X

Pengertian Gerunds and Infinitives

Gerunds dan infinitives memiliki beberapa kemiripan, yaitu sama-sama terbentuk dari kata kerja yang kemudian beralih fungsi menjadi kata benda di dalam suatu kalimat. Terkadang penggunaan gerunds dan infinitives juga dapat saling menggantikan. Namun ternyata, ada beberapa perbedaan antara gerunds dan infinitives yang mesti kalian pahami. Mari kita kupas tuntas tentang pengertian gerunds and infinitives agar kalian menjadi tahu perbedaan dan penggunaan yang tepat untuk keduanya.

Pengertian gerunds and infinitives

Mengapa penting untuk mengetahui pengertian gerunds and infinitives? Dengan mengetahui pengertian keduanya, serta membandingkan contoh yang diberikan, maka kalian diharapkan akan menjadi semakin paham tentang persamaan dan perbedaan antara keduanya.

1. Gerunds

Gerund merupakan sebuah kata yang berfungsi sebagai kata benda, namun berasal dari kata kerja yang kemudian ditambah akhiran –ing. Gerund dapat digunakan sebagai subyek, obyek, maupun pelengkap dalam suatu kalimat. Coba kalian amati beberapa contoh berikut ini:

  • Exercising makes me healthy.

(Berolahraga membuatku sehat.)

  • My brother loves swimming so much.

(Saudara laki-lakiku sangat seka berenang.)

  • Shopping is one of my hobbies.

(Berbelanja merupakan salah satu hobiku.)

Kata “berolah raga”,”berenang”, dan “berbelanja” sebenarnya merupakan kata kerja atau verb. Namun, pada contoh kalimat yang diberikan, ketiga kata tersebut sudah tidak lagi berbentuk kata kerja, namun berubah bentuk menjadi kata benda. Pada kalimat (a). Kata “berolahraga” merupakan kata benda yang berfungsi sebagai subjek kalimat. Oleh karena itu, kalimatnya tidak lagi berbentuk “Exercise makes me healthy”, namun menjadi “Exercising makes me healthy.”

2. Infinitives

Infinitives memiliki pengertian dan fungsi yang sama dengan gerunds, namun bentuknyalah yang berbeda. Kamu bisa membuat kalimat dengan menggunakan “to+verb” sebagai kata benda yang berfungsi sebagai subyek, obyek, maupun pelengkap. Beberapa kalimat yang menggunakan “to+verb” contohnya adalah:

  • To exercise is very important for me.

(Berolahraga adalah hal yang sangat penting bagiku.)

  • Something that he wants the most now is to see you.

(Sesuatu yang paling dia inginkan sekarang adalah menemuimu.)

Hampir mirip seperti penjelasan pada gerunds, contoh di atas menunjukkan beberapa kata kerja yang berubah bentuk menjadi kata benda dengan adanya “to” di depannya. Pada beberapa kalimat, gerunds dan infinitives dapat saling menggantikan posisinya. Namun, ada juga beberapa pengecualian dimaan gerunds dan infinitives tidak dapat saling menggantikan. Apa saja perbedaan yang membuat gerunds dan infinitives kadang tidak bisa saling menggantikan? Simak penjelasan berikut ini

Perbedaan Gerunds dan Infinitives

Jika tadi kita sudah membahas tentang pengertian gerunds and infinitives, kini bisakah kaian mengidentifikasi apa perbedaan antara keduanya? Berikut ini beberapa perbedaan antara gerunds dan infinitives yang harus kalian perhatikan.

  1. Keduanya memang bisa digunakan sebagai subyek maupun komplemen dalam suatu kalimat. Namun, untuk komplemen, biasanya gerunds akan lebih sering atau lebih umum untuk digunakan.
  2. Terdapat beberapa kata yang memang harus diikuti gerunds (misalnya: admit, complete, deny, mention)  dan ada beberapa kata lain pula yang harus diikuti oleh to infinitive (misalnya: agree, decide, deserve, happen). Misalnya:
  • He admitted making  a mistake.

(Dia mengaku berbuat salah.)

  • He’s just completed filming his latest film.

(Dia baru saja menyelesaikan pembuatan film terbarunya.)

  • They certainly deserved  to  win that match.

(Mereka benar-benar layak memenangkan pertandingan itu.)

Pada ketiga contoh tersebut, gerunds dan infinitives tidak bisa saling bertukar posisi, karena kata “admit” dan “complete” hanya boleh diikuti gerunds, bukan infinitives. Begitu pula sebaliknya untuk contoh (c).  Itu berarti, mau tidak mau kalian perlu mengingat kata apa saja yang hanya boleh diikuti gerunds, kata apa saja yang hanya boleh diikuti infinitives, serta kata-kata yang boleh diikuti keduanya. Berikut ini kami berikan beberapa contoh kata-kata tersebut:

  1. Harus diikuti gerunds: advise, avoid, deny, finish.
  2. Harus diikuti infinitives: agree, choose, decide, happen, get.
  3. Boleh keduanya, tanpa mengubah arti: continue, begin, like, love, hate, prefer, start.
  4. Boleh keduanya, namun artinya bisa berubah: remember, stop, forget.

Contoh tersebut tentu hanya sebagian kecil kata-kata yang biasa kalian gunakan dalam percakapan sehari-hari. Apabila sulit untuk menghafalkan kata mana yang harus diikuti gerunds, infinitives, atau keduanya, maka kuncinya adalah dengan mempraktekkannya sesering mungkin. Karena, dengan sering menggunakannya, kalian lama kelamaan akan terbiasa dan hafal dengan kosakata tersebut,

Semoga artikel ini dapat membantu memperdalam pemahaman kalian tentang pengertian gerunds and infinitives beserta persamaan dan perbedaan keduanya.

Yuk baca juga artikel lainnya, salah satu yang bisa kamu baca adalah “Apa sih Spoof Text Itu?“.

Categories: Belajar bahasa Inggris
LC Kampung Inggris :

This website uses cookies.