Search

Cara Mudah Mengenali Countable dan Uncountable Noun

Countable dan Uncountable Noun

Belum tahu perbedaan countable dan uncountable noun? Dalam bahasa Inggris, noun (kata benda) adalah salah satu anggota part of speech (unsur kalimat) yang dapat berperan sebagai subjek maupun objek. Lantas,noun dari segi perhitungan terdiri dari dua jenis, yakni countable noun dan uncountable noun. Jika kamu belum tahu, jenis benda yang dilihat dari segi jumlahnya mempunyai tata bahasa yang berbeda pula dalam bahasa Inggris. Sehingga, penting bagi kalian buat mengenali perbedaannya, seperti yang tertera di bawah ini.

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian countable dan uncountable noun

  • Countable noun

Secara garis besar, countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung. Setidaknya, ada tiga ciri yang dapat kalian kenali dari countable noun, antara lain:

  1. Bisa dihitung. Misalnya, one book; two cats; three apples, etc;
  2. Punya bentuk jamak atau plural yang ditandai akhiran -s atau -es atau bentuk yang tidak beraturan. Contoh: a book jadi two books; a child jadi four children;
  3. Dapat menggunakan atau an di depan kata benda. Misalnya, a dictionary, a pen, an actress.
  • Uncountable noun

Uncountable noun, seperti namanya, merupakan kata benda yang tidak dapat dihitung. Berbeda dari countable noun, karakteristik kata benda yang satu ini terbilang lebih kompleks. Jenis-jenis noun yang masuk ke dalam kategori ini meliputi benda abstrak, benda cair, material, koleksi, dan benda-benda yang kalian lihat sebagai benda tanpa batasan yang jelas dan bukan objek terpisah.

Untuk mengetahui perbedaan countable dan uncountable noun secara detail, simak kategori kata benda yang masuk ke dalam noun-count noun.

  • Kelompok dari sejumlah benda serupa, misalnya kata benda furniture, karena kata ini dipakai untuk mendeskripsikan semua jenis benda yang masuk ke dalam kelompok tersebut. Contoh kata-kata yang masuk ke jenis ini meliputi fruit, clothing, postage, equipment, mail, luggage, machinery, etc;
  • Kata benda cair (fluid/liquid) seperti coffee, water, milk, tea, soup, blood, etc;
  • Kata benda padat (solid) seperti bread, ice, cheese, meat, silver, glass, wood, etc;
  • Kata benda gas (gas) seperti air, oxygen, steam, nitrogen, smoke. Etc;
  • Kata benda yang terdiri atas benda-benda kecil yang sukar dihitung (particle) seperti corn, sand, salt, flour, rice, wheat, sugar, etc;
  • Kata benda abstrak (abstraction) yang wujudnya tak bisa diracakan panca indra kalian, kata-kata dalam kategori ini berbentuk gagasan, ide; hanya berada dalam benakmu. Contohnya beauty, smart, work, news, space, homework, health, education, etc;
  • Ragam bahasa (language) seperti English, Indonesian, Arabic, Chinese, Japanese, etc;
  • Nama mata pelajaran/bidang studi (field of studies) seperti mathematic, chemistry, history, literature, engineering, etc;
  • Nama aktivitas (activity) seperti driving, singing, swimming, dancing, art, etc;
  • Nama fenomena alam (natural phenomenon) seperti fog, weather, heat, lightning, thunder, snow, wind, darkness, sunshine, gravity, etc.

Berikut ini ciri-ciri non-count noun untuk mengetahui perbedaan countable dan uncountable noun.

  1. Karena tidak bisa dihitung, uncountable noun tidak dapat diawali dengan kata bilangan, misalnya I need coffee, bukan I need a coffee;
  2. Uncountable noun tidak mempunyai bentuk plural atau jamak berakhiran -s atau -es, misalnya we buy some tea, bukan we buy some teas;
  3. Terakhir, uncountable noun tidak memakai indefinite article a maupun an, misalnya I want sugar, bukan I want a sugar.

Mengubah uncountable noun jadi countable noun

Untuk beberapa kasus, kalian dapat mengubah uncountable noun jadi countable noun. Caranya adalah dengan menambahkan batasan pada kata-kata yang tak dapat dihitung. Dalam hal ini, uncountable noun yang awalnya tidak dapat dibentuk jadi countable noun jadi bisa ‘dihitung’ karena memiliki batasan. Nah, sebagai gambaran, kalian dapat simak contoh ini:

My mother drinks tea (uncountable) jadi My mother drinks a cup of tea (countable).

Her brother needs milk (uncountable) jadi Her brother needs a glass of milk (countable).

Beberapa batasan lain yang dapat kamu gunakan untuk mengubah bentuk uncountable noun menjadi countable noun adalah a cup of dan  a glass of.

Berikut ini sejumlah batasan untuk uncountable noun berupa kata benda cair: a liter of; a gallon of; a glass of; a cup of; a bottle of, a can of.

Sementara batasan-batasan yang bisa kamu aplikasikan buat kata benda padat antara lain: a piece of; a lump of; a bar of; a blade of; a speck of; a block of; a sheet of; a flash of; a pile of; a strand of, a grant of.

Itulah informasi seputar perbedaan countable dan uncountable noun beserta contoh dan kategori katanya. Mudah-mudahan penjelasan di atas bermanfaat dan memudahkan kalian untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat!

Materi bahasa inggris lainnya yang bisa juga kamu pelajari salah satunya adalah 3 Tips Jitu Untuk Memilih Materi Public Speaking.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rasakan atmosfer belajar bahasa Inggris yang berbeda bareng ratusan siswa dari berbagai kota lainnya.

Ikuti Kami

Scroll to Top
close
Holiday Ceria