Search

Interview Bahasa Inggris Fresh Graduate. Ini Contohnya!

Interview Bahasa Inggris sering menjadi ketakutan tersendiri untuk sebagian pencari kerja, khususnya menyangkut pertanyaan yang akan diajukan.

Ada yang takut karena tidak tahu cara menjawabnya atau ada yang terlalu khawatir akan salah memahami pertanyaan yang diberikan interviewer.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang pertanyaan-pertanyaan dalam Bahasa Inggris yang biasa diajukan dalam wawancara kerja. 

Seperti Apa Interview untuk Fresh Graduate?

Bagi kamu para fresh graduate, interview adalah kesempatan yang sangat baik, apalagi pertanyaan dalam interview kerja berisi hal yang sangat penting. Tahap ini juga merupakan kesempatan untuk kamu menunjukkan potensi dan kemampuan yang telah selama ini dimiliki.

Pertanyaan wawancara untuk para fresh graduate, biasanya seputar profil diri dan juga apa saja kemampuan atau skill yang dimiliki oleh seorang pelamar. Selain itu, biasanya akan ditanya juga mengapa kamu cocok untuk berada dalam posisi yang dilamar.

Interview Fresh Graduate Menggunakan Bahasa Apa?

Bagi HRD serta user, wawancara kerja adalah suatu ajang agar kamu dapat memahami dirimu lebih dalam. Mereka menggunakan cara ini yaitu tidak lain adalah untuk menilai kamu seperti dari sisi kemampuan, karakter, attitude, pengalaman, wawasan, dan masih banyak lagi.

Saat ini, ada banyak sekali jenis lowongan pekerjaan. Mungkin jika kamu memang ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional kemungkinan adanya interview Bahasa Inggris sangatlah besar.

Namun, beberapa perusahaan nasional ada juga yang memberikan syarat yaitu mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut dan agar tidak terlalu panik saat diminta melakukan interview Bahasa Inggris, ada baiknya mulai terbiasa berlatih wawancara dalam Bahasa Inggris.

Contoh Soal dan Jawaban Interview Bahasa Inggris Fresh Graduate

Nah, apa saja pertanyaan yang sering ditanyakan dalam wawancara Bahasa Inggris, simak contoh soal dan jawabannya di bawah ini.

1. Ceritakan diri kamu

Ini merupakan pertanyaan dasar yang sering diajukan dalam wawancara kerja. Sebaiknya jawablah pertanyaan ini dengan penjelasan yang tidak terlalu singkat dan juga terlalu panjang saat menjawab pertanyaan ini.

Interviewer: Can you tell me about yourself?

(Bisakah Anda ceritakan tentang diri Anda?

Me: I am Sheila Tanjung and i’m twenty four years old. I graduated from the University of Chicago and i’m currently living in Bandung. I’ve worked as a cosial media officer during 5 month internship. My responsibilities involved creating content for Tiktok and Instagram carousel posts. Due to my experience with social media, I am interesting to follow this career path.

(Saya Sheila Tanjung dan usia saya 24 tahun. Saya merupakan alumni dari Universitas Chicago dan saat ini tinggal di Bandung. Saya pernah magang sebagai social media officer selam 5 bulan. Pada saat itu saya bertanggung jawab dalam pembuatan konten untuk Tiktok dan Instagram. Berkat pengalaman saya di bidang media sosial ini, saya tertarik untuk mengikuti jalur karier ini.)

2. Pengetahuan tentang pekerjaan yang dilamar

Pertanyaan lainnya yang sering diajukan kepada pelamar kerja yaitu pengetahuan tentang posisi pekerjaan yang dilamar.

Interviewer: What do you understand about this job you’re applying for? 

(Apa yang Anda ketahui tentang posisi pekerjaan yang Anda lamar?)

Me: based on what i have learned, a social media officer is someone who makes plans and manages a company’s social media. They handle the company’s presence on different platform, talk with the audiences, and make interesting content to boost brand awareness.

(Dari apa yang sudah saya pelajari, social media officer adalah seseorang yang membuat rencana serta mengelola media sosial di perusahaan. Mereka menyebarkan informasi di berbagai platform, berkomunikasi dengan audiens, dan juga membuat konten menarik agar sebuah brand semakin lebih banyak dikenal)

3. Profil perusahaan

Sebelum kamu melakukan interview, sebaiknya cari dulu informasi mengenai perusahaan yang sedang kamu apply.

Interviewer: What information do you have about this company?

(Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?)

Me: This start-up is a new and growing business that helps people with digital wallets. Since it started, this company has done well, winning awards and reaching important goals. I also like how you tell people about the services and reach out to the customers.

(Perusahaan rintisan ini merupakan bisnis baru yang sedang berkembang yang banyak membantu banyak orang dengan dompet digitalnya. Sejak perusahaan ini berdiri, telah berhasil memenangkan berbagai penghargaan dan meraih pencapaian penting. Saya juga menyukai cara perusahaan ini menginformasikan layanan mereka dan berinteraksi dengan para pelanggan.)

Demikian beberapa penjelasan mengenai interview Bahasa Inggris beserta contoh dan jawabannya. Selain itu, sebaiknya hafalkan juga beberapa kata khusus atau vocabulary yang sering dipakai dalam wawancara kerja agar kamu lebih percaya diri dan jawaban kamu lebih terdengar natural. Semangat berlatih!

Agar proses belajarmu makin seru dan efektif, kamu bisa bergabung bareng 1000 siswa lainnya di Kampung Inggris Pare. 

Tidak hanya belajar, di sini kamu juga bisa langsung mengimplementasikan bahasa Inggris pada kegiatan sehari-hari. Sangat suportif bukan? 

Tunggu apa lagi? Yuk manfaatkan kesempatan mahir bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan dengan kursus bahasa Inggris di Language Center Kampung Inggris Pare

Di sini ada pilihan program menarik buat kamu baik online maupun offline loh! Segera daftar sekarang yuk untuk dapatkan promo spesialnya!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga lainya

Materi Terbaru

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top