X

English Grammar: WILL vs BE GOING TO, TEATU Kampung Inggris LC

Hai guys, mari belajar English Grammar lagi yuk. Kamu pasti sering mendengar kata WILL dan BE GOING TO kan? Kedua kata dalam bahasa Inggris ini digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan datang (future) dan sama-sama memiliki arti AKAN. Meskipun memiliki arti dan fungsi yang sama tetapi penggunaan kedua kata tersebut dalam suatu kalimat berbeda lo. Apa saja perbedaannya? Yuk mari kita bahas bersama-sama πŸ™‚

WILL

Hanya digunakan untuk menyatakan sesuatu dalam keadaan spontan atau tidak direncanakan. Bisa juga digunakan ketika kamu menyatakan suatu janji kepada seseorang.

Susunan penggunaan WILL dalam suatu kalimat adalah sebagai berikut:

Subject + WILL + V1

Contohnya:

Ketika kamu sedang bersama teman-temanmu kemudian tiba-tiba handphone mu berbunyi kamu akan dengan spontan mengatakan β€œI will pick it up” (Saya akan angkat teleponnya). Kamu tidak perlu merencanakan untuk mengangkat telepon ini karena memang kejadian tersebut tiba-tiba muncul dan kamu melakukannya dengan spontan.

Contoh lainnya:

I will help you (digunakan ketika ada temanmu yang membutuhkan bantuan saat itu juga, dan kamu menyatakan akan membantunya)

I will stop smoking next week (digunakan ketika kamu berjanji kepada seseorang untuk berhenti merokok)

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”

BE GOING TO

Digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah kamu rencanakan.

Susunan penggunaan BE GOING TO dalam suatu kalimat adalah sebagai berikut:

Subject + BE + Going to


Contoh:

Ketika kamu akan pergi ke Surabaya kamu mengatakan hal tersebut ke pada temanmu dengan cara seperti ini β€œI am going to Surabaya tommorowβ€œ. Jadi kamu sudah merencanakan sebelumnya dan baru menginformasikan ke pada temanmu sebelum kamu benar-benar menjalankan rencana tersebut.

Contoh lainnya:

I am going to continue my study in college (Ketika kamu menyatakan rencara study kedepanmu saat guru atau teman-teman mu bertanya)

I am going to build a bookcase (Ketika kamu memiliki keinginan untuk membuat rak buku kepada Ibu, Ayah atau temanmu)

Jika kamu masih bingung dengan perbedaan keduanya, kamu bisa langsung mendapatkan penjelasan secara lengkap dari Miss Riska pada video TEATU dibawah ini:

Bagaimana? sekarang sudah tau kan bagaimana perbedaan penggunaan WILL dan BE GOING TO? Belajar bahasa Inggris lebih menyenangkan bersama LC Kampung Inggris Pare. Semoga bermanfaat untuk kamu semua ya guys, terus semangat belajar bahasa Inggris nya ^^.

Materi lain yang bisa kamu pelajari: The Way to Start Your English.

Categories: Belajar bahasa Inggris
LC Kampung Inggris :

This website uses cookies.