close
program desember ceria
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Macam-Macam Pronoun Bahasa Inggris

2 min read

jenis-jenis-pronoun

pronoun dalam bahasa inggris

Mempelajari dan menguasai materi pronoun merupakan salah satu hal penting dalam penguasaan bahasa Inggris. Ada cukup banyak jenis pronoun yang perlu untuk kalian pahami secara mendalam. Namun, sebelum membicarakan tentang macam-macam pronoun dalam bahasa Inggris, terlebih dahulu kita akan membahas pengertian pronoun.

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian pronoun bahasa Inggris

Pronoun jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia menjadi “kata ganti”. Kata ganti atau pronoun ini merupakan kata yang fungsinya untuk menggantikan suatu benda (noun) ataupun frasa kata benda (noun phrase). Mengapa kata ganti perlu digunakan? Karena dengan menggunakan kata ganti, kalimat yang kita tuliskan atau ucapkan tidak akan terdengar monoton atau berulang-ulang. Karena tujuan utama penggunaan pronoun dalam bahasa Inggris tidak lain adalah untuk menghindari adanya pengulangan noun dan noun phrase yang sama dalam satu atau beberapa kalimat.

Macam-macam pronoun bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, kita mengenal seridaknya tujuh jenis prononun. Apa sajakah itu? Berikut ini daftar beserta penjelasan dan juga contohnya.

1. Reflexive pronoun bahasa inggris

Reflexive prnoun merupakan jenis pronoun yang gunanya adalah untuk menunjukkan suatu kegiatan atau action yang dilakukan oleh subjek itu sendiri. Dengan menggunakan reflexive pronoun, suatu kalimat atau ujaran akan terkesan memberikan penekanan pada subjek atau objek itu sendiri. Ciri-ciri dari reflexive pronoun adalah adanya akhiran –self untuk bentuk tunggal (myself, himself, herself, itself), dan juga akhiran –selves untuk bentuk jamak (themselves, ourseleves).

Contoh kalimat:

  1. I’ve bought myself a new coat.
  2. They asked themselves where they had gone wrong.

2. Possessive pronoun

Possess dalam bahasa Inggris berarti memiliki. Jadi, possessive pronoun secara bahasa artinya adalah kata ganti milik. Secara istilah, possessive prononun dapat diartikan sebagai kata ganti yang tujuannya menunjukkan kepemilikan sesuatu oleh seseorang atau suatu kelompok. Possessive pronoun itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu dependent pronoun dan juga independent pronoun. Jika dependent pronoun diletakkan sebelum noun (kata benda), maka independent prononun biasanya diletakkan setelah verb (kata kerja). Yang termasuk ke dalam dependent pronoun antara lain my, your, her, his, our, their, dan its. Sedangkan yang termasuk independent pronoun adalah mine, yours, hers, his, ours, theirs, dan its.

Contoh kalimat:

  1. My father is a policeman
  2. I like your dress. Where did you get it?
  3. This book is mine.
  4. My brother is younger than yours.

Kalimat (c) dan (d) merupakan contoh kalimat yang menggunakan dependent possessive pronoun, sedangkan kalimat (e) dan (f) menggunakan independent possessive pronoun.

3. Personal pronoun

Pengen Konsutasi PR ?

Person jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah orang. Jadi, personal pronoun dapat kita artikan sebagai kata ganti orang. Fungsi dari pronoun jenis ini tentu saja untuk menggantikan subjek atau objek yang berupa orang, atau terkadang juga bisa berupa benda. Untuk menggantikan subjek, personal pronoun yang digunakan adalah I, you, he, she, we, they, dan it. Sedangkan untuk menggantikan objek, personal pronoun tersebut berubah menjadi me, you, him, her, us, them, dan it.

Contoh kalimat:

  1. Don’t ask Andrew, he won’t know.
  2. Where are my glasses? They were on the table just now.
  3. What’s Terry up to – I haven’t seen him for ages.
  4. I’ve lost my keys. I can’t find them anywhere.

Pada kalimat (g) dan (h) personal pronoun yang digunakan bertindak sebagai subjek, yaitu he (untuk menggantikan Andrew) dan they (untuk menggantikan my glasses). Sedangkan pada kalimat (i) dan (j), personal pronoun yang digunakan bertindak sebagai objek him (untuk menggantikan objek yaitu Terry, dengan subjek I) dan juga them (untuk menggantikan objek keys, dengan subjek I).

4. Interrogative pronoun

Interrogative pronoun merupakan kata ganti yang menanyakan suatu subjek atau objek. Contoh dari interrogative pronoun ini adalah what, why, who, which, whom, whose.

Contoh kalimat:

  1. What did you buy?
  2. Which is mine? The smaller one?
  3. Who did this?

(Yuk baca juga: Perbedaan dan Persamaan Anecdote & Spoof Text)

5. Demonstrative pronoun

Demonstrative pronoun adalah jenis kata ganti yang berfungsi untuk menunjuk pada sesuatu yang sedang dibicarakan. Untuk menunjuk sesuatu yang dekat, maka kalian bisa menggunakan kata this dan these, sedangkan untuk menunjuk sesuatu yang jauh, kalian bisa menggunakan kata that dan those.

Contoh kalimat:

  1. This is the book I want.
  2. These books are too heavy for me to carry.
  3. That building is my school.
  4. Those guys are my neighbours.

6. Indefinite pronoun

Indefinite pronoun biasanya digunakan untuk merujuk kepada suatu subjek, objek, atau keterangan yang tidak menentu. Misalnya, somebody, something, someone, everyone, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat:

  1. We’ll need a software engineer or someone.
  2. There’s something sharp in my shoe.

7. Relative pronoun

Relative pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menghubungkan noun atau noun phrase dengan klausa penjelas. Yang termasuk relative pronoun adalah who, which, whom, whose, dan juga that.

Contoh kalimat:

  1. The man whose car is stollen is my uncle.
  2. I like the book which you lend me last week.

Sekarang sudah tau kan guys macam-macam pronoun yang ada dalam bahasa inggris. Pelajari dan pahami satu persatu ya agar tidak keliru dalam penggunaannya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat !!!

English Tahfidz Plus
NURJAYA Nurjaya is founder & Director of DIGIN. He has developed search strategies for a variety of clients from international brands to small and medium sized businesses.

Gunakan Media Pembelajaran ini Untuk Membantu Anak Muda Belajar…

Seperti yang diketahui saat ini proses pembelajaran dituntut untuk mengakses berbagai media pembelajaran menggunakan teknologi termasuk media belajar bahasa Inggris anak muda. Siswa zaman...
Kreasi Ads
3 min read

Ketahui Perbedaan Prescriptive Grammar dan Descriptive Grammar

Ada 2 cara yang berbeda dan telah dijelaskan bahwa bahasa telah dipelajari dalam bermacam disiplin ilmu yang fokus terhadap penggunaan bahasa, dan prescriptive dan...
Kreasi Ads
3 min read

Sudahkah Kamu Tahu Apa itu Reduced Adverb Clause? Bagaimana…

Adverb Clause atau Kata Keterangan atau adverb di dalam bahasa Inggris pasti sudah banyak dipahami pada awal Anda belajar Bahasa Inggris. Kata keterangan merupakan...
Kreasi Ads
3 min read