedaan Anecdote dan Spoof text, namun juga membahas tentang persamaan kedua jenis teks tersebut. Sebenarnya banyak sumber yang sudah menekankan bahwa sebenarnya jenis Anecdote Text bukan cerita lucu yang selama ini kalian kira.

Kalian bisa menemukan beberapa perbedaan Anecdote Text dan Spoof Text untuk menambah wawasan kalian dalam memahami kedua jenis teks tersebut. Untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap tentang perbedaan dan persamaan kedua text ini, maka akan di bahas secara lebih detail di bawah ini.

Pada penjelasan di bawah ini, artikel akan memberikan penjelasan tentang persamaan dan perbedaan Anecdote Text dengan Spoof text. Artikel juga menyediakan struktur teks untuk kedua jenis teks tersebut untuk membandingkan antara keduanya.

Persamaan

Kalian bisa melihat beberapa persamaan kedua teks tersebut, yaitu:

  1. Antara Anecdote Text dengan Spoof text memang jenis teks Bahasa Inggris yang tergolong ke dalam Narration (Narasi). Teks yang digolongkan dalam Narration (Narasi)merupakan jenis teks yang menceritakan kembali sebuah kisah atau cerita yang terjadi di masa lampau atau biasa dikenal dengan teks yang menceritakan kembali suatu kejadian di masa lampau.
  2. Karena memang termasuk ke dalam golongan Narration maka Anecdote Text dan Spoof Text menggunakan Past Tense.
  3. Tujuan komunikatif antara Spoof Text dan Anecdote Text juga sama yaitu menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang sudah terjadi di masa lampau dengan tujuan memberi informasi dan menghibur para pendengar atau pembaca.
  4. Untuk struktur kedua jenis teks tersebut sama-sama mempunyai orientation (orientasi), seperti bagian pengenalan tokok, cerita, tempat, dan masih banyak lainnya.
  5. Antara jenis Anecdote Text dan Spoof Text mempunyai beberapa kesamaan di bagian kebahasaannya, seperti menggunakan bentuk Past Tense dan action verb, seperti ran, walked, ran, went, ate, dll.

Apa Perbedaan Anecdote dan Spoof text?

Anecdote Text
Spoof Text
sering digunakan untuk menceritakan sebuah peristiwa atau kejadian ganjil yang tidak biasa. Hal ini tidak benar jika Anecdote Text adalah salah satu jenis teks Bahasa Inggris yang menceritakan kisah atau cerita lucu. Jadi jenis teks ini lebih mengarah pada menceritakan kembali kisah atau peristiwa ganjil (tidak biasa)
 jenis text bahasa Inggris yang dibebani untuk menceritakan kisah atau peristiwa lucu yang sudah terjadi. Biasanya diawali dengan alur cerita yang nampak normal dan semua akan berubah menjadi kejadian lucu pada bagian twist
Anecdote Text mempunyai empat struktur teks, yaitu:

–       Abstract, bagian di mana penulis memperkenalkan terlebih dahulu tentang suatu kejadian ganjil yang telah dialami

–       Orientation, bagian yang menceritakan kapan, siapa dan di mana peristiwa ganjil itu terjadi

–       Crisis merupakan bagian yang menceriakan peristiwa ganjil yang pernah dialami tersebut

–       Reaction bagian di mana penulis tersebut memberikan pemecahan masalah atas peristiwa ganjil tersebut.

Sedangkan Spoof Text hanya mempunyai tiga struktur teks, yaitu:

–       Orientation, bagian pengenalan cerita tentang kapan, siapa dan dimana.

–       Events adalah bagian di mana penulis mulai menceritakan kejadian atau peristiwa normal (masih wajar)

–       Twist adalah bagian di aman penulis menceritakan kebalikan dari kejadian atau peristiwa normal pada bagian event menjadi keseluruhan text yang lucu.

Terdapat beberapa ciri bahasa dalam Anecdote Text yang jarang muncul dalam Spoof Text. Dalam jenis teks Anecdote sering dijumpai beberapa teks, yaitu: Do you know what?
Terdapat beberapa ciri bahasa Spoof Text yang juga jarang digunakan dalam Anecdote text. Pada Spoof Text sering dijumpai penggunaan Adverbs of place dan adverbs of time (Keterangan tempat atau waktu yang diceritakan secara berurutan)

Perbandingan antara Anecdote Text dan Spoof Text

Anecdote Text

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Anecdote Text digunakan untuk menceritakan kembali suatu kisah atau peristiwa ganjil yang sudah terjadi. Kalian bisa menggunakan jenis teks ini ketika kalian ingin membagi kisah ganjil yang sudah kalian alami sebelumnya. Contoh: kalian bisa menceritakan salah satu pengalaman liburan kalian yang tak terlupakan karena suatu kejadian tertentu. Banyak sekali sumber yang menyediakan berbagai contoh anecdote text

Spoof Text

Jenis teks ini digunakan untuk menceritakan kejadian lucu yang pernah kalian alami. Kalian bisa menggunakan struktur teks yang sudah disebutkan dengan cara menceritakan kejadian normal terlebih dahulu baru kemudian mengubahnya menjadi cerita yang lucu pada bagian “twist”.

Nah seperti itu tadi guys perbedaan dan persamaan Anecdote & Spoof text yang bisa kami ulas. Jika kamu memiliki poin yang belum disebutkan yuk  tulis di kolom komentar bawah ini. Semoga bermanfaat !!!

Materi lainnya yang bisa kamu baca: Pengertian Multiplicative Number dan Fraction Number.

Kampung Inggris Search :

    similarity & different between spoof and annecdote, perbedaan spoof dan anekdot, aneldot dalam bahasa Inggris, what is anekdot, the difference and similarities between anexdote and spoof, persamaan spoof and annecdote, Perbedaan spoof dan, perbedaan spoof and anecdote, difference between spoofed and anecdote, cerita bahasa inggris lucu kampung inggris, cara membedakan text spoof anekdot recount text, Cara membedakan teks spoof dan teks anekdot, bedanya anekdot dengan spoof, Apa perbedaan teks anekdot dan teks spoof, what is the differences between spoof text and anekdot

Nilai Kualitas Konten

 
 

Share this Post



 
 
 
 
 
Info Lengkap KLIK di Sini
close
Banner iklan disini