Search

Tahu Nggak Apa Arti Kata For? Ini Jawabannya!

Arti For – Ada beberapa kata yang biasanya langsung bisa dihafal oleh orang yang masih awal atau baru mulai belajar bahasa Inggris dan salah satunya adalah for.

Arti for sendiri adalah ‘untuk’. Padahal jika diaplikasikan atau dipergunakan dalam suatu kalimat, for bisa memiliki arti yang berbeda-beda. Jadi, tidak bisa disamaratakan. Pada dasarnya, fungsi atau arti kata for, untuk 3 hal.

Kursus Bahasa Inggris

arti for

Tujuan dan arti kata For dalam bahasa Inggris

Berikut tujuan dari penggunaan kata “for” dalam bahasa Inggris beserta artinya:

1. Purpose atau Tujuan

Arti for dipergunakan untuk kalimat yang bermakna untuk mengindikasikan suatu tujuan dari tindakan yang dilakukan. Dalam penggunaan kata for ini, Anda bisa menambahkan verb-ing setelah kata for. Seperti this biscuit is for eating.

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan ‘for’ sebagai tujuan.

  • Thanks for helping my sister, help her is my purpose but you come to help her” (Terimakasih sudah membantu saudara saya, membantu dia adalah tujuan saya namun Anda datang membantunya)
  • The purpose of this procedure is for making a very delightful meatball with the lowest price” (Tujuan dari prosedur ini adalah untuk membuat bakso yang sangat enak dengan harga yang paling rendah)

2. Cause atau Sebab

Walaupun umumnya dipergunakan untuk mengungkapkan suatu tujuan, namun, for juga bisa dipergunakan untuk sebab, atau dalam suatu kalimat sebab akibat. Sehingga, dalam penulisannya, kalimat dengan penggunaan for untuk arti ‘sebab’ didahului dengan reaksi tertentu. 

Reaksi yang ditunjukkan atau dituliskan bisa bernilai positif ataupun negatif dan reaksi tersebut muncul karena ada reaksi yang lainnya. Lalu, kalimat apakah yang menjadi salah satu contoh penerapannya?

Anda dapat menemukan dalam kalimat: I am angry at you for waking me up. Berikut contoh ungkapan atau kalimat lainnya yang menggunakan kata ‘for’ untuk menyatakan sebab.

  • I am help you for helping my parents. Now take this” (Saya membantu Anda sebab Anda telah membantu orang tua saya. Sekarang, ambil lah ini)
  • The lion roaring with anger for making the human go away” (Singa itu mengaum dengan marah supaya manusia itu pergi menjauh)

3. Duration atau Tenggang Waktu

Selain itu, for juga memiliki arti tenggang waktu atau durasi yang umumnya ada di kalimat present perfect continuous tense. Misalnya saja I have not seen him for months

Selain penggunaan untuk 3 kepentingan atau tujuan tersebut, arti for juga dipergunakan untuk hal atau tujuan berikut ini:

a. Untuk

Contoh: I made this cake just for your birthday (Saya membuat kue ini hanya untuk ulang tahun Anda)

She works hard for being able to afford her lifestyle (Dia bekerja keras untuk membiayai gaya hidupnya)

b. Menggantikan : menawarkan sesuatu untuk menggantikan yang lama kepada orang lain. 

Contoh: “Do you want to pay a thousand dollar for the house rent?” (Apakah Anda mau membayar seribu dolar untuk biaya kontrak rumah?)

“Do you want to exchange these gold for that house?” (Apakah Anda mau menukar emas-emas ini dengan rumah itu?)

c. Mendukung  atau membela : arti kata ini juga bisa dimasukkan dalam artian purpose atau tujuan karena dalam penggunaannya terdapat tujuan dari kegiatan atau suatu aktivitas yang dilakukan.

Contoh: “I stand for Bela because she’s very wise and the kindest girl I’ve met” (Saya berada di pihak Bella karena dia sangat bijak dan perempuan paling baik yang pernah saya kenal)

She stands for her child because that is what a mother should do. (Dia membela anak-anaknya karena itulah yang seharusnya dilakukan seorang ibu) 

d. Seharga : kata for bisa juga dipergunakan untuk arti ‘seharga’ ketika Anda menyatakan sesuatu misalnya ketika Anda membeli sesuatu. Contohnya adalah: you can buy this for Rp 5.000. 

Contoh: My father buy that big mansion for two billions dollar (Ayah saya membeli rumah besar itu seharga dua miliar rupiah)

I buy this clothes for only one hundred thousand rupiah, very cheap right? (Saya membeli baju-baju ini dengan harga seratus ribu rupiah saja, sangat murah bukan?)

Contoh Kata dan Arti For dalam Teks

Berikut adalah contoh teks yang kalimat-kalimatnya menggunakan kata ‘for’. Kata ‘for’ yang digunakan pada beberapa kalimat memiliki arti yang berbeda berdasarkan materi di atas. Untuk selanjutnya silahkan Anda mengidentifikasi apa saja tujuan dari penggunaan ‘for’ pada kalimat-kalimat di bawah.

I was walking in the street when I noticed there is a bazaar. Discount up to ninety percent written at the front of the bazaar. I asked to myself what things that discount up to ninety percent. I walked at that bazaar then. The purpose is for knowing what things that discount ninety percent, because I tought I waIll be paying ten percent of the normal price. I found a Gucci bag, Zara sweater, and many branded things there. 

When I checked the price tag, I am surprised for knowing that I can buy many things there with my money on the wallet. Yeah, that time I bring a thousand dollar. I can buy a newest model of Gucci bag for only fifteen dollar at that bazaar. The bazaar is very crowded. Everyone snatch each other to get what they want. I can say the price is really cheap that nobody could not reject to buy it. 

Not only the newest Gucci bag that I bought that day. I bought a Mango trousers for only five dollar, Nike shoes for only ten dollars, and many more. Suddenly I saw a fedora hat with ninety percent off tag. From that, I knew what thing is ninety percent discount. It was a fedora hat that makes the price is only two dollars.

Narasi tersebut merupakan pengalaman seseorang yang datang ke bazar. Di sana ia melihat banyak sekali benda-benda bermerk yang dijual dengan harga murah. Tadinya ia masuk ke bazar hanya untuk mengetahui benda apa yang di diskon sembilan puluh persen. 

Bukannya mencari benda apa itu, penulis justru menemukan benda-benda lain yang membuatnya tertarik. Ia kemudian memutuskan untuk membelinya. Baru beberapa saat kemudian ia melihat topi fedora yang di diskon sembilan puluh persen.

Detail Penggunaan Arti For

Penggunaan kata ‘for’ dalam narasi tersebut berbeda-beda. Berikut detailnya:

  • The purpose is for knowing what things that discount ninety percent. (For menyatakan tujuan, terjemahannya: Tujuannya adalah untuk mengetahui benda apa yang diberi diskon sembilan puluh persen)
  • I am surprised for knowing that I can buy many things (For menyatakan sebab, terjemahannya: Saya terkejut sebab saya sadar bahwa saya bisa membeli banyak barang)

Itulah penjelasan tentang penggunaan kata for untuk berbagai macam kalimat. Tidak hanya memiliki arti “untuk”, kata for juga bisa digunakan untuk menunjukkan waktu atau harga. Dengan demikian, untuk menggunakan kata for harus menyesuaikan dengan kalimat yang akan dibuat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria