fbpx
Konsultasi & Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

5+Tips TOEFL Preparation yang Harus Kamu Tahu No ratings yet.

Menghadapi tes TOEFL dan membuat TOEFL preparation untuk mendapatkan hasil yang diharapkan adalah hal yang cukup menegangkan bagi kamu yang mempersiapkan diri menghadapi tes satu ini. Apalagi tes ini bisa dibilang cukup mahal dan merupakan salah satu syarat penting dalam mendaftarkan diri ke universitas luar negeri.

Mempersiapkan diri dalam menghadapi tes sebaik-baiknya sebelum kamu menghadapi tes ini dapat mengurangi tingkat stress dan rasa penyesalan di hari kamu menjalani tes TOEFL tersebut. Berikut adalah beberapa TOEFL preparation yang dapat kamu terapkan.

Kursus Bahasa Inggris

TOEFL preparation

1. Baca, baca dan baca

Mungkin kamu sudah mengetahui (atau belum) kalau tes TOEFL dibagi menjadi empat sesi: reading, listening, writing, dan speaking. Jadi sangat bagus jika kamu memulai persiapan dengan rajin membaca. Topic tes TOEFL umum sendiri bervariasi mulai dari ekonomi, sosial dan politilk.

Tapi kamu tidak perlu penguasai setiap topik secara prinsip. Kamu tidak akan diberikan topik ekonomi dan ditugaskan menghitung ROI (return on investment), jadi kamu tidak perlu khawatir. Hal yang paling penting dari sesi reading adalah mengerti masalah pokok dan poin penting dan menjawabnya dengan tepat dan pembuatan soalnya pun memang untuk umum. Intinya adalah jawaban dari setiap pertanyaan terdapat pada soal teks yang diberikan.

Jada salah satu cara mempersiapkan sesi reading adalah dengan membaca artikel berbahasa inggris sebanyak dan sesering mungkin. Ada beberpa alasan penting, mengapa membaca artikel berbahasa inggris sesering mungkin dapat meningkatkan skor reading TOEFL mu.

  • Menambah kosa kata
  • Mempercepat identifikasi masalah atau topik utama dari sebuah teks
  • Meningkatkan wawasan yang memudahkan pemahaman pada saat tes
  • Mengerti konteks dari sebuah teks menjadi lebih mudah

Jadi untuk persiapan tes yang maksimal, biasakan lah membaca artikel berbahasa inggris dari sekarang.

2. Mengetahui Struktur Pengujian dan Menetapkan Skor Akhir yang Kamu Inginkan

TOEFL preparation berikutnya adalah mengetahui struktur pengujian TOEFL dan menetapkan skor akhir yang kamu inginkan. Sudah pasti skor TOEFL minimum universitas pilihanmu tertera pada websitenya.

Tapi ada baiknya kamu memiliki target TOEFL skor sendiri yang melampaui target minimum universitas pilihanmu, karena hal ini dapat mencerminkan bahwa kamu memiliki kemampuan di atas rata-rata yang pada akhirnya akan memperbesar kesempatan kamu untuk diterima masuk universitas impian.

Pengen Konsutasi PR ?

Pentingnya mengetahui dan membiasakan diri dengan struktur pengujian akan membantu kamu dalam merencanakan strategi persiapan. Misal kamu memiliki kelemahan pada speaking session, maka kamu harus memaksimalkan tiga sesi lainnya. Namun, di sisi lain kamu tetap berusaha sebaik mungkin mempersiapkan diri mengerjakan sebaiknya-baiknya termasuk sesi dimana kamu memiliki kelemahan.

Hasilnya adalah dengan perencanaan dan usaha yang matang maka kemungkinan kamu meraih target skor akan semakin besar dibanding dengan cara belajar tanpa struktur.

3. Berlatih Membuat Notes dengan Cepat

Tips TOEFL preparation selanjutnya adalah berlatih membuat notes. Kamu bisa membuat notes dengan mendengarkan youtube, podcast, ataupun sumber pelatihan TOEFL gratis yang dapat kamu temukan di internet. Memiliki kemampuan membuat notes secara cepat dan akurat adalah salah satu kemampuan yang dapat meningkatkan skor kamu pada sesi listening.

Tujuan akhir dari berlatih menulis notes dengan cepat adalah mencatat notes secara real-time tanpa kehilangan informasi penting yang munkin menjadi jawaban dari tes yang diujikan. Kamu dapat memulainya dengan audio pendek yang hanya berdurasi 1-3 menit. Lihat apakah catatan yang kamu buat sudah berisikan informasi penting dari sumber audio.

Setelah itu kamu dapat melanjutkannya dengan sumber audio yang lebih komplek dan dengan durasi yang lebih lama. Ulang kembali proses dan evaluasi hasil catatan yang telah kamu buat. Memiliki kemampun mencatat informasi penting adalah kemampuan yang tidak hanya akan sangat membantu pada saat kamu menulis tapi juga akan tetap berguna pada saat kamu menjalankan program studi lanjutanmu nanti.

4. Gunakan Sarana Pelatihan TOEFL Gratis

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengikuti practice TOEFL test gratis yang ada di internet. Seperti yang dapat kamu temukan di Examenglish.com. Di situ kamu dapat mencoba menyelesaikan tes yang diberikan dan melakukan evaluasi pada sesi apa saja kamu belum maksimal dengan begitu kamu dapat merencanakan sistem belajar yang lebih efektif.

Tidak hanya Examneglish saja yang memberikan practice TOEFL test secara gratis. ETS TOEFL dan learn4good juga memberikan TOEFL test gratis yang dapat kamu akses kapan saja. Salah satu keunggulan utama kamu mencoba free test TOEFL practice adalah kamu akan terbiasa dengan struktur dan teknis pengujian.

Selain itu kamu akan dapat membayangkan pertanyaan dari soal yang akan di ujikan dan mengetahui sinyal-sinyal penting dalam menjawab soal yang dapat meningkatkan skor akhirmu.

5. Personalisasi Rencana Studimu

Setelah kamu melakukan semua tips diatas maka kamu akan mengetahui apa saja kelemahan dan keunggulan yang kamu miliki. Baik itu topik ataupun sesi ujian. Semakin banyak waktu yang kamu gunakan memperbaiki kelemahan yang kamu miliki, maka semakin besar kemungkinan kamu meraih hasil yang optimal pada saat kamu selesai ujian.

Umumnya masalah TOEFL preparation yang umum ditemui adalah sebagai berikut:

  • Content weakness, maksudnya adalah kamu memiliki masalah seperti minim vocabulary, grammar, dan understanding konsep sebuah teks. Tidak ada cara atau tips lain untuk mengatasinya selain mempelajari dan mengulangnya.
  • Strategy weakness, kelemahan disini menggambarkan kekurangan kamu dalam teknis tata cara pengerjaan. Contoh pada sesi listening kamu berusaha mencatat seluruh informasi yang berujung pada salah tulis, yang menyebabkan informasi penting justru tidak kamu catat.
  • Format question, kelemahan terakhir adalah kelemahan yang disebabkan oleh struktur ujian TOEFL itu sendiri. Oleh sebab itu sangat penting kamu mencari latihan TOEFL gratis karena ada beberapa tipe pertanyaan terutama pada reading session. Misal kamu memiliki kesulitan pada tipe soal melangkapi kata, dimana kamu diberikan kalimat tidak sempurna. Maka untuk memperbaikinya kamu dapat mengulang format tersebut sampai kamu berhasil mengerjakannya secara optimal.

Itulah 5 tips yang bisa kamu gunakan dalam dalam menghadapi TOEFL. Kamu dapat menggunakan seluruh tips yang diberikan diatas, ataupun menggunakan sebagian saja. Karena yang terpenting adalah hasil tes yang kamu hasilkan sesuai harapan, sehingga kamu tidak perlu lagi membayar lebih dan menunggu waktu lebih lama.

Tips Tambahan

Extra tips yang sangat berguna agar kamu meraih hasil yang maksimal adalah baca intruksi atau perintah pengerjaan soal secara teliti. Banyak sekali orang melakukan kesalahan dengan tidak membaca instruksi pengerjaan soal secara teliti yang dapat mengakibatkan orang tersebut kehilangan poin. Jangan sampai hal ini kamu lakukan.

Membaca intruksi secara teliti tidak hanya dapat membantu kamu meraih skor maksimal tapi juga dapat mempermudah kamu menerapkan strategi dalam menjawab soal. Sehingga kamu dapat menggunakan waktu secara efisien dan kamu akan memperoleh hasil yang maksimal.

Baca juga Mengenal Contoh If Clause Lengkap Dengan Penjelasannya

Nilai Kualitas Konten

English Tahfidz Plus
 
 

Share this Post



 
 
 
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
 
 
error: Content is protected !!
Siap Mahir Bahasa Inggris?